Las Laser untuk Perbaikan Kontur Bagian Dalam

0
1

Dengan las laser memungkinkan melakukan coating pada permukaan-permukaan yang sulit terjangkau. Ini berbasis pada processing head dengan mana kontur bagian dalam sebuah lubang bisa dicoating, misalnya. Hal ini meningkatkan daya tarik khususnya pekerjaan reparasi.

Stephan Kalawrytinos

Dengan pengalaman 50 tahun lebih dalam pengembangan metode aplikasi untuk permukaan teknis atau dekoratif, Pallas, sebuah perusahaan Jerman, telah memenuhi syarat sebagai spesialis untuk tugas-tugas yang dibutuhkan. Dari satu sumber tersedia layanan untuk keseluruhan proses: elektroplating, coating panas, coating plastik dan non-stick serta proses laser. Banyaknya keahlian dan teknik pengolahan ini diintegrasikan menjadi sebuah perawatan yang interdisipliner. Atas dasar ini, terjadi inovasi untuk menghasilkan permukaan khusus untuk perkakas atau part-part yang secara mekanis kuat. Tujuannya adalah perbaikan cepat dan murah yang membuat produksi alat baru atau suku cadang baru memakan waktu lama dan berlebihan.

Gambar 1: Processing head dengan optik untuk las laser: yang memungkinkan melakukan coating pada permukaan bagian dalam dari tool dan part.
Advertisement

Telah lama industri mengupayakan metode perbaikan dan pelapisan bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti pada konstruksi motor, mesin dan perkakas. Khususnya coating ulang dari kontur interior yang cukup sulit dilakukan.

Coating interior lubang dengan diameter 26 mm

Solusinya adalah suatu sistem pengolahan optik (Iclad) untuk pengelasan laser. Solusi ini dikembangkan oleh Pallas bekerjasama dengan Institut Fraunhofer untuk Teknologi Laser (ILT) yang berbasis di Aachen, Jerman, (Gambar 1). Karena desainnya yang kompak, metode optik khusus ini memungkinkan melakukan coating pada lubang mulai dari diameter 26 mm hingga kedalaman 500 mm. Dan lubang tak tembus pun dapat dicoating, dipadukan, atau diperkeras hingga pinggirannya.

Sebagai perbandingan: Pengerjaan bagian atas konvensional membutuhkan diameter bukaan kontur internal sekurang-kurangnya 100 mm.

Baca juga :   Investasi Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) Terus Meningkat

Di Fraunhofer ILT telah dikembangkan parameter proses yang diperlukan untuk proses coating. Pallas menentukan spesifikasi desain tampilan, jenis sumber laser, geometri dan arah sinar. Juga pengujian aplikasi, implementasi dan layanan purna jual diambil dari layanan khusus untuk pengerjaan permukaan. Tujuan dari pembagian tanggungjawab ini adalah menawarkan solusi yang lengkap kepada pasar, termasuk layanan coating bagian dalam.

 

Gambar 2: Coating interior soket: jarak antara kepala dan permukaan interior adalah 5 hingga 8 mm. Pada perubahan diameter, processing head diganti.

Beragam prcessing head untuk ukuran lubang yang berbeda

Processing head dirancang untuk kontur interior, yang diameternya sebesar uang logam dua euro (Gambar 2). Pallas membuat proses yang diperlukan untuk mencari sumber-sumber laser yang berbeda. Dengan demikian, sambungan tidak hanya memungkinkan untuk laser yang biasa digunakan seperti laser diode atau Nd: YAG, tetapi juga untuk laser serat dan laser cakram. Kekuatan laser dapat dinaikkan hingga 3 kW.

Desain modular memungkinkan untuk memasang ukuran kepala yang berbeda untuk berbagai diameter pekerjaan. Kepala dibuat sebagai elemen tetap maupun berputar. Selama pelapisan kontur interior terdapat jarak antara kepala dan part 5 hingga 8 mm. Meskipun desainnya kompak,  terdapat pilihan untuk menghubungkan kamera kepada penyetelan atau pemantauan proses.

Stephan Kalawrytinos adalah CEO Pallas GmbH & Co. KG Würselen 52146

Sumber: Vogel Business Media

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda