TEKNOLOGI LASER (1)

Kotak Sepatu Laser Penguji Kualitas Jalan Raya

0
7
RoadSTAR telah melakukan survei di jalanan Austria sejak tahun 1991. Pada  tahun 2013, survei tersebut telah menggunakan sistem pengukuran PPS. (Sumber foto/ ©: AIT Austrian Institute of Technology GmbH)

Di dalam suatu kotak terdapat sebuah alat laser, deflektor, detektor, dan elektronik evaluasi  yang saling berhubungan. Apa manfaat dan bagaimana hasil uji coba?

RoadSTAR telah melakukan survei di jalanan Austria sejak tahun 1991. Pada  tahun 2013, survei tersebut telah menggunakan sistem pengukuran PPS. (Sumber foto/ ©: AIT Austrian Institute of Technology GmbH)

Bagaimana kualitas sebuah jalan raya? Bagaimana lapisan konstruksinya? Tingkat kualitas suatu jalan raya merupakan pertanyaan yang lazim dan mendapat perhatian yang luas bukan hanya bagi pengendara mobil , dan pengemudi kendaraan lainnya, juga bagi para administrasi,  pemerintah, dan  stakeholders  lainnya.

Hujan yang turun dari langit tentu membasahi atap mobil dan kendaraan lainnya. Walau wiper kaca bekerja dalam kecepatan penuh, namun visibilitas jalan raya bisa saja masih lemah. Sementara itu, jejak ban di jalan yang terisi  air hujan, meningkatkan resiko keamanan yang tinggi.

Advertisement

Akan tetapi,  seburuk apakah kondisi jalan yang mengalami kerusakan seperti adanya lubang dan jejak yang disebabkan ban kendaraan yang melintas  di atas permukaan jalan raya?

Pertanyaan itu bukan hanya menarik bagi para pengendara mobil dan kendaraan lainnya seperti truk, tronton, namun juga menjadi bahan pemikiran atau rencana kerja pihak berwenang yang bertanggungjawab untuk pemeliharaan jalan raya. Merekalah yang memiliki hak untuk mengurus dan memelihara jaringan jalan raya sebagai aset yang berharga milik negara.

Contohnya di Jerman, komisi otoritas publik melakukan survei dalam berbasis reguler untuk memberi mereka gambaran tentang jalan mana yang dalam kondisi baik, dan jalan mana yang butuh perbaikan yang harus segera dilakukan.

Hanya seukuran kotak sepatu

Bagaimana tingkat kerusakan jalan raya itu? Bagian jalan mana yang menghadapi peningkatan resiko keamanan karena jejak ban di permukaan yang membuat kubangan air?

Hingga saat ini, perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk melakukan survei memiliki beberapa peralatan pengukuran yang secara tipikal digunakan dengan cara dipasangkan pada sebuah balok untuk mengukur kondisi jalan.

Alat itu berukuran lebar lebih dari tiga meter yang dipasangkan di bagian depan mobil, dan diposisikan sekitar 20 hingga 30 cm di atas permukaan jalan. Namun, kendaraan survei super besar seperti itu dapat menghalangi arus lalu lintas dan menyebabkan kemacetan di jalan raya.

Baca juga :   Mengolah Potensi Tanaman Liar

Selain itu, sistem ini tidaklah murah: pemindai tersebut mengandung 30 hingga 40 sensor jarak, yang harganya masing-masing ribuan euro.

Para peneliti di Fraunhofer Institute for Physical Measurement Techniques (IPM) di Freiburg memiliki alternatif yang berukuran ringkas.

“Kami menggunakan laser dibandingkan dengan balok pengukur yang berat,” tutur Dr. Heinrich Höfler kepala Department and Deputy Director IPM. “Fitur spesial dari unit laser ini adalah alat ini tak lebih besar dari sebuah kotak sepatu.”

Prinsipnya adalah: kotak dipasang pada kendaraan dengan ketinggian tiga meter dari permukaan. Di dalam kotak tersebut terdapat sebuah alat laser, deflektor, detektor, dan elektronik evaluasi  yang saling berhubungan.

Bagaimana laser bekerja? Beginilah cara laser bekerja. Laser mengeluarkan getaran cahayanya ke permukaan jalan, yang merefleksikan kembali untuk diterima oleh detektor. Semakin jauh jarak yang ditempuh oleh cahaya, maka makin lama untuk kembali ke detektor.

Jika tembakan cahaya melintas ke sebuah lubang atau jejak ban di jalan raya, cahaya tersebut mencapai detektor lebih lama dibanding dengan cahaya apa pun yang direfleksikan dari permukaan jalan datar.

Apakah teknologi ini sudah digunakan untuk menguji kerusakan jalan raya di Indonesia? (Bahan diolah dari Pothoole and rut analysis tulisan Janine van Ackeren, Fraunhofer)

 

 

Advertisement

Tulis Opini Anda