PROSES MANUFAKTUR (1)

Konsep Pabrik dan Sistem Software yang Efisien

0
4

Di bawah di satu bagian ruang setinggi sepuluh meter, pintu mobil diproduksi berseri seperti halnya mobil-mobil itu berada di pabrik mobil. Fasilitas ini dibentuk sesuai dengan jalur pemasangan pintu aslinya untuk mobil ukuran menengah.

Proses-manufaktur-1-edit
Tempat penyimpanan geologi harus mampu menampung dengan aman limbah radioaktif selama jutaan tahun. Tapi jumlah tipis dari proses kompleks dalam pekerjaan membuat ini sulit dikalkulasikan atau bahkan diestimasikan apabila jumlahnya cukup panjang. Para peneliti saat ini mempelajari proses ini di laboratorium bawah tanah virtual, misalnya di Fraunhofer IFF di Magdeburg. Membuat keputusan tentang tempat penyimpanan limbah nuklir lebih mudah ketika setiap orang yang terlibat diinformasikan seluruhnya. (Sumber foto/@: Dirk Mahler / Fraunhofer IFF)

Pabrik-pabrik pada masa depan akan mengkonservasi energi dan sumber daya, dan hampir tidak mencemari lingkungan dengan emisi. Para ilmuwan Fraunhofer mengerjakan solusi yang dapat diimplementasikan perusahaan dengan cepat.

Sekilas pandangan pertama, interior berukuran 1600 meter persegi pabrik penelitian yang dinamai dengan E3 tampak terang seperti bangunan pabrik otomotif. Dua jalur pemasangan siap sedia untuk memproduksi badan mobil dan komponen mesin.

Advertisement

Faktanya di lapangan, para ilmuwan Fraunhofer Institute for Machine Tools and Forming Technology IWU di Chemnitz, Jerman, bekerja bersama dengan partner industrial untuk mengembangkan dan mengoptimalkan proses produksi, konsep pabrik dan sistem software dalam kondisi industri yang realistis.
Salah satu topik yang mereka tengok adalah bagaimana pabrikan otomotif dapat menggunakan jalur produksi tunggal agar makin fleksibel memproduksi komponen mobil seperti pintu—sebagai contoh yang dibuat sesuai permintaan pelanggan pribadi.

Di bawah di satu bagian ruang setinggi sepuluh meter, pintu mobil diproduksi berseri seperti halnya mereka akan ada di pabrik mobil. Fasilitas ini dibentuk sesuai dengan jalur pemasangan pintu aslinya untuk mobil ukuran menengah.

“Hal ini memperbolehkan kita untuk bekerja di bawah kondisi yang sangat mendekati dengan yang kita temukan pada sektor industri. Berarti kita dengan cepat dapat mengaplikasikan pengetahuan ini secara langsung di proses manufaktur dalam kehidupan sehari-hari yang digunakan oleh partner perusahaan kita,” kata Profesor Matthias Putz, direktur IWU.

Baca juga :   Mengungkap Rahasia Lembaran Baja

Proses produksi ultra pendek

Di balik ruangan tersebut ada sebaris peralatan mesin untuk membuat komponen mesin. Fasilitas di pabrik penelitian untuk pertama kalinya memberi kesempatan kepada para insinyur secara penuh untuk mendesain ulang pabrik dan prosesnya serta mengoptimalkan solusi individual seperti seluruh rangkaian proses dalam sebuah tindakan yang mendekati kondisi nyatanya.

“Sekarang kami dapat menawarkan kepada pelanggan rangkain proses lengkap, dan tidak hanya penelitian teknologi. Bekerja dengan pabrikan mesin, kami menemukan solusi kustomisasi individu terbaik untuk pelanggan kami.”

“Pekerjaan kami adalah tentang menemukan jalan untuk memproduksi komponen dengan biaya efektif, efisien energi, dan tindakan menyimpan sumber daya, serta meningkatkan properti material mereka,” penjelasan Dr. Udo Hellfritzsch, seorang peneliti di IWU. (Bahan diolah dari Efficient manufacturing processes tulisan Marion Horn, Fraunhofer 1/15)

Simak artikel selanjutnya dengan topik PROSES MANUFAKTUR (2)
Menggantikan Metode Permesinan Konvensional

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda