OTOMASI/ALAT LISTRIK

Konektor Tahan Getaran Cocok untuk Kereta Api dan Pembangkit Listrik

0
6

Teknologi konektor dikembangkan secara proporsional untuk memenuhi permintaan pasar akan aplikasinya di bidang mesin, perkakas, unit transportasi, dan peralatan lainnya. Produsen Espelkamp menyediakan produk-produk yang memenuhi syarat yang diperlukan dan cocok digunakan di lingkungan industri yang keras dan padat teknologi.

Semua aplikasi untuk sebuah konektor dibentuk melalui otomatisasi. Keberhasilan pengembangan suatu industri konektor terletak pada pengembangan mesin modulnya. Fungsi-fungsi dari sistem tersebut dirakit dan diuji secara utuh. Hal itu bertujuan untuk mengurangi waktu produksi pada perakitan akhir dan membawa keamanan dalam sistem secara keseluruhan.

Konektor meningkatkan ketersediaan mesin

Advertisement

Kesalahan-kesalahan yang terjadi selama operasional mesin dapat dihilangkan dengan mudah, dan cepatnya penanganan pergantian perangkat dan sistem kabel  tanpa harus menggunakan peralatan khusus dan tanpa masalah. Hal ini meningkatkan ketersediaan mesin.

Portofolio konektor ini telah mencakup di dalamnya interface, mesin, dan hubungan antarsistem dan instalasinya, yang berguna dalam pelaksanaan pertukaran pesan dan perintah, contohnya seperti pasokan listrik.  Konstruksi konektor ini dapat digolongkan secara kasar ke dalam bidang teknik terminasi,  pengaturan kontak, dan transmisi. Dari ketiga bidang ini terdapat tren tertentu, yang tergantung pada pasar-pasar utama (key market).

Sambungan dari  pin konektor harus aman

Keamanan sambungan pin konektor merupakan hal paling  utama yang harus diperhatikan. Dengan demikian,  sasaran mudah dicapai dengan cepat. Oleh karena itu, dibuatlah teknik–teknik sambungan seperti crimping, cage clamp, IDC (insulation displacement), dan Screw connection. Kecenderungan yang terkini menujukan  perkembangan dalam bidang koneksi.

Sebuah konduktor dengan beban operasional yang sangat sedikit—selain dapat dihubungkan dengan cepat dan mudah—tanpa menggunakan alat khusus. Bagian tersulit dalam disiplin ini adalah area penampang kabel yang luas dalam kombinasi prasyarat ruang yang minim untuk mencapai kepadatan kontak yang tinggi. Contoh dari keberhasilan parameter ini adalah teknik terminasi Han-Quick-Lock buatan Hause Hartig untuk cetakan yang fleksibel dengan luas penampang berkisar 0,25-2,5 mm².

Konektor baru dengan footprint yang rendah

Konektor Han-Quick-Lock (lihat Gambar 1) memiliki footprint yang sama kecilnya dengan konektor crimp.  Koneksi dan pemutusan konduktor  dilakukan hanya dengan menggunakan obeng yang sederhana. Selain itu, hubungan ini memiliki ketahanan getar yang sebanding dengan standar terminasi  cage clamp. Secara prinsip teknis, Han-Quick-Lock adalah sebuah radial spring clamp. Alat clamp spring bundar yang terbuat dari  baja yang menjepit setiap untaian dari konduktor yang terhubung secara radial ke tepi kerucut. Dengan metode ini akan dicapai skala konektivitas yang besar dari konduktor sebagai prasyarat untuk koneksi listrik berkualitas tinggi.

Foto: Harting
Gambar 1: Spring clamp membuat konektor tahan getaran

Dengan desain khusus, sebuah Spring clamp yang tahan terhadap getaran dapat diwujudkan. Kelebihan itu dicapai dengan teknologi automatisasi seperti halnya dalam konstruksi mesin. Khususnya untuk  industri kereta api atau  instalasi untuk pembangkit listrik tenaga angin,  ketahanan terhadap getaran merupakan hal yang penting dilakiukan. Hal yang sama berlaku juga untuk konektor yang digunakan dalam motor listrik.

Fungsi lain yang menentukan perkembangan konektor  adalah pengurangan volume dengan pengaturan yang tepat pada setiap kontaknya. Di sini terdapat dua solusi yang umum digunakan. Pertama, penataan modular dari sirkuit atau media yang berbeda dengan tujuan mewujudkan konektivitas dalam interface. Kedua, penggunaan jenis kontak yang sama dengan packing density maksimum.

Baca juga :   Ini Rahasia Bertahan Hidup Panjang

Seri modul konektor untuk arus listrik sampai 200 A

Grup Harting Technology berhasil mengimplementasikan modul percobaan ini dengan nama yang sama yaitu Modul-Han. Seri yang sedang berkembang pesat ini menawarkan 40 jenis modul yang berbeda dengan jalur transmisi Cat 6 hingga 200A. Tren ini berlaku terus-menerus dalam perakitan modul konektor dan akan terus dilanjutkan pengembangannya pada masa depan. Tingginya kepadatan kontak berkontribusi besar pada pengurangan ruang konektor dalam mesin.

Untuk mewujudkan powerhouse ini—contohnya insert connector Han-EEE yakni plastik sintesis yang digunakan dalam kombinasi mekanisme penguncian kontak yang canggih. Perusahaan Harting mengharapkan tingginya jumlah kontak dan dinding yang tipis dalam stabilitas mekanik yang tinggi untuk lingkungan industri yang keras. Tren selanjutnya adalah penutup dari konektor itu sendiri termasuk juga pada casing dan penampilannya. Desain menjadi sangat penting dan menjadi prasyarat produk dalam memenuhi tuntutan untuk mesin-mesin modern.

Teknologi konektor terbaru seharusnya tidak hanya berorientasi pada desainnya saja, tetapi juga membuka kemungkinan baru untuk mewujudkan penerapan yang efisien. Hal ini dapat terlihat dalam seri Han-Yellock. Eksterior yang sangat elegan dan struktur konektor yang sangat fungsional. Sebagai anggota yang sama-sama penting dalam keluarga industri han-konektor, seri Han-Yellock telah terprogram untuk industri dalam lingkungan yang keras. Keamanan dalam transmisi data, sinyal dan listrik, serta penerapan yang luas dan fungsional merupakan dasar untuk mencapai hasil yang baik.

Prinsip interlocking menggabungkan keunggulan konsep-konsep konektor yang berbeda

Yang terlihat pertama kali pada Han-Yellock (lihat Gambar 2) adalah prinsip interlocking yang dapat dikenali dengan jelas pada permukaan berwarna kuning dan pada unsur-unsur penggerak yang terletak di dalam interlocking tersebut. Hal ini menggabungkan sifat-sifat positif dari konsep yang berbeda; menempatkannya dengan sederhana dan cepat seperti pada sistem interlock pushpull, begitu amannya kuncian tersebut ibarat memasang sabuk pengaman saat mengemudikan mobil dan dengan demikian terlindungi dari pembukaan yang tidak sengaja seperti pada konektor bulat. Penguncian dilakukan dengan menyambungkan sisi kabel dengan alat .

Komponen-komponen mekanik dari interlock terletak di dalam dan terlindungi secara khusus. Segel melingkar yang ada di dalamnya memungkinkan perlindungan dengan tingkat perlindungan IP67. Operasi yang intuitif dan sederhana tersedia untuk penggunaan secara umum. Tingkat keamanan yang tinggi meningkatkan keandalan mesin dan seluruh sistem.

Gambar 2: Han Yellock adalah konektor dengan prinsip kerja pengunci yang inovatif

Desain  konektor cocok untuk  peralatan modern

Desain konektor cocok untuk peralatan modern dan memberikan penampilan yang berkualitas tinggi secara konsisten. Sebagai elemen inti dari  infrastuktur teknologi elektonik dan konektivitas optik, konektor buatan Harting dapat menjadi pilihan sebagai modul struktur untuk peralatan, mesin dan instalasi. (Frank Quast Direktur Manajemen Produksi Harting Han Electric GmbH & Co KG, Espelkamp, Jerman. Informasi: [email protected])

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda