MANUFACTURING SURABAYA (1)

Kompresor Angin dan Pekerjaan di Bandara

0
14
Kompresor ELITE AIR diminati oleh pelaku industri di Jawa Timur. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Sebanyak 7136 orang mengunjungi pameran permesinan yang diikuti oleh 345 perusahaan dari 26 negara. Beragam mesin, alat produksi, tools, teknologi, CNC, otomasi, perangkat lunak, dan sebagainya digelar. Kompresor ELITE AIR terjual juga.

Gambar di atas adalah proses produksi produk semen yang membutuhkan banyak energi mulai kegiatan penambangan (1) kemudian pengolahan  bahan baku (2), kemudian penggilingan bahan baku (3) dan berlannjut ke tangki pemanasan pendahuluan dan diproses di dalam mesin pemutar (4) dan selanjutnya masuk ke delam silo pemanas untuk ditambahkan bahan kimia lainnya (5) diproses dalam mesin penggilingan untuk memisahkan debu dari bahan semen, dan selanjutnya masuk ke silo-soli semen (6). Siklus proses mulauid ari penambangan hingga penyimpanan dapat dilakukan dengan energi yang sangat besar. Untuk itulah NORD menciptakan motor penghemat energi. (Sumber foto/@: NORD)
Gambar di atas adalah proses produksi produk semen yang membutuhkan banyak energi mulai kegiatan penambangan (1) kemudian pengolahan bahan baku (2), kemudian penggilingan bahan baku (3) dan berlannjut ke tangki pemanasan pendahuluan dan diproses di dalam mesin pemutar (4) dan selanjutnya masuk ke delam silo pemanas untuk ditambahkan bahan kimia lainnya (5) diproses dalam mesin penggilingan untuk memisahkan debu dari bahan semen, dan selanjutnya masuk ke silo-soli semen (6). Siklus proses mulauid ari penambangan hingga penyimpanan dapat dilakukan dengan energi yang sangat besar. Untuk itulah NORD menciptakan motor penghemat energi. (Sumber foto/@: NORD)

Selama 4 hari, Grand City Convention and Exhibition Centre selalu dipadati oleh para pengunjung sejak pukul 10.00 hingga 19.00. Kehadiran para pengunjung merupakan tanda bahwa sektor industri masih beroperasi normal di Jawa Timur. Para pengunjung Manufacturing Surabaya 2015 yang digelar oleh PT Pamerindo itu sebagian besar adalah para pelaku industri.

Produk-produk dan teknologi yang digelar pada umumnya digunakan untuk menunjang industri penerbangan, otomotif, teknik presisi,listrik dan elektronik, furniture, medis dan kesehatan, pengemasan dan plastik, pergudangan dan logistik, industri kelautan, dan maritim. Selanjutnya, sektor minyak dan gas, konsruksi, pertanian, pengan, dan sebagainya.

Advertisement

Para peserta antara lain dari Australia, Barkelona, Inggris, Tiongkok, Ceko, Denmark, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Malaysia, Belanda, Polandia, Portugal, Korea Selatan, Singapura, Spanyol, Swiss, Taiwan, Thailand, Turki, Ameriks Serikat, Vietnam, dan tuan rumah Indonesia.

Yang menarik, Kementerian Promosi Perdaganan dan Investasi Polandia selalu mengikuti pameran ini setiap tahun. Polandia secara intensif memperkenalkan sektor-sektor industri di Polandia, antata lain farmasi dan bioteknologi, teknologi hijau, kosmetik, pertambangan, produsen alat pertahanan, teknologi komunikasi dan elektronik, kelautan,kendaraan lapis baja, logistik, penelitian dan pengembangan.

Tomasz Pietka Sekretaris Pertama Divisi Promosi Perdangan dan Investasi kantor Kedutaan Besar Polandia menjelaskan, bahwa pihaknya bukan hanya memberikan informasi perusahaan dari Polandia, namun juga memberikan informasi peluang bisnis kepada pebisnis Indonesia yang ingin berusaha di Polandia.
“Kami membantu pebisnis Indonesia yang ingin berinvestasi di Polandia,” tandas Tomasz, “baik dari segi hukum, regulasi pajak, tren penjualan, dan pasar tenaga kerja akan kami berikan.”

Hemat energi dan buang angin

Salah satu perserta lainnya adalah perusahaan NORD DRIVESYSTEM yang didirikan oleh G.A. Kuchenmeister dan G. Schlicht di Bargteheide, Jerman, pada 1965, berperan membantu mengatasi masalah yang dihadapi manufaktur semen. Komponen dan sistem NORD bekerja secara tepat sehingga tercapai efisiensi dan kenyamanan.

Baca juga :   Menggelar Platform Solusi dan Teknologi

Oleh karena itu, NORD menawarkan seluruh spektrum mekanikal, elektrikal dan elektronik dengan teknologi dari satu sumber yakni mesin yang hemat energi dan unit yang low-loss gear—to centralised dan decentralised control technology.

Produk buatan NORD digunakan pada material handling, bandara, industri semen, industri bajam industri makanan dan stage technology. Getriebebau NORD GmbH & Co. KG saat ini dipimpin oleh Jutta Humbert dan Ullrich Kuchenmeister keduanya menjabat managing director yang mengelola NORD di 36 negara termasuk Indonesia. Menurut Subakti Purnomo dan Bambang Suryadi ke-2nya sales engineer PT NORD Indonesia produk NORD merupakan solusi terbaik untuk mengefisiensikan ongkos energi.

Kompresor ELITE AIR diminati oleh pelaku industri di Jawa Timur. (Foto: Rayendra L. Toruan)
Kompresor ELITE AIR diminati oleh pelaku industri di Jawa Timur. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Semenatra itu, PT HAO SHENG TRADING menawarkan piston, screw air compressor dan screw oiless, air dryer, chiller, air tank, cooling tower, invester, motors, dan vacuum pumps yang berdiri sejak tahun 2001. Mesin kompresor bermerek ELITE AIR dan FUSHENG. Selama pameran di Surabaya, perusahaan ini menjual beberapa produk unggulannya seperti ELITE AIR screw compressor (sync control) EA 37A seharga US$8160, seperti dituturkan Han lin manager HAO SHENG.

Lin Shen Chung direktur HAO SHENG menjelaskan bahwa air screw compressor EA 75A terjual sebanyak 3 buah Kompresor ini biasa digunakan di pabrik plastiK, baik yang butub angin atau ingin membuang debu dari RUANG pabrik.

Simak artikel selanjutnya dengan topik MANUFACTURING SURABAYA (2)
Mesin Pemanen Padi dan Pemotong Baja

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda