Management System, MANEJEMEN&SAFETY

Kiat Menjadi Bos dalam Penjualan Produk dan Jasa Versi BOSCH

ShareKiat menjadi bos dalam penjualan produk dan jasa versi BOSCH  cukup menginspirasi. Dikomandani Andrew Powell yang   didukung 230 karyawan, pertumbuhan penjualan BOSCH mencapai...

Written by Boromeus Sihombing · 2 min read >
Kiat menjadi bos dalam penjualan produk dan jasa

Kiat menjadi bos dalam penjualan produk dan jasa versi BOSCH  cukup menginspirasi. Dikomandani Andrew Powell yang   didukung 230 karyawan, pertumbuhan penjualan BOSCH mencapai 2 digit (28 persen) tahun 2017 dengan nilai Euro 104 juta atau setara Rp 1,6 triliun. Apa saja bisnis BOSCH di Indonesia?

Kiat menjadi bos dalam penjualan produk dan jasa
Sebagian alat otomotif buatan BOSCH disaksikan Atsushi Iwaki Direktur PT Robert Bosch (dari kiri), Andrew Powell Presiden Direktur PT Robert Bosh, dan Toto Suharto Direktur Pelaksana PT Robert Bosch Automation (gambar kiri). Beragam power tools produksi Bosch yang merajai pasar Indonesia. Kiat menjadi bos dalam penjualan produk dan jasa versi BOSCH (Foto: Rayendra L. Toruan)

Penampilan Andrew Powell di atas pentas tampak gembira saat memaparkan kinerja perusahaan  Robert Bosch yang dipimpinnya selaku Presiden Direktur. Maklum, grup BOSCH di Indonesia membukukan hasil penjualan sebesar Euro 104 juta atau Rp1,6 triliun pada tahun 2017.

Bosch mencatat pertumbuhan dua digit di Indonesia, imbuh pria asal Jerman itu sambil melangkah ke arah audiens yang disambut aplaus hadirin yang kebanyakan karyawannya memenuhi tempat duduk di sebuah ruang lantai dasar UOB Plaza Jakarta.

Apa kunci sukses perusahaan asal Jerman ini?  Powell menjelaskan perusahaannya konsisten melakukan ekspansi sesuai jejak lokal—segi jangkauan geografis mau pun lewat digital—menjaga kualitas produk, dan portofolio layanan.

Seluruh sektor bisnis yang digeluti oleh BOSCH di Indonesia mencatatkan pertumbuhan penjualan yang kuat.  Di bidang transportasi misalnya, BOSCH proaktif melakukan advokasi untuk mewujudkan kendaraan dan jalan Indonesia yang lebih aman.   BOSCH bekerja sama dengan berbagai pihak.

Misalnya dengan Kementerian Perhubungan, Andrew Powell telah menandatangani kesepakatan  yang berlaku selama dua tahun ke depan. Bagaimana menciptakan kenyamanan dan safety di sektor transportasi?

BOSCH menjawabnya dengan menawarkan sistem dan peralatan yang dimasukkan sebagai bagian dari kendaraan roda dua dan roda empat. Dalam hal ini, seperti dijelaskan oleh Paulo Duarte Direktur Penjualan khususnya divisi otomotif purnajual, pihaknya bekerja sama dengan produsen kendaraan dan usaha perbengkelan.

Menurut Atsushi Iwaki salah satu direktur yang menangani penjualan produk/peralatan buatan (asli) BOSCH, suku cadang otomotif untuk aftermarket atau purnajual, merupakan produk berkualitas yang disediakan sebagai one-stop solution bagi para pelanggan.

Managing Director PT  Robert Bosch Automation, Toto Suharto menggaris bawahi penjelasan Paulo dan Atushi, dengan menggunakan produk berkualitas dan berteknologi tinggi, maka pengguna kendaraan lebih safety saat berkendaraan.

Meski angka kecelakaan pada saat mudik Lebaran tahun 2018 menurun, pihak BOSCH tidak mau mengklaim bahwa hal itu tercapai berkat penggunaan produk buatan BOSCH. Akan tetapi, ujar Andrew Powell, BOSCH sangat peduli dengan  kenyamanan para pengendara.

Sebagai produsen suku cadang yang dibuat BOSCH misalnya, aki, braking system, filter, horn & fanfare, lighting, busi, wiper blade, diesel system, gasoline system, fuel pump, ignition coil, lambda sensor,  dan rotating machine.

Paulo yang berasal dari Portugis menambahkan, bahwa divisi aftermarket yang dipimpinnya juga menangani bytes suatu solusi yang berguna bagi para pemilik bengkel.

Dengan pelayanan bytes, para pemilik bengkel dapat menggunakan peralatan uji/tes yang dilengkapi dengan perangkat lunak yang berguna untuk kendaraan produksi terbaru.

Pihak BOSCH juga melakukan secara teratur pelatihan untuk mendidik anak-anak muda agar lebih mahir dan trampil di bidang mekanik. Dengan demikian, pelayanan para mekanik di bengkel dapat meningkat terutama untuk melayani para pelanggan yang memiliki kendaraan jenis modern.

Seorang mekanik harus mampu mengidentifikasi jenis produk untuk setiap unit mobil atau kendaraan jenis lainnya. Bahkan para teknisi andalan BOSCH bersiap secara online untuk melayani pata pemilik kendaraan yang membutuhkan jenis suku cadang yang tepat.

Oleh karena itu, sesuai dengan perkembangan industri otomotif, pihak BOSCH bekerja sama dengan para pengelola bengkel kendaraan melalui Bosch services.   Melalui pelayanan itu, pihak BOSCH membagikan informasi dan pengetahuan yang dapat membantu para pengemudi.

Selain meningkatkan kualitas produk dan layanan, kesuksesan bisnis BOSCH di Indonesia, menurut Andrew Powell juga disebabkan perkuatan struktur organisasi perusahaan, memperluas saluran distribusi, dan menyelesaikan berbagai proyek penting.

“Langkah-langkah yang kami lakukan itu mendorong peningkatan keuntungan BOSCH secara keseluruhan,” imbuh Andrew Powell yang menambahkan peran sumber daya manusia (Indonesia) termasuk faktor yang meningkatkan pertumbuhan bisnis  BOSCH di Indonesia.

Andrew Powell menjelaskan, bahwa Indonesia akan menjadi 7 besar dunia pada tahun 2030. Andrew demikian antusiasi terhadap potensi besar—di berbagai bidang termasuk industri dan bisnis—di Indonesia.

Ia mengakui bahwa produk-produk yang dijual di Indonesia—termasuk power tools yang banyak digunakan di Indonesia, masih diimpor dari Jerman atau dari negara-negara lain seperti Malaysia. Artinya, BOSCH belum mengoperasikan pabrik (manufaktur) di Indonesia walau perusahaan ini telah aktif berbisnis di Indonesia sejak tahun 1919. Kapan mendirikan pabrik di Indonesia?

Dengan senyum, Andrew menceritakan pihaknya telah membeli lahan seluas 8,3 hektar di Cikarang, Jawa Barat. BOSCH akan mendirikan pabrik di sana sesuai dengan pertumbuhan ekonomi dan bisnis di Indonesia.

Sambil mengangkat sebuah benda alat elektronik, Andrew Powell menjelaskan, “Produk ini akan kami buat sebagai Made in Indonesia.” Produk apa itu?

Tunggu tulisan berikutnya di media ini. Kiat menjadi bos dalam penjualan produk dan jasa menginspirasi para pelaku bisnis dan industri.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *