UNICOMPACT

Kehebatan Gudang Sarang Lebah

1
89
Dari pusat distribusi di Perth, Australia Barat, Onesteel Metalcentre menyuplai kepada banyak pelanggan dan  juga ke sejumlah kantor cabang di negara Kanguru ini. (Sumber foto: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG.)

Densitas penyimpanannya demikian tinggi dan waktu mengaksesnya pun demikian cepat. Produsen baja OneSteel yang berlokasi di Perth, Australia, memercayai teknologi buatan KASTO perusahaan di Jerman.

Dari pusat distribusi di Perth, Australia Barat, Onesteel Metalcentre menyuplai kepada banyak pelanggan dan  juga ke sejumlah kantor cabang di negara Kanguru ini. (Sumber foto: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG.)

Produsen baja dan grosir perusahaan bernama OneSteel menyuplai sejumlah kantor  cabang dan beragam pelanggannya di negara Kanguru ini dari pusat distribusinya yang berlokasi di Perth, Australia Barat. Perusahaan ini menggunakan sistem penyimpanan otomatis buatan KASTO untuk penanganan yang efisien dan manajemen yang transparan bagi serangkaian besar material pipa, balok, dan bahan berbentuk silindris. Sistem penyimpanan yang disebut gudang sarang lebah UNICOMPACT  mengesankan dengan densitas penyimpangan besar, waktu akses yang cepat, dan penyusunan stok logam batangan yang berkelanjutan.

Melayani industri tambang hingga konsumen akhir: merupakan sebuah kesimpulan yang sempurna untuk penggunaan portfolio OneSteel. Perusahaan ini merupakan salah satu produsen dan distributor baja terkemuka di benua Australia. Perusahaan ini juga merupakan spesialis di bagian  Arrium Mining & Materials Groupmencakup seluruh langkah proses terasosiasi di tempat–dari pertambangan bijih besi melalui langkah metalurgi, pemilihan, dan pembentukan hingga distribusi dan penjualan.

Advertisement

Nama lengkap perusahaan ini adalah Onesteel Metalcentre yang memiliki 50 situs yang tersebar di negara Australia dengan dukungan 850 karyawan. Perusahaan ini mampu mencapai omzet tahunan lebih dari 700 juta dolar Australia. Prestasi yang luar biasa.

Pusat distribusi di ibukota Australia Barat yaitu Perth merupakan lokasi yang vital bagi perusahaan: dari sini OneSteel Metalcentre menyuplai ke banyak pelanggan dan  juga ke sejumlah kantor cabangnya yang tersebar luas di negara ini.

Di sini, kira-kira 8000 ton berbagai tipe produk baja menunggu dikirim ke perusahaan konstruksi, galangan kapal, atau perusahaan permesinan, dan plant engineering, mau pun diperuntukkan untuk dikirim ke banyak kantor  cabang perusahaan.

Di gudang ini, sekitar 8000 ton berbagai tipe produk baja disimpan dan siap dikirim ke perusahaan konstruksi, galangan kapal, atau perusahaan permesinan, dan plant engineering juga dikirim ke beberapa kantor cabang perusahaan. (Sumber foto: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG.)

“Kami tidak hanya mengirim kuantitas berbeda namun juga menyuplai produk setepat waktu mungkin jika diperlukan oleh pelanggan,” tutur Andrew Cosgrove, National Operations Manager  OneSteel. “Pengoperasian penyimpanan yang efisien dan transpaaran sangatlah penting bagi kami.”

Kapasitas besar menempati area yang sempit

OneSteel Metalcentre mendapatkan materi baja dari pabrik mereka sendiri–sebagian besar dalam bentuk material silindris, balok, dan pipa. Perusahaan menyimpan stok tersebut dalam sistem penyimpanan berbentuk sarang lebah yang disebut gudang UNICOMPACT hasil dari teknologi spesialis penyimpanan buatan perusahaan KASTO di Jerman. Stok logam batangan dipindahkan dan disimpan pada pembawa muatan pembantu yang disebut kaset sistem.

Gudang UNICOMPACT perusahaan OneSteel memiliki 2272 lokasi kaset. Tiap kaset mengakomodasi muatan hingga 5 ton dan cocok untuk material berukuran hingga 9 meter.

“Secara total, hampir 4000 ton baja, dibagi menjadi sekitar 700 tipe item yang berbeda, disimpan di dalam UNICOMPACT,” jelas Cosgrove. Selain itu, tinggi dan desain kompak dari tempat penyimpanan sarang lebah berarti mencakup hanya di area sempit–manfaat yang nyata bagi OneSteel.

Stok logam batangan disimpan dengan  sistem penyimpanan yang disebut sarang lebah UNICOMPACT buatan KASTO. Gudang ini mempunyai 2272 lokasi kaset. (Sumber foto: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG.)

“Dibandingkan dengan metode penyimpanan konvensional, UNICOMPACT menyediakan densitas penyimpanan yang sangat besar– yang bagi kami, berarti jalur transportasi yang lebih pendek dan lebih banyak ruang bagi material tambahan atau langkah proses tambahan,” urai Cosgrove tentang manfaat solusi buatan KASTO itu.

Material dimuat dan dikeluarkan dari tempat penyimpanan secara otomatis penuh dengan menggunakan storage and retrieval machine. Stok logam batangan dikirimkan ke area pengambilan dengan hanya menekan sebuah tombol sesuai prinsip ”goods-to-person”. (Sumber foto: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG.)

Sistem penyimpanan baru ini juga dengan sangat baik mengurangi waktu akses. Material dimasukkan dan dikeluarkan dari tempat penyimpanan secara otomatis penuh menggunakan SRM (storage and retrieval machine).

Stok logam batangan dikirim ke area pengambilan dengan menekan sebuah tombol sesuai dengan pemenuhan prinsip goods-to-person –sebuah solusi yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan sistem penyimpanan lantai konvensional dan lengan kantilever. “Cara ini menjamin produktivitas dan efisiensi dalam bisnis kami,” imbuh Cosgrove.

Dia menjelaskan bahwa bekerja di suatu gudang menjadi jauh lebih mudah dan proses lebih dapat diandalkan sesuai dengan sistem otomatis. Sementara peralatan melakukan proses pemuatan dan pengeluaran simpanan yang sulit secara virtual dengan sendirinya, para pekerja memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan tugas lain.

Warehouse Management Software KASTO memastikan alur material transparan dan efisien. (Sumber foto: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG.)

Manajemen gudang modern yang lebih transparan

Fasilitas Warehouse Management Software milik KASTO memastikan alur material yang efisien dan transparan. Sistem dapat dipercaya mengatur semua proses di gudang dan memberi pengguna gambaran detail tentang pesanan dan persediaan stok (barang).

“Setiap pengiriman dan tiap satuan kaset dapat diidentifikasi dan ditelusuri melalui suatu  perangkat lunak,” Cosgrove menjelaskan. “Cara ini membantu kami untuk menghindari kesalahan pengiriman dan untuk menawarkan kepada pelanggan kami sebuah produk dan kualitas layanan berkonsistensi tinggi.” Warehouse Management Software juga dengan sangat baik menyederhanakan tugas pengkombinasian barang yang dibutuhkan untuk tiap pesanan spesifik.

Setiap orang (karyawan) yang bekerja di Onesteel Metalcentre sangat terkesan dengan sistem penyimpanan UNICOMPACT: “Ini membuat kami dapat bekerja lebih cepat, lebih aman, lebih dipercaya, dan lebih efisien dibanding sebelumnya,” kata Operation Manager Cosgrove menyimpulkan manfaat-manfaat yang diperolehnya itu.

Bekerja di gudang menjadi lebih mudah dan proses dapat dipercaya terima kasih pada sistem otomatis. (Sumber foto: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG.)

 

“Hasilnya, ini semua adalah keuntungan bagi pelanggan kami karena mereka mendapatkan dengan tepat material yang mereka butuhkan dari kami–secara ekstrim fleksibel dan dalam waktu sesingkat mungkin.”

Gudang terotomasi akan membuat perusahaan dapat mengembangkan lebih jauh posisi terdepannya di negara ini. Jika kapasitas tambahan dibutuhkan di masa depan, sistem UNICOMPACT modular dapat dengan mudah dimodifikasi dan diperluas untuk memenuhi kebutuhan yang baru.

Apa itu KASTO?

Perusahaan KASTO Maschinebau GmbH & Co. KG., berpusat di Achern, Jerman, spesialisasi dalam teknologi penyimpanan dan penggergajian untuk bahan mentah logam. Perusahaan ini termasuk salah satu pemimpin global dalam manufaktur dan penjualan gergaji pemotong logam dan sistem penyimpanan otomatis dan semi otomatis untuk bahan mentah logam dan lempengan logam.

Perusahaan ini juga merupakan manufaktur terdepan dalam sistem handling otomatisasi untuk logam batangan, lempengan logam, dan bagian pre-cut. Salah satu perusahaan keluarga tertua di Eropa, KASTO merayakan peringatan ke-170 tahun pada tahun 2014. Dalam sejarah kesuksesannya, perusahaan ini menorehkan 160 paten, mengantarkan lebih dari 140.000 mesin penggergaji ke seluruh dunia dan membuat lebih dari 1.800 fasilitas penyimpanan otomatis. Selain mempunyai kantor cabang di Schalkai, Thuringia, KASTO memiliki kantor cabang lain di Inggris, Prancis, Swiss, Singapura, dan Amerika Serikat.

Informasi lebih lengkap silakan hubungi:

KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG–Stephanie Riegel–Stolzer,

Member of the Management Board–Industriestr,

14 – 77855 Achern, Jerman.

Tel. +49 7841 61-387, Fax +49 7841 61-70 388

Email: [email protected] ,  website http://www.kasto.com

 

Agen

a1kommunikation Schweizer GmbH-Oberdosfstr,

31A–70794 Fiderstadt, Jerman

Tel. +49 711 945 4161-40

[email protected]

www.a1kommunikation.de

 

Advertisement

1 KOMENTAR

Tulis Opini Anda