BISNIS (2)

Kecanggihan Mobil Inggeris, Ini Rahasia Teknologinya

0
6
Robot-robot yang dikendalikan secara digital berperan memproses produksi mobil mewah di Inggeris. (Sumber foto: SMMT)

Seseorang yang ingin memiliki Jaguar harus menyediakan miliaran rupiah. Sebuah perusahaan distributor di Indonesia mampu menjual minimal 200 unit mobil per tahun.

Robot-robot yang dikendalikan secara digital berperan memproses produksi mobil mewah di Inggeris. (Sumber foto: SMMT)
Robot-robot yang dikendalikan secara digital berperan memproses produksi mobil mewah di Inggeris. (Sumber foto: SMMT)

Selain mobil utuh, para motoris di India dapat membeli lebih banyak komponen rakitan Inggeris dari tahun-tahun sebelum tahun 2017. Contohya tahun 2016, nilai  parts atau komponen mobil buatan Inggeris mencapai 14 juta poundsterling yang dibelanjakan oleh para pelaku industri otomotif di India.

Nilai itu meningkat secara signifikan sekitar 15 persen per tahun dalam lima tahun mendatang–sebagaimana peningkatan jumlah kendaraan di India. Para pembeli mobil di India lebih cenderung mencari merek berkualitas tinggi yang dibuat di Inggeris.

Advertisement

Lima mobil mewah papan atas buatan Inggeris yang digemari oleh pembeli di India yakni—peringkat pertama diduduki oleh  Land Rover Discovery Sport—SMMT tidak menyebutkan data penjualannya—disusul peringkat ke-2 yakni Land Rover Range Rover Evoque, Jaguar XF (ke-3), Jaguar XE (ke-4), dan mobil merek Jaguar F-Pace pada posisi 5.

Menurut hasil survei Wealth X   tingkat kekayaan warga India menjadi Orang Kaya Baru dalam tempo setahun, melambung sebesar  27 persen–dari 196.000 orang menjadi 250.000 orang, seperti dikutip riaupos.co. jadi, orang harus kaya baru bisa membeli mobil mewah.

Sementara, model mobil rakitan di India dan dipasarkan  di Inggeris pada tahun 2016 adalah Ford Ecosport, Ford Ka+, Nissan Micra, dan Suzuki Baleno. Kemudian Aston Martin DB11,  entley Bentayga, Jaguar F-Pace, Infiniti Q30,  Infinity QX30, Land Rover Range Rover Evoque Convertible, McLaren 540, McLaren 570, Rolls Royce Dawn,  dan  Vauxhall Astra Sport Tourer, seperti dilaporkan oleh SMMT dan Frost & Sullivan, 2016

Lembaga Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT) merupakan  asosiasi perdagangan mobil paling berpengaruh dan paling besar di Inggris. SMMT bekerja sama dengan UK Automotive menyelenggarakan promosi gabungan kepada pejabat pemerintah, stakeholder, dan media.

Sektor industri otomotif merupakan bagian penting perekonomian Inggris dengan  71,6 miliar poundsterling turnover (kontrubisi),  dan 18,9 miliar poundsterling nilai tambah (added value). Sektor industri otomotif Ingggeris menyerap tenaga kerja 169.000 orang khususnya pada manufaktur, dan 814.000 orang bekerja di industri yang lebih luas.

Sebanyak 12 persen dari total ekpor Inggris dan investasi 2,5 miliar poundsterling per tahun untuk membiayai peningkatan kualitas R&D. Sebanyak pekerja 2000 orang bekerja di 30 manufaktur membuat lebih dari 70 model mobil kelas papan atas.

Baca juga :   Insentif Investasi Indonesia Terbaik Kedua di ASEAN

Kapan SMMT kunjungi Indonesia?

Pada Maret 2017, delegasi SMMT terdiri dari perusahaan otomotif Inggris mengunjungi  ACMA Automechanica di New Delhi, India. Perusahaan seperti Bearmach, Borg & Beck, CarChem, ITC, Merlin Diesel, Ranger Stork, Topgear Tuning, Universal Bodyshop, dan Viezu. Delegasi itu memperkenalkan inovasi produk terbaru. Kapan delegasi SMMT mengunjungi Indonesia?

Apa keistimewaan teknologi Land Rover dan Jaguar?  Contohnya Land Rover Discovery Sport memiliki teknologi istimewa pada ubin mobil yang terhubung dengan Bluetooth—berfungsi untuk melacakan barang atau item yang jatuh di ubin mobil seperti dikutip Autoexpress. Mobil ini juga memiliki opsional InControl Touch Pro, sistem upgrade infotainment dengan layar sentuh 10,2 inci. Juga memiliki drowsiness detection system intelligent speed limiter dan camera-based lane departure.

Sementara produksi Jaguar XF sangat dibatasi sehingga harganaya sangat mahal. Teknologi dan mesin disebutkan super power dan memiliki tambahan spesifikasi yang terpasang pada mobil Jaguar XF 3.0 V6 Premium Luxury.

Perusahaan PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) adalah distributor resmi mobil Jaguar Land Rover (JLR) dan Bentley di Indonesia. WAE telah meluncurkan 10 mobil baru dan tahun 2016 sebanyak 200 unit Jaguar Land Rover&Bentley yang terjual.

Pihak WAE optimis mampu menjual sekitar 200-an unit Jaguar, Land Rover, dan Bentley di Indonesia tahun 2017. Tiga mobil baru dari Bentley seperti Bentley Bentagya, Bentley Flying Spur V8 S, dan Bentley Flying Spur W12 S akan segera meluncur di Indonesia. Harga
Jaguar XF Black Jack Rp1,5 miliar (off the road) merupakan mobil pertama yang diperkenalkan dari peluncuran 10 mobil baru selama tahun 2017.

Yang paling mahal adalah Range Rover 5.0 Autobiography LWB EXCLUSIVE SEAT.Kita  bisa memilikinya setelah membayar Rp.5.699.000.000 per unit. Anda berminat?   (Bahan diolah dari press release SMMT dan Frost & Sullivan, laman Autoexpress, situs PT Wahana Auto Ekamarga, dan lain-lain)

Advertisement

Tulis Opini Anda