Management System, MANEJEMEN&SAFETY

Membuat Kursi atau Jok Mobil yang Tahan Benturan

ShareKursi atau jok mobil yang tahan benturan  didesain sejak awal di manufaktur. Bagaimana perangkat MPCCI Mapper memvalidisasi  suatu model? Para pemasok produsen...

Written by Boromeus Sihombing · 1 min read >
Jok Mobil yang Tahan Benturan

Kursi atau jok mobil yang tahan benturan  didesain sejak awal di manufaktur. Bagaimana perangkat MPCCI Mapper memvalidisasi  suatu model? Para pemasok produsen mobil sebaiknya menggunakan perangkat lunak ini.

Jok Mobil yang Tahan Benturan
Gambar kiri memperlihatkan optimasi proses CAE rantai komponen komposit Carbon-Fiber yang bersumber dari  KIT CEPAT. Sedangkan gambar kanan adalah skema kopling Jacobi yang dikenal sebagai algoritma paralel dengan menjalankan kedua kode analisis secara bersamaan. (Sumber foto/©: Fraunhofer SCAI)

Beragam manfaat perangkat lunak yang digunakan di sektor industri seperti otomotif. Di negara-negara produsen otomotif, para peneliti menghasilkan berbagai teknologi dan inovasi dengan bantuan perangkat lunak.

Contohnya MPCCI Mapper perangkat lunak yang memiliki model validasi yang berguna untuk menganalisis jumlah  data yang dipetakan.

Contoh  validasi itu meliputi asosiasi dan jarak nodal dari model yang digabungkan, bersama dengan perbedaan  model lokal dibanding dengan nilai asli yang ditransfer—kemudian dihitung dan divisualisasikan agar tampak lebih jelas.

Semua fungsi di MPCCI Mapper dapat dikontrol secara interaktif dengan menggunakan grafis antarmuka.

Perangkat ini membantu untuk memuat sumber dan menargetkan grid dengan mendukung banyak kode yang digunakan dalam format file dalam membentuk dan simulasi kecelakaan dengan tanda seperti berikut:

  • Abaqus (read/write .inp files)
  • Indeed (read .gns)
  • LS-DYNA (read/write keyword files)
  • PAM-STAMP PAM-CRASH (read/write mapping files, read keyword files)
  • Radioss (read D00 starter input, read/write Ynnn output file)
  • Nastran (read, patch)
  • Sysweld (read .asc, write, patch)

Contohnya pada uji coba ketahanan kursi atau jok mobil harus dapat dipastikan kualitasnya. Bagaimana kursi atauu kursi mobil tahan terhadap tabrakan (benturan) walau beratnya seringan mungkin.

Uji coba yang dibuat berdasaran simulasi tabrakan, sengaja dilakukan sebagai pertimbangan bagi tim peneliti—sekaligus mengungkap data (sejarah)  cara pembuatan komponen jok itu ketika diproduksi secara  massal di pabrik (manufaktur).

Pembuatan perangkat ini memiliki sejarah yang panjang  sejak  tahun 2007. Dengan mengintegrasikan hasil penelitian perusahaan Faurecia  (produsen mobil) dan  aplikasi SCAIMapper yang  cukup luas—sebagai alat transfer melalui semua tahapan proses perancangan tempat duduk di mobil.

Setiap waktu pembuatan variabel berbentuk fisik misalnya regangan plastik dan kekuatan material (bahan baku) melebihi atau jatuh di bawah nilai ambang kritis, maka hasil pembentukkan dipetakan sebagai pengaturan default.

Dengan demikian diketahui tingkat kebisingan, getaran, kekerasan (menahan benturan), bentuk tabrakan, dan analisis elemen yang memungkinkan hasil  terperinci dari pengaruh di lingkungan  manufaktur (ketika komponen diproduksi).

Pemasok komponen utama yang digunakan oleh produsen mobil seperti Faurecia, juga menawarkan data kepada pelanggannya hasil pemetaan ini sebagai bagian dari deskripsi produk secara keseluruhan.

Sifat khusus massa yang sangat baik dari bahan komposit serat berkinerja tinggi dapat disesuaikan dengan persyaratan khusus konstruksi ringan.

Akan tetapi, eksploitasi ekonomi potensi saat ini dibatasi kekurangan dalam proses manufaktur dan produksi.

Hal itu terjadi karena  kurangnya pengetahuan tentang perilaku material, dan prediksi yang tidak memuaskan yang dilakukan pihak properti struktural.

Bagaimana mengatasi kelemahan itu? Hubungan erat antara proses dan simulasi struktural diperlukan, dan juga menggabungkan fitur-fitur khusus dari bahan dan komponen yang mungkin akan digunakan.

Prasyarat penting lainnya adalah melakukan eksploitasi potensi material spesifik dari komposit serat berkinerja tinggi, dan melakukan simulasi yang terintegrasi dari seluruh rantai proses yang terkait.

Semua parameter proses yang signifikan dan hasil proses dapat digunakan dengan langkah-langkah simulasi secara mandiri.

Pemasok produsen mobil, sebaiknya menggunakan perangkat lunak agar kursi atau jok mobil yang tahan benturan (Bahan diolah dari laman Fraunhofer SCAI)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *