KERJA SAMA BISNIS PR

Jepang Fokus ke Indonesia, Vietnam, dan Thailand

0
6

Kebanyakan pebisnis di Jepang menyadari bahwa kekuatan dan potensi bisnis juga terdapat di kawasan ASEAN, utamanya di Indonesia, Vietnam, dan Thailand.  Untuk mengarahkan para pelaku bisnis di Jepang, grup Mileage Communications  menjalin kerja sama bisnis dengan Ozama Inc.—milik Hakuhodo Inc perusahaan biro iklan nomor 2 di negeri mata hari terbit itu. Kedua perusahaan itu ingin menjalin kerja sama dengan berbagai media di Indonesia.

Yap Boh Tiong, Chairman group Mileage Communications dan Nobuyuki Sakai, President & CEO Ozma Inc. seusai penanda tanganan kerja sama.

Potensi bisnis yang demikian besar dan luas di Indonesia menarik bagi perusahaan biro iklan terkemuka di Jepang. Oleh karena itu, Ozma Inc. (Jepang) menjalin kerja sama dengan group Mileage Communications. Kerja sama yang  eksklusif dan strategis bertujuan untuk memberikan layanan dukungan public relations (PR) bagi perusahaan-perusahaan dari Jepang yang ingin mengoptimalkan aktivitas bisnis di Asia utamanmya di ASEAN seperti Indonesia.

Ozma Inc. merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Hakuhodo Inc.—sebuah biro iklan nomor dua di Jepang yang berdiri sejak 50 tahun lalu. Perusahaan ini memberikan layanan konsultasi PR bagi perusahaan-perusahaan swasta terkemuka, badan-badan pemerintah, dan organisasi-organisasi masyarakat di Jepang yang ingin menjajaki bisnis di luar Jepang.

Advertisement

Nobuyuki Sakai, Presiden & CEO Ozma Inc., mengatakan, pihaknya mempunyai banyak (klien) perusahaan di Jepang yang membutuhkan dukungan PR di luar Jepang. Sedangkan grup Mileage Communications dengan jaringan 12 kantornya di Cina, India, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam menyediakan sarana yang memadai bagi Ozma Inc. untuk menarik manfaat yang maksimal.

Kemitraan antarkedua perusahaan itu, tentu saja mendukung aktivitas bisnis perusahaan-perusahaan di Jepang yang akan mendapatkan panduan strategis dari Ozma Inc. dan masukan tentang inisiatif atau cara ber-PR dan kepiawaian komunikasi dari Mileage Communications. Kombinasi kelebihan kedua perusahaan itu secara efektif menyediakan rancangan usulan yang bernilai bagi perusahaan-perusahaan di Jepang dan berencana mengembangkan bisnis sehingga mudah dikenal dan bersosialisasi di negara-negara  di benua Asia.

Merupakan keistimewaan bagi Mileage Communications karena dapat berkolaborasi dengan Ozma Inc., demikian Yap Boh Tiong, Chairman  Mileage Communications Group, setelah menandatangani kerja sama. Dia yakin dengan  terjalinnya kemitraan itu maka sukses yang dicapai makan berkelanjutan.

“Kedua perusahaan berbagi filosofi yang sama dalam hal memperlakukan klien dengan kepercayaan dan integritas, meningkatkan nilai tambah, dan memberikan pelayanan yang berkualitas,” imbuh Yap.

Proyek pabrik Roland DG Corporation Bangkok

Proyek pertama yang menandai kerja sama kedua perusahaan itu adalah pabrik Roland DG Corporation di Bangkok, Thailand yang telah dibuka oleh Mileage (Thailand) Co. Ltd beberapa waktu lalu. Roland DG—produsen printer inkjet format lebar terkemuka di dunia untuk pasar tanda (sign) dan pajangan (display). Kenapa memilih Thailand sebagai proyek pertama kerja sama?

Baca juga :   Industri Logam dan Baja Diperkirakan Bakal Tumbuh 13% di 2011

Oleh karena pabrik Roland DG  telah dibuka di  Bangkok dan merupakan tempat pertama bagi perusahaan dari Jepang yang membangun pabriknya di luar Jepang. “Belum ada rencana sejenis yang akan dibuka di negara lain,” kata  Christopher Parker salah satu petinggi Ozama Inc. melalui surat elektroniknya.

“Target kami adalah perusahaan-perusahaan di Jepang yang sedang mencari perusahaan PR di kawasan ASEAN seperti di India dan China yang telah berjalan dengan baik. Dengan kata lain, melalui  Mileage Communications kami dapat melengkapi peran dan bantuan kehumasan perusahan-perusahaan di Jepang dengan seluruh jaringan kami,” jelas Parker.

Sementara itu, Carlina Patuwo, Presiden Direktur & CEO PT Mileage Communications Indonesia, menjelaskan bahwa perusahaan-perusahaan dari Jepang telah berinvestasi dan beroperasi di Indonesia selama puluhan tahun. Pihaknya berharap jika lebih banyak kegiatan investasi dan ekspansi dari Jepang ke Indonesia pada masa mendatang.

“Kami sangat senang memainkan peran kami dalam menciptakan kesadaran dan publisitas bagi perusahaan-perusahaan dari Jepang,” tandas Carlina

Ozma Inc. yang berkantor pusat di Tokyo mempunyai sebuah kantor di Kansai dengan jumlah staf 115 orang. Didirikan pada 1963, Ozma Inc. adalah sebuah perusahaan kehumasan (PR) terkemuka yang memberikan layanan konsultasi PR dan komunikasi strategis kepada klien dari dalam negeri mau pun luar negeri Jepang.

Selama 50 tahun, Ozma Inc. melayani berbagai industri meliputi industri mobil, kesehatan, pariwisata, sarana komersial, bidang IT, pemerintahan, dan organisasi publik. Perusahaan yang berkantor pusat di Tokyo itu memiliki lebih dari 100 tenaga profesional PR.

Sementara itu, grup Mileage Communications adalah konsultan terbesar  di Singapura yang bergerak di bidang komunikasi pemasaran dan PR.  Grup Mileage Communications mempunyai 12 kantor di Singapura, China (Shanghai), India (New Delhi, Mumbai, Chennai, dan dua kantor perwakilan di Bengaluru dan Kolkata), Indonesia (PT Mileage Communications Indonesia yang berkedudukan di Jakarta), Malaysia (Kuala Lumpur), Thailand (Bangkok), dan Vietnam (Hanoi dan sebuah kantor perwakilan di Ho Chi Minh City). (Informasi: http://www.ozma.co.jp/en/)

Advertisement

Tulis Opini Anda