PELUMAS EXXONMOBIL (2)

Jangan Panik Jika Mesin Bocor, Begini Cara Mengatasinya

0
23
Tanpa membongkar mesin, teknisi dapat mengetahui jenis “penyakit” yang diderita oleh mesin sehingga penangannnya lebih tepat. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Pelumas berbasis minyak bumi atau berbasis mineral adalah pelumas yang paling banyak digunakan oleh para pelaku industri.

Tanpa membongkar mesin, teknisi dapat mengetahui jenis “penyakit” yang diderita oleh mesin sehingga penangannnya lebih tepat. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Bagaimana melihat kinerja (performa) sebuah mesin produksi? Pelumas merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah mesin produksi. Oleh karena itu, kita harus memilih  pelumas yang tepat agar mampu menjaga kebersihan sistem hidrolik.

Misalnya penggunaan Mobil DTE™ Excel merupakan pelumas yang diformulasikan untuk  meningkatkan kinerja total sistem hidrolik sehingga memperpanjang masa pakai peralatan dan juga membantu mengurangi endapan dan keausan sistem.

Advertisement

Mobil DTE™ Excel juga menjaga stabilitas oksidasi yang sangat baik untuk mengurangi downtime dan biaya perawatan. Efisiensi hidrolik ini juga mengurangi konsumsi energi pada peralatan industri yang digunakan oleh pabrikan.

Pelumas atau kadang disebutkan oleh kalangan operator mesin sebagai minyak gigi  yang mempunyai  dua fungsi utama yakni: untuk melumasi gigi (gear) dan untuk menghilangkan panas yang terjadi karena perputaran mesin sehingga terjadi tegangan pada permukaan gear.

Jika terjadi viskositas yang tinggi akan menghasilkan gesekan yang  berlebihan yang menyebabkan penurunan sifat pelumas yang ditimbulkan oleh suhu tinggi itu sendiri.

Pelumasan pada piston berfungsi—sesuai jenis dan karakteristiknya—dasarnya di dalam mesin termasuk mengurangi gesekan, pendinginan, penyegelan, pembersihan, dan berfungsi sebagai perlindungan.

Pelumas  melakukan fungsi

Minyak pelumas melakukan fungsi berikut di dalam mesin: minyak melumasi bagian yang bergerak untuk meminimalkan keausan dengan menyegel jarak bebas antara bagian yang bergerak seperti bantalan, poros, dan lain-lain. Dengan demikian, bagian-bagian yang bergerak pada lapisan minyak, dan tidak bersentuhan langsung dengan satu sama lain  yang mengurangi kehilangan daya di mesin.

Sementara  fungsi utama pelumas pada hidrolik untuk memberikan transmisi energi melalui sistem yang memungkinkan kerja dan gerak dilakukan. Cairan hidrolik juga bertanggung jawab untuk pelumasan, perpindahan panas, dan kontrol kontaminasi.  Pelumas berbasis minyak bumi atau berbasis mineral adalah pelumas yang paling banyak digunakan saat ini.

Regional Sales Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Sihol Harto P Harto P Simanjuntak menjelaskan, pihaknya berkomit untuk selalu memberikan produk yang terbaik bagi pelaku industri dengan menyediakan rangkaian Mobil DTE™ Excel, pelumas unggulan yang mampu menjaga kualitas produksi dan menjaga peralatan dari kerusakan dalam waktu yang lama.

Salah satu faktor  penentu daya saing produk di pasar dunia ditentukan oleh ongkos produksi. Selain itu, para pelaku industri harus mampu meningkatkan kinerja perusahaan dengan memerhatikan faktor efisiensi—dari segi teknis maupun produktivitas. Sebagai contoh, sebuah pabrik di China awalnya tidak mampu menghasilkan produk yang memenuhi syarat kualifikasi selama musim panas berlangsung.

Setelah dianalisis oleh para ilmuwan Mobil Lubricants untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi itu, ditemukanlah masalah viskositas yang menurun di bawah suhu tinggi, sehingga menyebabkan kebocoran internal dan tekanan yang tidak mencukupi.

Dengan menggunakan pelumas Mobil DTE 10™ Excel 46 yang direkomendasikan oleh teknisi Mobil Lubricants, terdapat peningkatan efisiensi sistem hidrolik yang signifikan sehingga mampu memperpanjang interval pengeringan minyak dan menurunkan konsumsi listrik sebesar 4,63 persen.

Hasil ini terbukti mendorong penghematan tahunan sebesar US$3,800 atau sekitar Rp50.665.000. Manfaat lain yang juga dirasakan oleh perusahaan adalah meningkatnya produk dengan kualitas yang baik.

Oleh karena itu, jika mesin yang Anda operasikan mengalami kerusakan, jangan panik. Cukup dengan memanggil teknisi ExxonMobil maka persoalan yang Anda hadapi segera dituntaskan.

Bagaimana ExxonMobil mengoperasikan Mobil ServSM dan apa manfaatnya bagi para pelaku industri?

Simak PELUMAS EXXONMOBIL (3)
Kebocoran Tinggi di Pengerjaan Logam dan Pabrik Baja, Ini Solusinya

 

 

Baca juga :   ExxonMobil Siapkan Teknologi Gold Hemat Energi
Advertisement

Tulis Opini Anda