Ini Rahasia Keajaiban Teknologi Inovasi

0
23
Salah satu hasil inovasi adalah drone yang membantu beragam pekerjaan manusia. ( Sumber foto: http://blog.hausmann-johnson.com/)

Failure is an option here. If things are not failing, you are not innovating enough, kata Elon Musk.

Salah satu hasil inovasi adalah drone yang membantu beragam pekerjaan manusia. ( Sumber foto: http://blog.hausmann-johnson.com/)
Salah satu hasil inovasi adalah drone yang membantu beragam pekerjaan manusia. ( Sumber foto: http://blog.hausmann-johnson.com/)

Tanpa terobosan inovasi, sistem lama akan menjadi usang dan kita akan ditinggalkan oleh pelanggan. Masih ingat dominasi beberapa produk ponsel seperti Nokia, BB, dan film yang digunakan untuk mengabadikan obyek dengan kamera? Beberapa kamera seperti Canon dan Nikon diharuskan mengubah platform yang disesuaikan dengan digital driver. Kamera harus bersaing dengan smartphone.

Adalah Agus Wicaksono, Ketua iCIO Community (Perkumpulan Chief Information Officer di Indonesia) yang mengatakan,  bahwa setiap negara membutuhkan inovasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan menyiapkan masa depan bangsa yang lebih baik.

Advertisement

Inovasi bukanlah suatu pilihan, melainkan suatu tindakan atau turn over yang harus kita lakukan. Jika perusahaan atau organisasi tidak melakukan inovasi secara berkesinambungan, konsisten, dan teratur, maka perusahaan itu bakal ditinggalkan oleh pelanggan. Pasar yang tadinya kita serap akan diisi oleh produk buatan perusahaan lain.

Inovasi perlu diimplementasikan dengan keberanian untuk mengambil resiko dengan menyiapkan mitigasinya, tandas Prihadiyanto, Managing Director, Accenture Indonesia (konsultan manajemen dan teknologi).

Oleh karena itu, ujar Utoyo S. Nurtanio Chief Innovation Officer PT Trakindo Utama, ide inovasi dari tingkat bawah, menengah, dan jajaran eksekutif Trakindo didorong untuk selalu berpikir kreatif dan berusaha menyebarkan virus inovasi kepada karyawan yang lain. Jajaran eksekutif puncak Trakindo sepenuhnya mendukung budaya inovasi dan memberikan contoh positif kepada seluruh pemangku kepentingan. Trakindo Utama didirikan oleh AHK Hamami pada tahun 1970, usia yang cukup mapan dan berpengalaman.

Untuk membudayakan inovasi, manajemenTrakindo menyelenggarakan kompetisi keterampilan bagi teknisi Trakindo (Trakindo Servicemen Award Program) dan peserta didik jurusan Teknik Alat Berat di SMK juga Politeknik (Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat), peserta tak hanya menampilkan keahlian yang dimiliki tapi juga diajak untuk berpikir kreatif menghadirkan solusi inovatif dalam menjalankan aktivitasnya.

Contoh inovasi yang bermanfaat dan pendapat Elon Musk

Lima contoh penemuan teknologi terbaru—hasil teknologi yang mengubah dunia—seperti dilaporkan oleh http://www.androfern.com/:

1. Nanotubes: Merupakan molekul karbon besar yang bentuknya tabung dengan termal dan sifat elektrik yang tidak sama dengan karbon dan molekul yang lain. Nanotubes menghasilkan proses fotosintetis pada sbuah tanaman ketika dimasukkan ke dalam kloroplas tanaman tersebut.
2. Nanobots DNA: Adalah hasil inovasi teknologi yang berfungsi untuk mengontrol molekul pada sebuah sel tertentu. Nanobots DNA mudah mendeteksi penyakit kanker.
3. Pesawat drone: Pesawat drone merupakan pesawat tanpa awak yang berguna untuk mengantarkan berbagai jenis barang dan beragam manfaat lainnya seperti pemotretan dari udara, alat mata-mata militer, alat olah raga, dan sebagainya.
4. Printer 3D: Printer 3D yang dikembangkan dan menghasilkan cetakan yang lebih baik dan lebih real. Inovasi printer 3D membantu manusia untuk memudahkan pekerjaannya terutama untuk mencetak berbagai hal dalam bentuk 3D.
5. Microchip orang lumpuh: Microchip dapat digunakan untuk membangunkan orang lumpuh dan merangsang otot untuk bergerak dengan pola yang sudah dibuat oleh otak. Microchip tersebut dinamakan Neurobridget yang secara uji laboratorium mampu memberikan rangsangan yang baik pada otak penderita lumpuh.

Baca juga :   Apa Kaitan Siemens dengan FC Bayern Munich?

Sementara itu, seorang ahli manajemen, Elon Musk, yang pendapatnya mengawali arikel ini, mengingatkan,  bahwa inovasi bukanlah perkara gampang melakukannya. Kita harus bekerja keras, butuh waktu lama,dan dilakukan dengan serius. Beberapa pendapanya, tersaji di bawah ini (sumber: http://www.inc.com/):

1. Great companies are built on great products.

2. If you’re trying to create a company, it’s like baking a cake. You have to have all the ingredients in the right proportion.

3. Starting and growing a business is as much about the innovation, drive, and determination of the people behind it as the product they sell.

4. It’s OK to have your eggs in one basket as long as you control what happens to that basket.

Simak artikel selanjutnya dengan topik TRAKINDO (3)
Di Darat ok, di Laut Berjaya

Advertisement

Tulis Opini Anda