EKSPANSI (2)

Ingin Capai Target Bisnis? Ya Gunakan Inovasi

0
12
Sejak awal 1900-an, Gates merekayasa tool dari logam dengan teknologi canggih dengan bahan (material) terpilih agar produk berdaya tahan  yang tepat sesuai dengan aplikasi yang dibutuhkan oleh para pelaku industri. (Sumber foto: Gates Corporation)

Berkat keandalan teknologi inovasi, Gates mempunyai 218 partner bisnis di Asia Timur, ASEAN, Korea Selatan, Jepang, India, Australia, dan Selandia Baru.

Sejak awal 1900-an, Gates merekayasa tool dari logam dengan teknologi canggih dengan bahan (material) terpilih agar produk berdaya tahan  yang tepat sesuai dengan aplikasi yang dibutuhkan oleh para pelaku industri. (Sumber foto: Gates Corporation)

Perusahaan asal Amerika Serikat, Gates Corporation memang kurang popular di Indonesia dan ASEAN. Gates mengandalkan teknologi inovasi dan ingin diperkenalkan kepada para pelaku industry otomotif di Indonesia

Apakah teknologi inovasi produk khas Gates? Inovasi bisa berupa perbaikan teknologi atau sistem—apa saja menjadi baru dan saat digunakan atau diimplementasikan akan menghasilkan nilai tambah (added-value) bagi para pengguna utamanya pelaku industri dan penyedia jasa.

Advertisement

Contohnya dalam beberapa kasus seperti pembuatan pipa yang lebih fleksibel atau pada kesempatan lain bagaimana cara Gates mengintegrasikan produknya bagi pelanggan untuk  mendapatkan  solusi yang terintegrasi. Gates juga berfokus pada inovasi ilmu pengetahuan material dan inovasi dalam perdagangan sehingga produk-produk dan jasa yang diberikan dapat mengembangkan (kemajuan) para pengguna yakni para pelaku industri.

Contoh lainnya implementasi inovasi pada sektor pertambangan. Kondisi yang ada di dalam alat long-wall-mine dapat merusak atau mengganggu kinerja  stapel-lock tradisional, demikian pula alat penghubung super-staple-lock.

Tekanan pengoperasian sebesar 5.000 psi dalam pipa hidrolik menghubungkan pelindung yang ada di dalam  long-wall-mine tersebut dan membutuhkan gaya 60.000 ft lbs—untuk pemasangannya. Jumlah gaya itu sangat banyak bagi sebuah staple agar mampu bertahan (bekerja lebih lama).

Gates mengembangkan solusi penghubung yang sederhana yang bekerja secara  revolusioner. Gates iLok coupling didesain untuk mengetahui reduksi secara dramatis saat waktu henti ketika berpindah dan mengatur ulang peralatan long-wall mining. Dibandingkan dengan penghubung staple-lock tradisional, ini lebih sederhana, aman dan lebih cepat secara dramatis.

Fitur produk lainnya adalah pipa MegaTuff yang membantu untuk melindungi investasi para pelaku industri (pelanggan) seperti pemasangan pipa hidrolik yang dibuat untuk memenuhi persyaratan ekstrim.

Pipa anti abrasi

Kondisi atau keadaan yang lebih sulit menimpa pipa hidrolik adanya  abrasi yang konstan. Gangguan inilah yang harus dilindungi. Maka dengan pipa MegaTuff buatan Gates hasilnya luar biasa tahan terhadap abrasi.

Lapisan pelindung yang terikat secara khusus tetap bertahan—berarti usia pipa lebih lama dan tidak mengelupas—seperti kebanyakan pipa yang beredar di pasar. Oleh karena itu, para pelaku industri yang hendak menggunakan pipa misalnya sektor tambang  lebih baik hati-hati. Jangan tergiur dengan harga yang ditawarkan relatif murah, namun begitu instalasi pipa terpasang, investasi menjadi sia-sia karena semua pipa mengalami abrasi.

Baca juga :   Milling dan Drilling Dalam Hanya Dalam Satu Setup

Pengunjung fasilitas Gates customer experience center dapat memelajari teknologi  inovasi yang sedang berkembang saat ini maupun mutakhir dalam produk, layanan, dan kemampuan lainnya yang didemonstrasikan oleh para teknisi perusahaan dalam skala aplikasi  yang luas di pasar hingga kepada pengguna akhir.

Luas Customer Experience Center mencapai 3000 kaki persegi dan dirancang dalam enam tema lingkungan yakni: Gates in Motion, [email protected] (Energi, Eksplorasi dan Ekstraksi), [email protected] (Proses & Spesialisasi), Gates Shoppe, [email protected], [email protected], dan sebuah pusat pelatihan.

Gates merefleksikan inovasinya ke dalam berbagai bentuk dan pendekatan. (Mungkin) hal yang paling penting adalah dalam mengembangkan hubungan yang dekat dengan para pelanggan sehingga Gates dapat memahami kebutuhan pelanggan. Hal ini lebih dari sekadar memahami berapa temperatur atau besar tekanan yang mereka butuhkan.

Hal tersebut termasuk dalam bagaimana cara pelanggan menggunakan produk Gates atau bagaimana cara mereka memasangnya (outside-in innovation). Cara lain berinovasi adalah dengan menggunakan teknik pemodelan komputer terkini.

Tujuannya untuk pertama-tama mengetahui persyaratan aplikasi, dan kemudian melakukan pemodelan persyaratan performa produk Gates dan berbagai komponen materiaal. Ini membantu teknisi Gates  untuk memilih kombinasi material terbaik atau produk terbaik untuk memenuhi persyaratan aplikasi.

Terkadang Gates berinovasi dengan mengidentifikasi sebuah masalah atau kesempatan di pasar dan menempatkan beberapa orang insinyur terbaik di dalam sebuah ruangan. Tim insinyur itu berdiskusi untuk menemukan sebuah solusi (insideout innovation). Gates juga menjaga hubungan dekat dengan perusahaan supliernya.

Gates dapat dikatakan sebagai sebuah ilmu pengetahuan material, sehingga tim material lanjutan (dari Gates) menjaga hubungan yang sangat dekat dengan penyuplai. Sedangkan ahli lain dapat memastikan Gates berada di puncak tren terkini dalam hal material yang dapat digabungkan dalam produk Gates.

Hal di atas merupakan satu alasan kunci Gates terus menjadi yang terdepan dalam industri dengan produk seperti Polychain karena manajemen Gates memahami bagaimana fiber karbon (sangat kuat dan kaku tetapi tipikalnya rapuh) dan polimer elastomerik (elastik dan kuat) berinteraksi.

Apa rencana bisnis Gates di Indonesia?

Advertisement

Tulis Opini Anda