Kemasan Cerdas (1)

Informasi Penting bagi Pengguna

0
2
Sistem film untuk mengukur dan menunjukkan temperatur. Sumber foto/©: Bernd Müller/Fraunhofer EMFT)

Jenis kemasan mampu “mengawasi” atau meminimalisasi pertumbuhan bakteri atau jamur biasanya disebutkan kemasan aktif (active packaging).

Sistem film untuk mengukur dan menunjukkan temperatur. Sumber foto/©: Bernd Müller/Fraunhofer EMFT)
Sistem film untuk mengukur dan menunjukkan temperatur. Sumber foto/©: Bernd Müller/Fraunhofer EMFT)

Hingga sekarang—ini selalu berkaitan dengan mekanik—sebuah  lapisan protektif yang bermanfaat untuk melindungi suatu produk dengan menggunakan kemasan yang baik. Akan tetapi, tidak  lama lagi, manfaat kemasan bukan hanya sekadar pelindung (bungkus) lagi. Kemasan cerdas harus menyediakan informasi tentang produk dan kondisi produk itu bagi pengguna utamanya end user (pengguna terakhir atau konsumen).

Untuk melakukannya, para peneliti mengintegrasikan elektronik fleksibel, ultra tipis ke bahan kemasan. Kemasan yang memberikan informasi itu disebutkan sebagai kemasan yang ceras atau smart packaging.

Advertisement

Smart packaging merupakan topik  yang ngetren bagi para ahli, asosiasi kemasan, dan para pelaku industri (pengguna kemasan)—ribuan jenis produk menggunakan kemasan seperti makanan, minuman, produk elektronik, busana, aseosris, dan produk manufaktur menggunakan kemasan—merupakan bahasan dalam beberapa tahun belakangan ini.

Pembahasan dilakukan dalam berbagai kesempatan seperti seminar, workshop, bahkan semua stakeholder melakukan lomba disain—termasuk pencarian bahan baku yang  ramah lingkungan. Lewat pameran bertajuk plastik dan karet, beragam mesin,  teknologi canggih, dan alat produksi ditawarkan kepada para pelaku industri kemasan.

Mengawasi pertumbuhan bakteri dan jamur

Selain nama smart packaging, kadang kemasan  cerdas ini juga disebutkan sebagai intelligent packaging, interactive packaging atau active packaging. Smart packaging merupakan cara baik untuk mendapatkan informasi suatu produk yang dibungkus oleh kemasan itu sendiri.

Baca juga :   Integrasi Sensor Libas Skandal Pangan

Kenapa suatu kemasan dinamai smart packaging? Selain menyediakan informasi tentang suatu produk, suatu kemasan (utamanya pada jenis kemasan interaktif) berfungsi untuk “mengawasi” pertumbuhan bakteri atau semacam jamur yang dapat  melekat atau bertumbuh  dalam produk farmasi.

Jenis kemasan yang mampu “mengawasi” atau meminimalisasi pertumbuhan bakteri atau jamur biasanya disebutkan kemasan aktif (active packaging). Kemasan makanan misalnya, dampak interaksi antara bahan kemasan dan produk  biasanya dapat dihilangkan atau diminimalisasi—hasil penemuan pakar di Eropa. (Bahan diolah dari Smart Packaging tulisan  Katja Lüers, Fraunhofer 2.2015, www.fraunhofer.de/en/press/audio.html dan http://www.foodproductiondaily.com/)

Simak  artikel selanjutnya dengan topic Kemasan Cerdas (2)
Nikmatnya Moo Suara Botol

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda