PERAN AHLI (1)

Tanpa Stok Raw Material Produksi Mandeg, Cara Mengatasinya?

0
4
Knowledge and Innovation Community“EIT RawMaterial adalah sebuah pehimpunan di seluruh Eropa. (Sumber foto/©: dpa)

Lembaga  ini berusaha menciptakan  64 start-up dan 5 sumber daya critical raw material (CRM) yang utama dan CRM  yang baru pada 2022. Para innovator Indonesia bisa belajar,

 

Knowledge and Innovation Community“EIT RawMaterial adalah sebuah pehimpunan di seluruh Eropa. (Sumber foto/©: dpa)

Fraunhofer dan Helmholtz bekerja sama mengerjakan proyek Knowledge and Innovation Communication khusus mendalami penggunaan bahan mentah untuk produksi manufaktur. Lembaga The European Institute of Innovation and Technology (EIT) meminta kepada dua konsorsium untuk mendirikan suatu  Knowledge and Innovation Communities (KIC) berfokus pada inovasi dalam bidang “bahan mentah” dan  “hidup sehat–penuaan aktif”. Yang kita bahas kali ini mengenai bahan mentah.

Advertisement

Pada akhirnya EIT memilih untuk berkonsorsium dengan lembaga EIT Raw Material sebuah lembaga seluruh Eropa yang mempunyai lebih dari 100 partner dari 21 negara Uni Eropa (tentu saja Inggeris tidak ikut lagi sejak keluar dari Uni Eropa), termasuk Fraunhofer dengan melibatkan lebih dari 12 orang pakar dari Fraunhofer Institutes dan Fraunhofer Academy untuk  mewakili partner terdepan yang membidangi  industri, penelitian, dan akademis.

Prof. Jenz Gutzmer dari Helmholtz–Zentrum Dresden–Rossendorf  partner utama yang mengoordinasi proyek itu menjelaskan, bahwa EIT memungkinkan kerja sama untuk membuat perubahan sosial nyata dan untuk mengubah tantangan ketergantungan pada bahan mentah menjadi kekuatan yang strategis di Eropa.

Ia menambahkan bahwa lembaga yang dikkordinasikannya itu bertujuan untuk mendorong daya saing, pertumbuhan, dan daya tarik bidang penggunaan bahan mentah di Eropa dengan melakukan inovasi yang radikal dan kewirausahaan yang kuat.

Pihaknya fokus pada pertumbuhan berkelanjutan untuk menciptakan lapangan kerja dengan mendorong start-up, SME (UKM, perusahaan skala kecil dan menengah) dan pendidikan—merupakan konsorsium terkuat yang pernah didirikan di bidang bahan mentah.

Lembaga  ini berusaha menciptakan  64 start-up dan 5 sumber daya critical raw material (CRM) yang utama dan CRM  yang baru pada 2022. Istilah startup merupakan sebuah bisnis yang baru dirintis.

Menurut Wikipedia.org, startup adalah sebuah perusahaan rintisan yang merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan start-up biasanya dikembangkan dengan implementasi teknologi digital berbasis web.

Baca juga :   Denyut Tegangan Pendek pada Mesin

 

Apa yang diharapkan dari tim ahli?

Sedangkan bahan utama atau raw material merupakan bahan vital dalam proses bisnis manufaktur. Jika raw material tidak mencukupi maka proses produksi (off production) di sebuah pabrik akan berhenti atau mandeg.

Tanpa persediaan raw material yakni sumber utama yang diolah suatu manufaktur (dengan menggunkan mesin produksi) maka proses produksi itu sendiri akan berhenti. Dengan demikian akan terjadi satu kelangkaan produksi karena keterbatasan bahan baku atau  critical raw material. Bagaimana cara mengatasinya?

Komisioner untuk Eropa, Tibor Navracsics menjelaskan bahwa dengan dukungan EIT dan pendanaan  dari Horizon 2020,  lembaganya memiliki kesempatan yang besar untuk menghimpun para  peneliti, mahasiswa, dan para pebisnis terbaik. Pekerjaan mereka menjadi hal yang krusial untuk memastikan suatu kontribusi terhadap upaya pengurus lembaga untuk meningkatkann kapasitas dan daya saing inovasi di Eropa.

Pengurus lembaga EIT RawMaterial KIC berharap dapat mengubah suatu investasi yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi dan sosial secara  nyata—termasuk tumbuhnya bisnis baru dan kesempatan berbisnis lebih luas dengan segala resiko dan wirausahawan yang berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pekerjaan orang-orang yang tergabung dalam EIT RawMaterial KIC menghasilkan  daya saing sektor bahan mentah di Eropa yang berdampak terhadap tumbuhnya kesempatan bekerja  baru yang berkualitas tinggi.

KIC bermarkas di Berlin (Jerman) bersama dengan institusi Fraunhofer dan  Helmholz. Selain itu terdapat enam pusat (co-location) transnasional di Wroclaw (Polandia),  Espoo (Finlandia),  Leuven (Belgia), Lulea (Swedia),  Metz (Perancis), dan Roma (Italia). Apa peran teknologi inovasi dalam penggunaan raw material?  (Bahan diolah dari A KIC for Fraunhofer).

Simak PERAN AHLI (2)

Bermanfaat untuk Mesin, Peralatan Industri, Mobilitas, dan Pasokan Energi

 

 

Advertisement

Tulis Opini Anda