Industri Pertambangan: Solusi yang Terintegrasi Hasilkan Efisiensi Lebih Tinggi

0
21


 

 

Advertisement

 

 

Solusi pertambangan terintegrasi SimineCIS mencakup kontrol, monitoring, display, dan optimalisasi produksi tambang mulai dari penggalian hingga pengangkutan ke pengolahan dan proses-proses lanjutan yang mencakup penanganan air atau penyimpanan. Dengan SimineCIS CC (Control Center) dan SimineCIS MES (Manufacturing Execution System), Siemens telah mengembangkan solusi yang memiliki desain modular, konsistensi teknis, dan penyatuan fitur-fitur khusus tambang guna menyediakan cara-cara yang sebenarnya tak terbatas untuk mengadaptasikan teknologi kontrol pertambangan ke pengolahan dan persyaratan.

SimineCIS CC didasarkan pada standar produksi Siemens Simatic PCS 7. Berkat pengalaman selama bertahun-tahun baik dalam proses maupun kontrol,  Siemens telah berhasil membuat solusi otomasi pertambangan SimineCIS CC dalam suatu platform tersendiri. Sebagaimana layaknya solusi otomatisasi ujung-ke-ujung, platform ini mencakup otomatisasi, komunikasi, dan manajemen data yang meliputi ekstraksi, transportasi, pengolahan, dan distribusi bahan-bahan baku yang ditambang.

Fitur-fitur standar Simatic PCS-7

Arsitektur Simatic PCS-7 yang khusus dan terukur memungkinkan komponen-komponen yang sama dijalankan dari 100 titik-titik I/O dalam satu mesin hingga aplikasi yang sangat besar dengan 100.000 titik-titik I/O. Komunikasi yang terintegrasi dan terbuka untuk otomatisasi di dalam keseluruhan perusahaan merupakan persyaratan dasar yang memungkinkan semua unit-unit pabrik saling berhubungan berdasarkan pada standar industri, seperti Industrial Ethernet dengan komponen-komponen pendukung teknologi 10/100 Mbit/detik atau 1000Mbit/detik dan Profibus, standar fieldbus Siemens didasarkan pada teknologi transmisi elektrik atau optik. Luasnya cakupan dari peralatan lapangan yang cerdas yang memaki standar-standar industri seperti Profibus, Fieldbus Foundation, dan HART berarti lebih banyak desentralisasi di lapangan sehingga mempercepat eksekusi aplikasi dan mengurangi biaya pengolahan pada keseluruhan siklus pabrik.

Terkait dengan interaksi mesin-pemakai, sistem operator Simatic PCS7 cukup fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran pabrik, kasus-kasus pengolahan dan kebutuhan pelanggan. Dengan sistemnya yang multi-user, Simatic PCS7 support hingga 12 server atau 12 pasang server redundan. Dalam modus multi-client, klien- klien OS dapat mengakses data dari satu atau lebih pada 12 server/pasang server secara paralel. ‘Web server’ Simatic PCS 7 berbasis pada Microsoft Windows sehingga mendukung untuk operasi atau monitoring jarak jauh melalui intranet/internet.

Untuk partnya, Simatic PCS 7 Maintenance Station mendukung manajemen aset pabrik termasuk administrasi dan pengelolaam peralatan pabrik, terutama peralatan I&C maupun semua aktivitas guna mempertahankan atau meningkatkan nilai pabrik.

Manajemen produksi

 

SimineCIS MES merupakan jawaban Siemens terhadap permintaan yang sedang berkembang dalam sistem manajemen produksi pada industri pertambangan. Manfaat-manfaatnya tidak hanya terletak pada peningkatkan kemampuan perencanaan produksi, tapi juga dalam penampilan informasi yang konsisten di semua bidang pengolahan.

Baca juga :   Rahasia Alat Timbang Bu Fanny NG

Sebagai suatu sistem online, SimineCIS MES juga menghapuskan jarak antara proses otomatisasi real-time dan orientasi transaksi ERP. Hal itu memungkinkan manajemen membuat keputusan berda- sarkan pada informasi real-time, yang meningkatkan produktivitas dan menyempurnakan ketersediaan pengolahan.

Berbasis pada Simatic IT, SimineCIS MES mencakup paket:

– Perencanaan/supervisi produksi: PRO-LOG Library untuk pemodelan pro- duksi, penjadwalan, perintah manajemen;

– Pengelolaan material: MAQ Library untuk pengelolaan stok, pencampuran, dan penjejakan material;

– Manajemen informasi proses: PIMS Library untuk KPI, OEE, pelaporan.

Kinerja khusus Simatic IT

Siemens merupakan salah satu yang pertama memahami tantangan MES pada industri pertambangan. Karenanynya, Simatic IT menyediakan suatu lingkungan kerangka kerja yang canggih yang memungkinkan pemodelan proses-proses produksi dan prosedur-prosedur operasi, sinkronisasi dan koordinasi fungsi-fungsi yang disediakan oleh komponen.

Pendekatan desain dasar, mengitari pembuat contoh produksi dan komponen, menawarkan kemungkinan khusus dalam membangun solusi yang fleksibel dan sesuai kebutuhan yang didasarkan pada standar. Solusi yang dibangun dengan kerangka kerja Simatic IT menstandarkan operasi pada level yang tinggi dengan tetap menjaga fleksibilitas pada level operasional. Pendekatan pemodelan memberi kemudahan solusi end user dalam memelihara dan melakukan modifikasi sementara arsitektur yang terbuka mendukung pengantar-mukaan sistem komputer level yang lebih tinggi dan level yang lebih rendah maupun penyatuan modul-modul software pihak ketiga. Gambaran di atas menunjukkan bagaimana komponen SimineCIS menusuk secara langsung ke dalam kerangka kerja Simatic IT. Library khusus sektor /industri menunjukkan solusi Siemens untuk industri pertambangan didasarkan pada standar seluruh produk industri.

Solusi yang tepat untuk pekerjaan-pekerjaan tambang

Dengan konsep SimineCIS yang khusus yang berbasis pada komponen TIA (Totally Integrated Automation), pendekatan Siemens terhadap otomatisasi berpihak pada kinerja yang terukur dan konsisten mulai dari lantai pabrik hingga ke level manajemen. Menyatukan keahlian pertambangan dengan komponen SimineCIS CC dan SimineCIS MES telah meletakkan Siemens dalam suatu posisi yang unggul dalam mengadaptasikan sistem dan teknologi TIA untuk kebutuhan industri tambang yang sangat berbeda di seluruh dunia.

Advertisement

Tulis Opini Anda