BISNIS (1)

India Gemar Mobil Premium Inggeris

0
5
Proses produksI mobil premium di Inggeris. (Sumber foto: SMMT)

Nilai ekspor mobil mahal sebesar 13,4 persen tahun 2016. Apa keistimewaan teknologi Land Rover dan Jaguar?  Di Indonesia terjual 200-an unit per tahun.

Proses produksI mobil premium di Inggeris. (Sumber foto: SMMT)
Proses produksI mobil premium di Inggeris. (Sumber foto: SMMT)

Pertumbuhan ekspor mobil kategori mewah buatan Inggris ke India meningkat 11 kali lipat dalam kurun waktu 7 tahun belakangan ini, demikian data yang diungkapkan oleh Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT). Artinya, dari antara populasi 1.266.883.598 jiwa makin banyak orang kaya di India. Makin banyak orang India yang mampu membeli mobil mewah.

Pada tahun 2016, India membeli 3.372 unit mobil rakitan Inggeris, melonjak jika dibandingkan dengan penjualan tahun 2009 yang jumlahnya hanya  309 unit. Permintaan meningkat sebesar 15,8 persen dibandingkan tahun 2015,  menaikkan posisi India dari peringkat 10 menjadi peringkat 8 di Asia sebagai pembeli mobil buatan Inggeris.

Advertisement

Produksi mobil Inggeris mencapai puncaknya selama 17 tahun pada tahun 2016.  Sebanyak 1.722.698 unit kendaraan diluncurkan dari lini produksi tahun 2016, meningkat 8,5 persen  dari total produksi tahun 2015–merupakan output tertinggi sejak tahun 1990.

Saat ini, lebih banyak mobil yang diekspor oleh Inggris dibanding tahun-tahun  sebelumnya—merupakan hasil investasi untuk fasilitas produksi kelas dunia, teknologi, dan desain cutting-edgesatu dari kekuatan pekerja di Inggeris yang produktif dan memiliki kemampuan dan keterampilan kelas internasional yang tinggi tentu saja dibantu robot yang terdigitalisasi.

Pada tahun 2016, keinginan pasar dunia terhadap mobil rakitan Inggris meningkat hingga 10,3 persen dan mencapai puncak produksi sebanyak 1.354.216 unit mobil–merupakan rekor tahunan. Sekitar 8 dari 10 unit mobil yang diproduksi di Inggris diekspor dan  sedang menuju posisi ke-1 dari 160 pasar di seluruh dunia.

Permintaan domestik untuk mobil rakitan Inggris juga meningkat sejak tahun 2016 meski kenaikannya cuma  2,4 persen. Inggeris tetap menjadi pasar mobil terbesar kedua di Eropa di bawah Jerman.

Bersaing dengan mobil buatan Jerman

Satu dari tujuh mobil baru yang didaftar oleh pembeli di Inggris  diproduksi di Britania, meningkat dari 1 unit ke 8 unit mobil dalam tiga tahun terakhir. Sementara itu, model mobil yang dirakit di India mencapai 31.535 unit mobil baru yang diregistrasi di Inggris—sebuah peningkatan lebih dari 12,6 persen pada tahun 2015.

Baca juga :   Buruan Uji Coba, Mumpung Gratis 60 Hari

Asia merupakan pasar ekspor ke-3 terbesar untuk mobil buatan Inggris, setelah Eropa dan Amerika Serikat dengan penjualan sebesar 13,4 persen. Pertumbuhan ekonomi di Asia telah memicu peningkatan permintaan untuk kendaraan mewah berkualitas tinggi buatan Inggeris.

Kunci kesuksesan sektor otomotif di Inggeris mempertemukan permintaan dengan sebuah ‘peralihan ke premium’. Sepuluh model mobil baru mulai diproduksi di Inggeris tahun 2016, sebanyak 9 unit di antaranya bermerek premium, membuat Inggeris menjadi penghasil mobil premium terbesar kedua di Eropa, setelah Jerman dan produsen mobil terbesar ketiga Uni Eropa.

Menurut Tamzen Isacsson, SMMT Director of Communications and International, “Pertumbuhan kesejahteraan di Asia pada tahun-tahun belakangan ini tampak terlihat mengikuti gelombang permintaan untuk mobil premium, walau menghadapi kebijakan pajak impor tinggi di beberapa negara di Asia.”

Tamzen  menambahkan bahwa  pasar mobil di India memahami kualitas mobil merek Inggeris, dan merupakan kekuatan pekerja yang memiliki kemampuan tinggi dan keunggulan teknik pada  mesin mobil. Inggeris memiliki warisan yang kaya dalam memproduksi kendaraan premium yang kompetitif dan berkualitas tinggi secara global.

India dan Iggeris memiliki sejarah panjang dalam kolaborasi di sektor otomotif. Kedua pihak sangat penting mempertahankan hubungan perdagangan yang menguntungkan secara mutual pada masa depan, tandas Tamzen.

Kenapa India membanggakan mobil mewah buatan Inggeris? Apa keistimewaan teknologi mobil Land Rover dan Jaguar? Bagaimana pasarnya di Indonesia? Harganya? (Bahan diolah dari press release SMMT dan sumber lain)

Advertisement

Tulis Opini Anda