EKSPANSI BISNIS

Hulu-Hilir Industri Gunakan Rockwell Automation

0
152
Motor kontrol Cerdas merupakan arsitektur dengan teknologi kontrol canggih dan mampu berkomunikasi yang memungkinkan perusahaan (industri): meningkatkan waktu ke pasar, mengaktifkan strategi manajemen energi, dan melindungi personil dan aset. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Motor kontrol cerdas merupakan arsitektur dengan teknologi kontrol yang canggih dan mampu berkomunikasi—sesuai kualitas dan standar Allen-Bradley® sehingga industri yang Anda kelola mampu meningkatkan kinerja (produksi) dan lebih efisiensi.

Motor kontrol Cerdas merupakan arsitektur dengan teknologi kontrol canggih dan mampu berkomunikasi yang memungkinkan perusahaan (industri): meningkatkan waktu ke pasar,  mengaktifkan strategi manajemen energi, dan melindungi personil dan aset. (Foto: Rayendra L. Toruan)
Motor kontrol Cerdas merupakan arsitektur dengan teknologi kontrol canggih dan mampu berkomunikasi yang memungkinkan perusahaan (industri): meningkatkan waktu ke pasar, mengaktifkan strategi manajemen energi, dan melindungi personil dan aset. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Rockwell Automation kembali menggelar even tahunannya yang diberi nama Rockwell Automation on the Move (RAOTM) di The Ritz-Carlton hotel, Mega Kuningan, Jakarta pada 20 Mei 2014—merupakan acara ke-4  kali dan direncanakan dilakukan tiap tahun.

Pada acara itu, ditonjolkan tentang solusi-solusi yang cerdas inovatif, aman, dan kuat bagi industri yang menggunakan/mengimplementasikan produk buatan Rockwell Automation, Inc yang bermarkas di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat itu.

Advertisement

Rockwell Automation menawarkan suatu pendidikan yang memadai dan kesempatan bagi terbentuknya kerja sama, terutama seperti pada demo-demo yang berhubungan dengan proses-proses penyelesaian produk dan teknologi-teknologi pengendalian yang andal. Para peserta seminar yang jumlahnya sekitar 1000 orang—berasal dari berbagai perusahaan industri di Indonesia—mendapatkan dan  menemukan cara-cara yang bisa mereka terapkan untuk mengembangkan produktivitas dan profitabiltas usaha mereka, mengoptimalisasikan kinerja pabrik dan manajemen rantai suplainya, serta menjalankan pengoperasian industri yang lebih bersih, aman, menjamin keselamatan, dan lebih hemat energi.

Para pengunjung berkesempatan mengetahui solusi-solusi  termutakhir terkait dengan urusan daya, pengendalian, proses produksi, dan produksi yang mapan, melalui pameran yang juga digelar dengan melibatkan para pakar dan staf karyawan dari Rockwell Automation dan para mitra strategis di Indonesia—termasuk distribotor Rockwell Automation, PT Transavia Otomasi Pratama.

Para pengunjung juga berpartisipasi proaktif  pada beberapa  pelatihan teknik yang juga melibatkan adanya presentasi terkait dengan isu-isu yang berhubungan dengan pengoperasian dan pengembangan industri, berdasarkan pengalaman Rockwell Automation di dalam menciptakan produk-produk dan teknologi yang mereka gunakan—termasuk kerja sama dengan para pakar di bidang industri, aplikasi, dan teknologi.

Produk baru yang diluncurkan oleh Rockweel Automation di  The Ritz-Carlton hotel. (Foto: Rayendra L. Toruan)
Produk baru yang diluncurkan oleh Rockweel Automation di The Ritz-Carlton hotel. (Foto: Rayendra L. Toruan)

“Melalui vent RAOTM yang kami gelar ini, diharapkan para pekerja, mitra dan pelanggan i Rockwell Automation bisa secara unik berkumpul bersama di suatu tempat, di mana para pemimpin dari setiap sektor industri yang terlibat bisa menyaksikan bagaimana kita di sini bersama-sama saling membantu di dalam menghadapi berbagai tantangan yang terkait dengan perkembangan otomasi industri, melalui teknologi-teknologi leverasi (leveraging technology) dan wawasan-wawasan industri (industry insights) yang diharapkan akan dapat membantu para pelanggan untuk bertumbuh dan berkembang,” kata Bob Buttermore, Regional Director, Southeast Asia, Rockwell Automation.

Perusahaan Otomasi Terbesar

Manajemen Rockwell Automation, Inc. (NYSE: ROK) menjelaskan bahwa  perusahaan itu merupakan salah satu terbesar untuk kategori otomasi dan informasi industri. Perusahaan ini menyediakan layanan agar para pelangggan (klien)  dapat meningkatkan  produktivitas  sehingga sektor  industri pun dapat memastikan pertumbuhan  yang tetap dan signifikan. Cabang Rockwell Automation  berlokasi di lebih dari 80 negara yang didukung oleh  22.000 orang tenaga kerja.

Di Indonesia, Rockwell Automation memulai bisnisnya sejak tahun 1994. Ketika terjadi krisis moneter pada tahun 1997, Rockwell Automation Indonesia juga dituntut untuk tetap beroperasi meskipun di tengah berbagai hambatan dan tantangan yang dipengaruhi oleh krisis tersebut. Setelah berhasil survive di tengah krisis, Rockwell Automation Indonesia pun terus bertumbuh dan mampu membuktikan sebagai salah satu pemain utama di sektor otomasi industri di Indonesia.

(Kiri-kanan) Tom O'Reilly President Asia Pacific Rockwell Automation, Robert Buttermore Regional Director, Southeast Asia, John Watts Marketing Director, Asia Pacific, Danny Setiawan Country Manager Rockwell Automation, Indonesia, dan Hani Dian Indrati General Manager PT Transavia Otomasi Pratama (Foto: Rayendra L. Toruan)
(Kiri-kanan) Tom O’Reilly President Asia Pacific Rockwell Automation, Robert Buttermore Regional Director, Southeast Asia, John Watts Marketing Director, Asia Pacific, Danny Setiawan Country Manager Rockwell Automation, Indonesia, dan Hani Dian Indrati General Manager PT Transavia Otomasi Pratama (Foto: Rayendra L. Toruan)

“Salah satu sektor industri pengguna Rockwell Automation adalah yang terutama dari sektor minyak bumi dan gas (migas), di samping juga dari beberapa sektor lain seperti industri consumer goods dan barang-barang kebutuhan rumah tangga,” kata Danny Setiawan, Country Manager Rockwell Automation Indonesia.

Danny merupakan orang yang bertanggung jawab di dalam mengembangkan dan mendorong strategi dalam hal kinerja dan pertumbuhan  Rockwell Automation di Indonesia. Dia memimpin tim Rockwell Automation di Indonesia untuk melayani kebutuhan para pelanggan dan mitra kerja dari kantor cabang yang ada di Indonesia, memberikan masukan tentang peluang-peluang bisnis yang baru untuk bisa dikembangkan di Indonesia, dan juga melanjutkan usaha-usaha perusahaan yang berkaitan dengan percepatan pertumbuhan dari mitra yang khusus menangani tentang pemasaran produk-produk Rockwell Automation. Danny Setiawan memiliki latar belakang keterampilan dan pengalaman yang luas di dalam bidang otomatisasi industri, kelistrikan, serta hardware dan software untuk industri.

Baca juga :   Robot Mampu Menyelesaikan Pekerjaan Rumit

PT Transavia Otomasi Pratama merupakan agen distributor tunggal (sole agent) yang menyiapkan dan mensuplai berbagai kebutuhan klien—terkait  dengan otomasi—dengan cakupan wilayah Indonesia. Seluruh instalasi dapat dipasang sesuai dengan permintaan kliennya, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri dan juga anggaran perusahaan yang menjadi kliennya tersebut.

Smarter Device

“Dengan dirancangnya seluruh perangkat yang dibutuhkan oleh industri secara built-in di dalam satu kesatuan sistem, maka produk Rockwell Automation yang digunakan di dalam industri pun selanjutnya akan bisa berkembang sebagai smarter device,” kata Danny. Oleh karena itu,  bersama-sama Rockwell Automation, terdapat mitra-mitra strategis (encompass partnership) yang selanjutnya dirancang menjadi satu kesatuan perangkat otomasi yang dibutuhkan oleh industri. Salah satu aliansi strategis ini, misalnya saja, seperti Cisco, yang sampai saat ini telah diakui di seluruh dunia untuk urusan networking. Dengan pengembangan yang seperti itu, termasuk juga dengan pelibatan para mitra strategisnya, Rockwell Automation menyebut produknya sebagai Integrated Architecture yang sangat bisa diandalkan bagi mitra industri.

Danny Setiawan, Rockwell Automation Country Manager, Indonesia. (Foto: Dwin Gideon)
Danny Setiawan, Rockwell Automation Country Manager, Indonesia. (Foto: Dwin Gideon)

Rockwell Automation mempunyai program bernama PartnerNetworkTM yang mengkolaborasikan mitra-mitra strategisnya di dalam mengantisipasi tren-tren yang berkembang di dalam dunia industri, dengan mengkonsultasikan standar-standar dan kebutuhan-kebutuhan yang ada, sehingga dapat memberikan solusi interaktif bagi kepemimpinan di dalam teknologi otomasi dan solusi-solusi yang juga dibutuhkan di dalam menjawab tantangan yang terkait dengan otomasi manufaktur dan kinerja mesin. Sistem yang terintegrasi di antara mitra-mitra aliansi strategisnya (encompass partnership) menghasilkan produk dan layanan yang dirancang untuk bekerja dengan Rockwell Automation, yang menjamin bahwa para pelanggannya mendapatkan nilai yang terbaik bagi investasi otomasi mereka. Sistem yang terintegrasi semacam inilah yang kemudian berkembang dengan luas di dalam pengalamannya berkaitan dengan sektor-sektor industri seperti Migas, Consumer Packaged Goods, Semen dan Pertambangan, serta Otomotif dan Ban.

Sebagai jaminan kualitas, Rockwell Automation selalu mencantumkan logo A-B di dalam produk-produknya. A-B adalah logo untuk Allen-Bradley, yang telah digunakan sebagai standar bagi kualitas untuk otomasi industri sejak 111 tahun yang lalu.

Pada kesempatan itu, diluncurkan produk yakni motor kontrol yang cerdas,
merupakan arsitektur dengan teknologi kontrol canggih dan mampu berkomunikasi sesuai kualitas dan standar Allen-Bradley®—perangkat   kontrol motor yang membantu para pelaku industri untuk meningkatkan kinerja sistem dan mendapatkan efisiensi operasional mesin/alat industri.Dengan kemampuan untuk dengan cepat mengumpulkan , mengatur dan menganalisis informasi pada saat suatu industri yang sedfang dioperasikan. Selain itu, Rockweel Automation memperkenalkan produk First Reuter, seri PowerFlex 520, dan sebagainya.

Menurut salah satu orang PT Transavia Otomasi Pratama, hampir seluruh sektor industri—mulai dari hulu hingga hilir di Indonesia, menggunakan produk (software) buatan Rockwell Automation yang juga mempunyai pabrik untuk memrodukasi perangkat keras (harware) yang berlokasi di Singapura

(Catatan: Redaksi mmINDUSTRI dan manajemen Rockwell Automation merencanakan menurunkan tulisan-tulisan dengan topik otomasi yang dapat diimplementasikan pada sektor tambang (minyak dan gas), energi, industri pupuk, makanan, otomotif, dan sebagainya.  Pertemuan redaksi mmINDUSTRI dengan manajemen Rockwell Automation dikelola oleh Citra Prasetyo dan Cindy Payne dari Asia-Pasific Connection Pte Ltd. Silakan tunggu).

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda