EKSPANSI CARGILL INDONESIA

Hindoli Bangun Pabrik Baru CPO

45
876

PT Cargill Indonesia melalui anak usaha PT Hindoli menyiapkan sedikitnya US$40 juta untuk membiayai pembangunan pabrik baru pengolahan kelapa sawit (CPO) di Sumatera Selatan dan ditargetkan mulai beroperasi pada Juni 2015.  

130326-03a

Pembangunan pabrik baru yang berlokasi di kawasan Mukut,  Musi Banyuasin (Muba) tersebut diharapkan bisa dirintis secepatnya sebagai bagian dari ekspansi bisnis kelapa sawit milik PT Hindoli di Sumatra Selatan.

Advertisement

“Jika semua perizinan terkait bisa cepat keluar,  kami pun segera bangun secepatnya sehingga (pada) Juni 2015 sudah bisa berproduksi,” tutur Presiden Direktur PT Cargill Indonesia Anthony Yeow.

Rencana pembangunan pabrik CPO yang ketiga tersebut,  lanjut Anthony,  merupakan rangkaian ekspansi perkebunan kelapa sawit PT Hindoli ke Mukut,  Muba  dengan total lahan seluas 16.000 hektare.   Termasuk di antaranya 2.400 ha lahan milik petani plasma,  dan 5.600 ha lahan cadangan serta area konservasi.

Sejauh ini,  Anthony menambahkan,  sudah lebih dari 9.500 ha lahan pengembangan tersebut yang digarap.   Rinciannya,  sekitar 8.686 ha lahan sudah ditanami kelapa sawit,  seluas 500 ha untuk kepentingan konservasi dan sisanya area permukiman karyawan,  serta lokasi pabrik baru.

Selama ini PT Hindoli yang berbasis di Sungai Lilin mengoperasikan dua unit pabrik pengolahan CPO masing-masing berkapasitas 100 ton dan 60 ton per jam.   Kedua pabrik tersebut mengolah hasil kelapa sawit dari 9.555 ha kebun inti dan 17.600 ha kebun plasma.

“Saat ini PT Hindoli mampu menghasilkan CPO hingga 150.000 ton per tahun yang seluruhnya sudah berstandar RSPO dan ISPO,” jelas Anthony.   Seluruh produksi dipasarkan di dalam negeri.  “Ya.. hanya setahun sekali ekspor sekitar 4.000 ton,” tutur Anthony Yeow .

Cargill menerima penghargaan mitra usaha perkebunan terbaik dari pemerintah Sumatera Selatan

ICargill hari ini mengumumkan bahwa PT Hindoli, perkebunan kelapa sawit milik Cargill di Sumatera Selatan dianugerahi penghargaan the  Best Plantation Business Partner of the Year/Mitra Usaha Perkebunan Terbaik oleh pemerintah Sumatera Selatan dalam sebuah acara memperingati Hari Perkebunan ke-55 tanggal 4 Desember di Palembang Sumatera Selatan.

Kegiatan usaha Cargil  yang terus berkembang di Indonesia meliputi pengadaan dan pembelian, pemrosesan, pengawasan, pengapalan dan pemasaran beraneka ragam produk pertanian, pangan, energi dan jasa lain yang terkait dengan produk-produk tersebut. (Sumber foto: http://www.cargill.co.id/wcm/groups/public/)
Kegiatan usaha Cargil yang terus berkembang di Indonesia meliputi pengadaan dan pembelian, pemrosesan, pengawasan, pengapalan dan pemasaran beraneka ragam produk pertanian, pangan, energi dan jasa lain yang terkait dengan produk-produk tersebut. (Sumber foto: http://www.cargill.co.id/wcm/groups/public/)

Penghargaan ini mengakui kesuksesan program kemitraan PT Hindoli dengan petani smallholder yang telah berdampak pada peningkatan signifikan dalam standar hidup para petani serta pembentukan koperasi petani yang efektif untuk keberlangsungan ekonomi jangka panjang.

Penghargaan Mitra Usaha Perkebunan Terbaik tersebut diserahkan setelah penilaian yang dilakukan terhadap pencapaian PT Hindoli dalam tiga area – kesejahteraan ekonomi petani smallholder yang mencakup perumahan, aset dan pendidikan untuk anak-anak mereka; pendapatan rata-rata tahunan; serta sertifikat dan penghargaan yang telah mereka terima.

Melalui program smallholder PT Hindoli, petani berangkat dari bertani untuk memenuhi kebutuhan hidup menjadi  petani yang memiliki usaha pertanian yang berkelanjutan dan sehat, yang bisa diturunkan dari generasi ke generasi. PT Hindoli bekerja langsung dengan ribuan petani untuk membantu mereka meningkatkan hasil panen, menambah penghasilan dan meningkatkan standar-standar hidup. Investasi-investasi yang dilakukan perusahaan menambah produksi pertanian, mengembangkan sarana dan prasarana serta mendukung pendidikan, layanan kesehatan dan kebutuhan ekonomi dan sosial masyarakat lainnya.

Baca juga :   Kuala Tanjung Port Construction to Kick off in 2014

Kemitraan sukses antara PT Hindoli dengan smallholder memerlukan visi untuk masa depan, komitmen dan pandangan jangka panjang. Kami bangga kemitraan dengan petani smallholder kami diakui oleh pemerintah Sumatera Selatan. Kami meyakini berinteraksi dengan petani kami dengan rasa hormat, saat bersama-sama membangun bisnis, dan kami akan terus mengembangkan dan menjaga kemitraan dengan petani smallholder kami dan membantu meningkatkan kehidupan komunitas sejauh yang kami bisa,” kata Anthony Yeow, Presiden Direktur PT Hindoli.

Penghargaan Mitra Usaha Perkebunan Terbaik diterima setelah perusahaan menerima beberapa penghargaan untuk perkebunan. Petani smallholder PT Hindoli baru saja menjadi salah satu smallholder pertama yang menerima sertifikat untuk penyediaan kelapa sawit berkelanjutan untuk pemakaian bahan bakar hayati, menurut standar-standar International Sustainability and Carbon Certification (ISCC) di Uni Eropa (EU). Perkebunan ini juga baru saja dianugerahi Platinum MUBA CSR Award untuk keunggulan dalan sektor Agribisnis dan Pertanian oleh Kabupaten Musi Banyuasin di Sumatera Selatan.

(Sumber foto: http://www.cargill.co.id/wcm/groups/public/)
(Sumber foto: http://www.cargill.co.id/wcm/groups/public/)

Tahun 2010 petani smallholder yang sama dari PT Hindoli juga ambil bagian dalam skema smallholder pertama di dunia yang disertifikasi di bawah prinsip dan kriteria smallholder RSPO untuk keberlanjutan. Melalui kontrak formal, PT Hindoli – yang juga memiliki sertifikat RSPO – membagikan premium dari kelapa sawit lestari bersertifikat yang diproduksi oleh smallholder. Bulan Juni 2011, smallholder ini menerima premium pertama dari penjualan kelapa sawit lestari bersertifikat RSPO yang mereka produksi. Premium dari penjualan kelapa sawit lestari telah membantu meningkatkan kondisi penghidupan petani smallholder dan keluarga mereka secara signifikan.

PT Hindoli terdiri dari 8.800 petani smallholder yang diorganisir dalam 17 koperasi dan menggarap 17.500 hektar lahan pertanian kelapa sawit. Skema plasma PT Hindoli berawal dari program transmigrasi pemerintah Indonesia tahun 1980an yang memindahkan penduduk Indonesia dari wilayah-wilayah padat di Jawa ke perkebunan-perkebunan di Sumatera dan Kalimantan. Mereka kemudian diberikan pelatihan dan dikembangkan untuk menjadi petani smallholder. (Diolah dari tender-indonesia.com dan http://www.cargill.co.id/id/)

 

Incoming search terms:

Advertisement

45 KOMENTAR

  1. Dengan hormat,
    Saya girwantoro mau tanya info tentang
    lowongan kerja di PT.Hindoli…

    Pendidikan
    Diploma III Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang Tahun 2006
    Strata 1 (satu) Ekonomi Manajemen tahun 2013

    Keterampilan :
    Menguasai Ms. Office
    Desain grafis :
    1. CorelDraw
    2. Photoshop

    pengalaman kerja
    1. CV. Firman Bersaudara (mining coal company)
    jabatan pekerjaan :
    1. Ass. Surveyor
    2. Surveyor

    Deskripsi Pekerjaan :
    1. Melakukan pengukuran lahan tambang
    2. melakukan perhitungan progress produksi dan bertanggung jawab terhadap hasil perhitungan
    3. Melakukan pengawasan terhadap operasi tambang
    4. Membuat planing kerja survey

    Mohon infonya ke :
    CP : 081367021849 a/n Girwantoro Putra

    • Langsung kontak ya:

      Lowongan Kerja PT. Hindoli Sawit Lestari
      PT HINDOLI SAWIT LESTARI adalah perusahaan perkebunan kelapa sawit dengan luas lahan lebih dari 466.706 hektar yang terdiri dari kebun inti dan plasma (plasma perkebunan) berlokasi di Kalimantan Timur,Kalimantan Selatan,Papua,Jambi,Riau,Medan dan Palembang.
      Untuk itu Lowongan pekerjaan yang dibuka oleh PT Hindoli Sawit Lestari terdiri dari beberapa posisi yang berbeda yaitu sebagai berikut:
      Posisi yang dibutuhkan:
      1. Asisten kebun (Akb)
      2. Asisten Pabrik (Apr)
      3. Asisten Administrasi (Adm)
      4. Kepala Mekanik (Km)
      5. Kepala Afdeling (Kaf)
      6. Mekanik Mesin Solar (Ms)
      7. Mandor Lapangan (Ml)
      8. Mandor I Tanaman
      9. Staff Accounting (Sa)
      10. Staff Administrasi (Sa)
      Kualifikasi:
      1. Kandidat harus memiliki setidaknya Ijazah SMU/ SMK/ STM, D3, S1 bidang apapun.
      2. Memiliki dorongan, semangat kerja, mampu menjalin hubungan yang baik dan membina kerjasama.
      3. Bersedia ditempatkan di lokasi perkebunan kelapa sawit di Kalimantan timur, Kalimantan selatan, Palembang dan papua.
      Persyaratan:
      1. FC Ijazah Terakhir
      2. FC KTP
      3. FC SKCK (bila ada)
      4. Surat Keterangan Sehat (bila ada)
      5. Pas foto ukuran 4×6 atau 3×4
      6. Daftar riwayat hidup/ CV
      7. Surat lamaran pekerjaan
      Cara melamar:
      • Silahkan bagi kalian yang berminat dan tertarik dengan pekerjaan ini serta memenuhi persyaratan yang ditetapkan dapat mengirim CV,No HP dan Surat lamaran kerjanya Kirim ke email perusahaan yaitu: [email protected]

  2. Dengan hormat,
    Saya umar hariadi usia31 tahun ingin info lowongan kerja Pt.hindoli

    Pendidikan
    D3 ketatalaksanaan pelabuha niaga dan pelayaran negeri sekayu sumsel

    Keterampilan
    Microsoft word
    Workshop

    Pengalaman
    Pt.sungai merah mill lampung…sebagai kepala proses
    Pt.hakuan segara lines sebagai staff operasional
    Pt.tri eleng sebagai staff operasional
    Cv.setia utama sebagai kepala gudang

    Deskripsi pekerjaan
    *clearing kapal
    *mengurus peragenan ekspor impor barang dipelabuhan
    *Ngelas listrik maupun mesin ngelas kapal maupun alat berat
    Mohon infonya ke no 085366017328 terima kasih

    • Maaf baru balas. Silakan langsung kontak ke perusahaan Hindoli itu pak. Sebaiknya daftarkan alamat emakil nda pada NEWSLETTER untuk mendapatkan berita teknologi dan industri secara gratisn dari mmindustri.co.id
      Salam

  3. Klu ada lowongan bidang electrical
    Mengusai instalasi listrik .
    Jaringan SUTM & SUTR
    TRAFO DISTRIBUSI
    PANEL HUBUNG BAGI

    pengalaman :
    Kerja di PT. DWIPA CONNECTRA
    SUBCONTRAC PT. MEDCO ENERGI
    KOPKAR PT. PLN RAYON PANGKALAN BALAI .

    CONTAC : 0811787825 SUGENG

  4. Sebaiknya tulis beritanya dan kirimkan gambarnya, nanti kita pertimbangkan pemuatannya di KARIER mmindustri.co.id
    Silakan lihatdan baca info Upcoming events dimmindustri.co.id
    Tahun 2017 ini, media ini akan menyelenggarakan INDONENESIA/ASEAN ONLINE EXPO,tunggu ya

  5. Dengan Hormat,
    Pak saya mau tanya, apakah PT Hindoli sudah ada pembagian hasil panen melalui Koperasi di Desa Penunguan, Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Negara INDONESIA, saya & Keluarga ada mengikuti program plasma dan mendaftar di tahun 2006 sampai sekarang tahun 2017 ini belum juga ada pembagian hasil panen, atas jawabanya saya ucapkan terima kasih.

    • Silakan langsung kontak ke perusahaan Hindoli itu pak Zulkifli. Sebaiknya daftarkan alamat emakil nda pada NEWSLETTER untuk mendapatkan berita teknologi dan industri secara gratisn dari mmindustri.co.id
      Salam

  6. Mohon diperhatikan ya, ini surat elektronik yang dikirimkan ke redaksimmindustri.co.id

    [email protected]
    36.76.69.151
    Dengan Hormat,
    Pak saya mau tanya, apakah PT Hindoli sudah ada pembagian hasil panen melalui Koperasi di Desa Penunguan, Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Negara INDONESIA, saya & Keluarga ada mengikuti program plasma dan mendaftar di tahun 2006 sampai sekarang tahun 2017 ini belum juga ada pembagian hasil panen, atas jawabanya saya ucapkan terima kasih.

    • Silakan langsung kontak ke perusahaan Hindoli itu pak I Ketut. Sebaiknya daftarkan alamat emakil nda pada NEWSLETTER untuk mendapatkan berita teknologi dan industri secara gratisn dari mmindustri.co.id
      Salam

      • Dear lae Putra, terima kasih email, jangan lupa daftarkan email bapak di NEWALETTER mmindustri.co.id untuk dapat berita yang selalu up date secara gratis. Mohon share web ini ke rekan/jeriang lewat fb, twittier, linkednl, bahwakan WA dan LINE. Ada juga info loker di Karir mmindustri.co.id. Salam redaksi

  7. Selamat siang mbak. Mau tanya ada lowongan kerja di PT. Hindoli Cargil di Wilayah Sungai Lilin Bidang Workshop (Mekanik/Kepala Bengkel/Supervisor) Saya lulusan S1 dari UNP Padang Jurusan Teknik Otomotif. Saya memiliki kemampuan di bidang Otomotif Kendaraan RIngan maupun Alat Berat. Saya tanya sama kakak saya katanya disuruh ke HRD Mill Sungai Lilin. Mohon Bantuannya mbak. Terimakasih banyak sebelumnya

    • Pak Ahmad,
      Silakan langsung kontak ke perusahaan Hindoli itu ya pak. Untuk tetap mendapatkan berita terbaru, sebaiknya daftarkan alamat email Anda pada NEWSLETTER secara gratisn dari mmindustri.co.id
      Sukses selalu ya
      Salam

          • Dear mbak Sri, terima kasih email silakan kontak langsung ya. Jangan lupa daftarkan email bapak di NEWALETTER mmindustri.co.id untuk dapat berita yang selalu up date secara gratis. Mohon share web ini ke rekan/jeriang lewat fb, twittier, linkednl, bahwakan WA dan LINE. Kita juga ada info loker di Karir mmindustri.co.id Salam redkasi

  8. Ass..pak..apakah masih ada lowongan exsavator ya,,kalau masih ada mintak info nya,saya mau datang ke pt hindoli mukut,,mau lamar disitu ..saya tinggal di banyuasin,, kalau ada hub saya ya pak 085272503183::trimaksih atas sgla perhatian nya..
    Salamm

    • Silakan tanya langsung ya. Daftarkan email bapak di NEWALETTER mmindustri.co.id untuk dapat berita yang selalu up date secara gratis. Mohon share web ini ke rekan/jeriang lewat fb, twittier, linkednl, bahwakan WA dan LINE, ada info di Karir web kita ya. Salam redaksi

Tulis Opini Anda