REVIEW

Habibie Rekrut 1000 Insinyur untuk Membuat Pesawat R80

0
88
Perusahaan Listrik Negara sudah menyiapkan alat pengisi listrik ke sepeda motor dan kendaraan roda empat yang menggunakan listrik sebagai energi. (Foto: Rayendra L. Toruan)  

Artikel pekan ini

Ingin nama Anda ditulis di bodi prototipe pesawat R80? Silakan sumbang (minimal) US$7,42 sekitar Rp100.000. Tahun 2025, R80 pesawat rancangan B.J. Habibie  mulai dijual. Apa manfaat digital asset untuk sektor industri? Jika digitalisasi diterapkan di sektor pendidikan, apakah gedung sekolah masih perlu?

Perusahaan Listrik Negara sudah menyiapkan alat pengisi listrik ke sepeda motor dan kendaraan roda empat yang menggunakan listrik sebagai energi. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Presiden ke-3 B.J. Habibie sedang membuat prototipe pesawat R80 hasil rancangannya. Pak JB panggilan akrab B.J. Habibie memberikan kesempatan seluas-luasnya agar masyarakat ikut membiayai pembuatan prototipe pesawat R80. Bagi penyumbang minimal Rp100.000 (7,42 dolar Amerika Serikat), nama donatur akan ditulis pada bodi pesawat prototipe.

Dalam tiga minggu sudah terkumpul (sumbangan) sebesar Rp499.264.387 dari 1.704 donatur. Namun, pembuatan pesawat R80 butuh biaya puluhan miliar rupiah. Setelah prototipe mendapat sertifikat, produksi massal akan dilakukan pada tahun 2020. Beberapa operator (maskapai penerbangan) sudah memesan 155 unit pesawat R80 yang mulai dipasarkan pada tahun 2025.

Advertisement

Sementara para pelaku tambang, oil dan gas, energi, dan infrastrutur harus lebih efisien agar mampu berdayang saing di pasar dunia. Sebuah perusahaan dari Malaysia menawarkan perangkat digital asset bernama AVEVA E3D. Perusaaan tambang nikel di Sulawesi dan Pulau Bangka Belitung sebaiknya menggunakan AVEVA E3D.

Apakah disruptive innovation merupakan ancaman bagi para pekerja? Jika kita tidak mampu beradaptasi pada era digital maka kita akan “kehilangan” pekerjaan. Dunia pendidikan pun sudah dimasuki sistem digital yang memudahkan proses belajar dan mengajar. Apakah gedung-gedung sekolah masih diperlukan?

Baca juga :   AVEVA Bantu Tingkatkan Kinerja Sektor Industri dengan Digital Asset

Ban (roda) truk raksasa yakni dump truck berdiameter lebih dua meter. Truk raksasa itu mudah dikendalikan dengan kamera EasyFit buatan perusahaan Bosch Rexroth Indonesia—juga pembuat aki yang disebut T5 Mega Power Duty.

Selamat kepada dosen-dosen di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Artikel ilmiah yang ditulis oleh sejumlah dosen diterbitkan oleh jurnal internasional.

Jika punya sepeda  motor atau mobil listrik, jangan kuatir cara mengisinya. Perusahaan Listrik Negara sudah membangun tempat mengisi listrik.

Ikutlah mencerdaskan dan menginspirasi kerabat sendiri dengan membagi informasi yang bermanfaat dari media ini. Terima kasih, Anda melakukannya sekarang. Pilih cara Anda untuk berbagi. Tinggal klik. Salam sukses untuk Anda.

 

Advertisement

Tulis Opini Anda