Gunakan Tali Sekuat Singa

0
12

Lembaga riset pasar global Frost and Sullivan memprediksi industri transportasi dan logistik di Indonesia naik 15,4 persen pada 2015-2020. Data itu cukup menggiurkan bagi pihak asing termasuk bagi Katharina Bulla dari Linder GmbH .

Lembaga riset pasar global Frost and Sullivan memprediksi industri transportasi dan logistik di Indonesia naik 15,4 persen pada 2015-2020. Data itu cukup menggiurkan bagi pihak asing termasuk bagi Katharina Bulla dari Linder GmbH .
Lembaga riset pasar global Frost and Sullivan memprediksi industri transportasi dan logistik di Indonesia naik 15,4 persen pada 2015-2020. Data itu cukup menggiurkan bagi pihak asing termasuk bagi Katharina Bulla dari Linder GmbH .

Meski baru pertama mengikuti pameran di Jakarta, Katharina Bulla dari perusahaam Linde GmbH (Jerman), sependapat dengan prediksi Lembaga riset Transportation & Logistic Practice Frost and Sullivan bahwa pertumbuhan industri transportasi dan logistik Indonesiadapat mencapai 15,4 persen atau senilai Rp4.396 triliun pada tahun 2020. Untuk tahun 2015 saja, nilai bisnis transportasi dan logistik sekitar Rp2.152 triliun.

Wanita yang baru menikah dan ingin berbulan madu di Bali itu, mengatakan, sebagai negara kepulauan, Indonesia menjadi leading di bisnis logistik dan transportasi di kawasan ASEAN. Selain berpenduduk lebih 230 juta, ujar Katharina, Indonesia membutuhkan kemasan yang kuat—dikirimkan antarpulau dan tujuan ekspor—sehingga produk yang dikemas terjamin kualitasnya. Tali pengikatnya harus kuat agar paket—baik dalam kontainer, boks, dan palet—cukup kuat saat pengiriman(distribusi).

Advertisement

Katharina mendengarkan bahwa Indonesia sedang giat membangun infrastruktur—baik di darat dan laut/pelabuhan—yang tentu saja membutunkan dukungan logistik yang baik dan berkualitas. Salah satu pendukung logistik yang baik adalah tali pengikat yang berkualitas.

Oleh karena itu, Katharina diutus oleh perusahaan Linder GmbH untuk menjajaki bisnis di Indonesia melalui pameran Indoplas-Indopack-Indoprint yang dikelola Messe Duseldorf Asia bersama partner lokalnya PT Wahana Kemalaniaga Makmur (Wakeni). Katharina mengekspose tiga jenis kategori tali pengikat antara lain, PP strapping, PET strapping, Composite strap.Waven strapping, Steal strapping, Hot melt straooing, lashing, Baling wire, Stitching wire, Tools, Machines, Edge protection, dan lain-lain.

“Kami menawarkan beragam ukuran dan kekuatan,” imbuh Katharina dan menambahkan, sebagai strapping manufacturer, produk Linder tepat digunakan oleh sektor otomotif, makanan dan minuman, bisnis retail, dan ekspor. Bagaimana dengan harga? Bergantung pada jumlah dan jenis kebutuhan para pelaku industri, ujar Katharina Bulla.

Baca juga :   Teknologi Atasi Kesulitan

Honda Logistics

honda-logistik-2
Dengan kemasan pallet yang baik sepeda motor ini aman dalam kemasan yang berkualitas buatan Honda Logistics . (Foto: Rayendra L. Toruan)

Sementara itu, perusahaan Honda Logistics menyediakan beragam alat logistik meliputi plastic box, big chart, pallet sepeda motor, returnable case, dan nesting trolley.

Returnable case dapat digunakan berulang kali sehingga lebih efisien. Alat kemasan ini mudah dipasang sendiri dan tidak menggunakan baut—cukup dengan pengunci yang letaknya dari samping. Pada saat tidak digunakan, returnable case tidak membutuhkan space yang luas dan mempunyai integritas terhadap lingkungan.

Returnable case biasanya digunakan untuk pengiriman mobil, sepeda motor, televisi, dan produk lain yang kemudian dimasukkan dalam kontainer secara aman.

Sedangkan Steel box dengan slogan 1 way case, digunakan untuk pengiriman barang, yang terbuat dari lapisan baja dengan daya tahan tinggi sehingga barang dalam boks cukup terlindungi—baik dari debu, air hujan, dan pencurian. Boks ini dapat didaur-ulang menjadi produk ekonomis. Boks ini mudah dirakit tanpa menggunakan baut dan alat serta memiliki ketipisan 0,35 – 0,40 mm.

HondaLogistics juga memiliki produk lain seperti partisi yang tidak memerlukan bungkus tambahan,dan dapat ditumpuk sehingga ongkos kerja lebih efisien. Boks lain adalah boks alat angkut, boks lembaran, pradan box yang dapat dilipat/dirakit, dan res file yakni folder yang digunakan sebagai alat penyimpan dokumen dalam waktu yang lama.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda