EKSPANSI HONDA

Gunakan Kandungan Lokal 86 Persen

0
12
Menteri Perindustrian RI Mohamad S Hidayat menandatangani prasasti disaksikan Senior Vice President PT. Honda Prospect Motor Kusnadi Budiman, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Mr. Yoshinori Katori, dan Bupati Karawang H. Ade Swara pada Peresmian Pabrik Kedua PT Honda Prospect Motor dan Peluncuran Honda Mobilio di Karawang, (Sumber: http://img.antaranews.com/)

Fasilitas pabrik mobil Honda diresmikan belum lama ini. Fasilitas itu meliputi area welding, engine assembly, frame assembly, painting, dan fasilitas pendukung  yakni area material supply, stamping, plastic injection, plastic painting, dan vehicle quality.

Menteri Perindustrian RI Mohamad S Hidayat menandatangani prasasti disaksikan Senior Vice President PT. Honda Prospect Motor Kusnadi Budiman, Duta Besar Jepang untuk Indonesia  Mr. Yoshinori Katori, dan Bupati Karawang H. Ade Swara pada Peresmian Pabrik Kedua PT Honda Prospect Motor dan Peluncuran Honda Mobilio di Karawang, (Sumber: http://img.antaranews.com/)
Menteri Perindustrian RI Mohamad S Hidayat menandatangani prasasti disaksikan Senior Vice President PT. Honda Prospect Motor Kusnadi Budiman, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Mr. Yoshinori Katori, dan Bupati Karawang H. Ade Swara pada Peresmian Pabrik Kedua PT Honda Prospect Motor dan Peluncuran Honda Mobilio di Karawang, (Sumber: http://img.antaranews.com/)

Pabrik kedua milik PT Honda Prospect Motor (HPM) diresmikan belum lama ini di Karawang, Jawa Barat.  Peresmian itu dilakukan  Mohammad S. Hidayat Menteri Perindustrian  yang didampingi oleh Takanobu Ito  President & Chief Executive Officer Honda Motor Co., Ltd. (Jepang), Hiroshi Kobayashi  Managing Officer Honda Motor Co., Ltd., dan President and Director Asian Honda Motor Co., Ltd., Yoshiyuki Matsumoto Managing Officer & Representative of Development, Purchasing and Production (Asia & Oceania) Honda Motor Co., Ltd., dan Executive Vice President Asian Honda Motor Co., Ltd.,  Budi Darmadi Dirjen Industri Unggul Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Ade Swara Bupati Karawang, Tomoki Uchida President Director PT Honda Prospect Motor,  Kusnadi Budiman Senior Vice President PT Honda Prospect Motor, dan  Dewan Direksi PT Honda Prospect Motor.

Pembangunan pabrik baru PT HPM dimulai dengana cara Ground Breaking pada tanggal 4 Juni 2012. Pembangunan pabrik kedua PT HPM tepat berlokasi di samping pabrik pertama. Pembangunan pabrik kedua didukung investasi senilai 3,1 triliun rupiah.

Advertisement

Pabrik yang baru ini merupakan pabrik kedua dengan total luas bangunan 145.760 m2  yang digunakan sebagaiu fasilitas lini produksi utama meliputi area welding, engine assembly, frame assembly, dan painting. Kemudian fasilitas pendukung lini produksi tempat menangani material supply, stamping, plastic injection, plastic painting, dan vehicle quality. Tata ruang antara fasilitas lini produksi utama dan pendukung di pabrik kedua ini dirancang untuk menghasilkan proses pemasokan materi yang lebih cepat dan efisien dalam proses produksi.

Gambar mobil HONDA MOBILIO (Sumber foto: http://img.antaranews.com/)
Gambar mobil HONDA MOBILIO (Sumber foto: http://img.antaranews.com/)

Pabrik kedua PT HPM memiliki fasilitas produksi dengan efisiensi tinggi dan mengedepankan harmonisasi antara sistem otomatisasi dan proses pekerjaan. Di pabrik kedua ini diterapkan sistem ramah lingkungan dan ramah pekerja—tata ruang yang lapang dan terbuka. Area  kerja yang nyaman dan aman, pencahayaan langsung cahaya matahari, dan sistem pendinginan ruang yang efisien. Operasional pabrik HPM dilengkapi dengan berbagai teknologi standar pabrik Honda kelas dunia.

Kapasitas produksi pabrik kedua mencapai 120.000 unit yang sebelumnya 80.000 unit per tahun sehingga total produksi menjadi 200.000 unit per tahun.Pabrik kedua ini PT HPM akan digunakan untuk produksi model-model baru Honda, yang dimulai dengan Honda Mobilio. Dengan kandungan lokal hingga mencapai 86 persen, produksi Honda Mobilio di pabrik ini telah meningkatkan pemakaian parts dan supplier lokal yang digunakan untuk produksi Honda di Indonesia. Dengan  beroperasinya pabrik kedua ini,  HPM berhasil meningkatkan jumlah pemasok lokal dari sebelumnya 100 menjadi 145 perusahaan.

Pabrik kedua ini menyerap sebanyak 2.000 hingga 5.000 tenaga kerja baru. Sebelumnya, pabrik pertama HPM mempekerjakan sekitar 3.600 karyawan. Takanobu Ito, President & Chief Executive Officer, Honda Motor Co., Ltd. mengatakan, “Indonesia merupakan pasar yang penting untuk Honda dengan potensi yang besar untuk industri otomotif. Perluasan bisnis Honda di Indonesia ini merupakan perwujudan komitmen Honda untuk memenuhi permintaan pasar, dengan menghadirkan produk berkualitas tertinggi, dan  harga tetap layak untuk kepuasan konsumen di seluruh dunia.”

Ito menambahkan, pihaknya percaya perluasan bisnis Honda memberi kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia, sesuai dengan visi Honda untuk menjadi perusahaan yang keberadaannya selalu diinginkan oleh masyarakat sekitarnya.

Gambar lokasi pabrik PT Honda Prospect Motor di Kawasan Industri Mitrakarawang di desa Parungmulya, Karawang, Jawa Barat
Gambar lokasi pabrik PT Honda Prospect Motor di Kawasan Industri Mitrakarawang di desa Parungmulya, Karawang, Jawa Barat

Sementara itu, Tomoki Uchida, President Director HPM, menjelaskan bahwa dengan dimulainya proses produksi di pabrik baru Honda, hal itu  merupakan tonggak bersejarah bagi Honda di Indonesia yang akan meningkatkan aktivitas produksi dan penjualan Honda di Indonesia ke tingkat baru yang lebih tinggi.

“Dengan meningkatnya kapasitas produksi, serta didukung produksi model baru terutama Honda Mobilio, pembukaan pabrik ini merupakan langkah untuk mencapai target penjualan 300.000 unit di tahun 2016,” jelas Uchida.

Menurut situs inilah.com, Honda Mobilio disematkan mesin i-VTEC SOHC 1,5 liter, 16 valve, dan empat silinder. Mesin ini dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis CVT. Sejak awal, Honda Mobilio dirancang sebagai model yang tidak hanya memenuhi semua yang dibutuhkan dari sebuah LMPV, namun dapat membawa standar kualitas tinggi dan performa sporty yang menjadi ciri khas produk Honda.

Baca juga :   Membuat Otomotif Sejak Ratusan Tahun Silam

Sementara itu, Menteri Perindustrian Mohammad S Hidayat menyatakan peluncuran kendaraan bermotor Honda Mobilio  merupakan kepercayaan serta komitmen HPM untuk terus berinvestasi dan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi beberapa model kendaraan merek Honda di ASEAN, bahkan di dunia saat ini. Hidayat berharap, pembangunan pabrik ke-2 milik HPM dengan investasi Rp3,1 triliun itu akan memberikan kontribusi yang semakin besar bagi perekonomian Indonesia.

Beroperasinya pabrik kedua maka PT Honda Prospect Motor selain menambah investasinya di Indonesia, juga  menambah penyerapan tenaga kerja baru, meningkatkan jumlah dan kepemilikan pemasok  lokal dalam kegiatan produksi  serta meningkatkan aktivitas ekonomi dalam jalur distribusinya, demikian Hidayat.

Hidayat pun mengatakan, dengan dibangunnya pabrik ke-2 ini, diperkirakan akan menciptakan lapangan kerja sekitar 3.900 orang tenaga kerja langsung pada industri perakitan, 12.000 orang tenaga kerja pada tingkat industri pemasok, serta sekitar 6.200 orang tenaga kerja pada tingkat dealer atau distribusi. Hal itu dianggap akan memberikan kontribusi yang semakin besar terhadap perekonomian Indonesia.

Menurut Hidayat , industri kendaraan bermotor dalam negeri semakin berkembang dan terus mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Hal itu tercermin dari angka penjualan maupun produksi yang terus meningkat—di  mana penjualan kendaraan bermotor roda empat tahun 2012 mencapai 1,1 juta unit, dan tahun 2013 telah mampu menembus angka 1,2 juta unit. Angka penjualan ini diyakini akan terus meningkat seiring dengan peningkatan ekonomi Indonesia.

Hidayat mengatakan, kata kunci dalam memenangkan persaingan global industri otomotif dewasa ini adalah adanya upaya-upaya kreatif dan inovatif yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan, yang bisa dicapai melalui pengembangan sumber daya manusia  yang berkualitas, di samping penyediaan infrastruktur pendukungnya.

“Saya mengharapkan PT Honda Prospect Motor terus melakukan peningkatan kemampuan sumber daya manusia semaksimal mungkin, dengan melibatkan dalam kegiatan produksi, agar produk yang dihasilkan semakin dicintai oleh masyarakat dan mengakar di bumi Indonesia, sehingga pada akhirnya akan semakin berdaya saing di pasar lokal maupun global,” tegas Hidayat.

Pada  tahun 2014, Honda menargetkan penjualan sebesar 170.000 unit yang  80.000 unit berasal dari penjualan Honda Mobilio. Pada akhir tahun 2013, Honda berhasil memecahkan rekor penjualannya dengan total penjualan sebesar 91.493 unit di seluruh Indonesia. Artinya, penjualan Honda tahun 2013 bertumbuh 132 persen dibanding penjualan tahun 2012—merupakan  pertumbuhan tertinggi di antara seluruh industri otomotif di Indonesia. Pangsa pasar Honda tahun 2013 meningkat dibanding tahun sebelumnya, yaitu dari 6,2 persen menjadi 7,5 persen.  Hampir seluruh produk Honda mengalami peningkatan penjualan dibanding tahun 2012 dengan model seperti Jazz, CR-V, Civic dan CR-Z sebagai market leader sesuai data penjualan yang dihimpun oleh  GAIKINDO.

Sementara itu, pabrik pertama yang berlokasi di Kawasan Industri Mitrakarawang (KIM), Desa Parungmulya, Karawang, Jawa Barat berada di area seluas 512.500 m2, dan luas bangunan 80.324 m2. Pabrik ini mempunyai berbagai fasilitas pendukung seperti road test facility, rngine plant, dan car pool.

Pabrik pertama Honda memproduksi model-model seperti Honda Jazz, Honda CR-V, Honda Freed, dan Honda Brio. Hasil produksi  pabrik pertama HPM telah diekspor berbagai komponen mobil seperti engine parts: cylinder head, cylinder block, dan body partshood comp, panel RR inside, R/L inside, skin hood, frame hood. Juga produk Honda Freed yang diekspor ke  Thailand dan Malaysia sejak tahun 2009. (Bahan diolah dari bergagai sumber seperti ANTARANEWS, beritasatu.com, dan sebagainya)

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda