INOVASI INDONESIA

Godaan Bisnis Online Kian Menggiurkan

0
8
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Mari Elka Pangestu (ke-5 dari kiri) bersama para pahlawan Inovasi Indonesia yang diprakarsai oleh Ogilvy & Mather Indonesia dan Google Indonesia (Foto: Dwin Gideon).

Pengguna internet meningkat dari  63 juta (2012)  menjadi 89 juta (2013) dan akan mencapai 107 juta  pada 2014, kemudian melambung ke 139 juta orang tahun 2015. Bisnis lewat online kian marak dan pelakunya  adalah berbagai kalangan. Kita harus ekstra hati-hati mengantisipasi penipuan  berkedok bisnis murah meriah. Apakah infrastruktur broadband di Indonesia sudah mendukung?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Mari Elka Pangestu (ke-5 dari kiri) bersama para pahlawan Inovasi Indonesia yang diprakarsai oleh Ogilvy & Mather Indonesia dan Google Indonesia (Foto: Dwin Gideon).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Mari Elka Pangestu (ke-5 dari kiri) bersama para pahlawan Inovasi Indonesia yang diprakarsai oleh Ogilvy & Mather Indonesia dan Google Indonesia (Foto: Dwin Gideon).

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia terus meningkat.Peluang bisnis secara online kian terbuka lebar yang meliputi hampir seluruh sektor industri dan bisnis—termasuk ekonomi kreatif. Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ogilvy & Mather Indonesia, dan Google Indonesia meluncurkan paket Inovasi Indonesia yang ditandai dengan  pemberian penghargaan kepada para Pahlawan Inovasi Indonesia.

Program Inovasi Indonesia atau Indonesia Innovates merupakan inisiatif dan pengakuan kepada enam inovator di Indonesia yang karya kreatif mereka dinilai memberikan konstribusi yang signifikan. Ke-6 pahlawan inovasi itu adalah La Spina, Ruma, Mitra Netra, Nebeng.com, Batik Fractal dan NulisBuku.com.

Advertisement

Inovasi Indonesia merilis laporan dan melakukan pemilihan pahlawan inovasi Indonesia dalam sebuah kemitraan yang memberi peluang untuk pertumbuhan budaya inovasi dan memperkenalkan para innovator Indonesia yang telah memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan ekonomi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Mari Elka Pangestu menyerahkan penghargaan kepada salah seorang penerima piagam pahlawan inovasi Indonesia. (Foto: Dwin Gideon)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Mari Elka Pangestu menyerahkan penghargaan kepada salah seorang penerima piagam pahlawan inovasi Indonesia. (Foto: Dwin Gideon)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Mari Elka Pangestu mengatakan, “Saat ini, kondisi ekonomi Indonesia dapat dikatakan stabil. Akan tetapi, pada masa ekonomi yang penuh tantangan sekarang ini sangat penting agar kita tetap berada di depan dan memposisikan Indonesia sebagai negara dengan kemampuan berinovasi yang tinggi.”

Ia menyatakan, inisiatif pemberian penghargaan pahlawan inovasi itu positif dan sejalan dengan salah satu misi kementriannya yakni memperkuat dampak dari inovasi berbasis internet. Semakin  banyak orang Indonesia melakukan kegiatan online.

Sementara itu, Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia mengatakan, bahwa internet telah memberikan kontribusi 1,6 persen terhadap PDB Indonesia dan diharapkan akan naik dua kali lipat pada tahun 2016. Mengingat potensi ekonomi yang luar biasa dari internet, sangat penting untuk senantiasa menciptakan sebuah lingkungan di mana pencipta (innovator) muda berbasis lokal dapat terus terinsipirasi dan mengembangkan diri mereka serta terus berupaya untuk menciptakan produk dengan dampak global.

Rudy Ramawy Country Head Google Indonesia (Foto: Dwin Gideon)
Rudy Ramawy Country Head Google Indonesia (Foto: Dwin Gideon)

Menurutnya, pihak Google percaya pada kekuatan web yang dapat membantu 50 juta calon pengguna internet untuk belajar dan mencapai potensi mereka yang sebenarnya. Inisiatif ini merupakan langkah menuju arah yang sama.

Dalam rangkaian diskusi dengan berbagai stakeholder Indonesia yang dilakukan sebagai bagian dari proses penulisan laporan tim pemilih pahlawan inovasi Indonesia, terdapat beberapa masukan yang paling sering diungkapkan oleh para responden sebagai faktor utama pendukung inovasi Indonesia.

Responden berpendapat kunci utama untuk mendorong Indonesia yang inovatif antara lain, adanya rangkaian regulasi yang jelas, transparan, dan mudah diikuti—termasuk inovator pemula.  keberadaan infrastruktur broadband yang kuat disertai dengan kebebasan alur data yang memungkinkan pelaku start-up pemula untuk bertukar ide tanpa limitasi batas negara; adanya kerangka investasi yang kondusif untuk mendorong pertumbuhan pelaku pemula (start-ups): komitmen melakukan investasi HRD untuk terus mendorong pemikiran inovatif; dan dukungan yang kuat terhadap industri kreatif.

Perkembangan teknologi 4G,  Wimax dan LTE dan  fiber to the Home

Sementara itu, Country Ambassador Yahoo! Indonesia, Roy Simangunsong menjelaskan bahwa dengan meningkatnya rating Yahoo! Indonesia selama empat tahun terakhir ini, sebagai bukti bahwa pengguna internet di Indonesia setiap harinya mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang dimilikinya, untuk tahun 2013 ini pengguna internet tiap harinya mencapai kurang lebih 87 juta pengguna.

Baca juga :   Prancis Bangun Pabrik Peugeot di Indonesia, India dan China

Segmen pasar pertumbuhan internet 87 juta pengguna internet, menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah menggunakan alat komunikasi berupa digital, demikian  Roy pada acara Studium Generale Yahoo! Chapter di Auditorium Lantai 4, Binus University Kampus Anggrek, Jakarta Barat.

Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2012 terdapat 63 juta pengguna internet di Indonesia, dan pada 2013, seperti dituturkan Ketua Umum APJII Samuel Abrijani Pangerapan, pengguna internet di Indonesia akan menjadi 82 juta orang.

Penetrasinya akan naik 30 persen dibanding tahun 2012 dan jika pertumbuhan dipertahankan maka pengguna internet Indonesia bisa melebihi 50 persen populasi pada 2015, demikian  Samuel. Dengan pertumbuhan 30 persen pada 2013, pengguna internet akan terus meningkat pada 2014 sebanyak 107 juta pengguna dan akan menjadi 139 juta orang pada 2015.

Peningkatan itu, ujar Samuel, akan terjadi seiring tranformasi dan perkembangan teknologi 4G, termasuk Wimax dan LTE, Fiber to the Home (FTTH), dan spektrum tambahan 3G untuk operator.

Samuel mengatakan, bahwa peluang bisnis makin terbuka lebar dan semakin dibutuhkan kemudahan  akses internet, lokalisasi konten, aplikasi, e-commerce, dan data center. Ia mengharapkan agar kita berupaya bagaimana semua hal itu tadi bisa dibangun dengan rata.

Dampak pertumbuhan pengguna internet bukan hanya positif, namun berdampak terhadap isu-isu penting seperti keamanan, privasi pengguna, dan unsur criminal serta terjadinya penipuan melalui bisnis online. Oleh karena itu, kita harus ekstra hati-hati melakukan transaksi—seperti pembelian tiket pesawat secara online.

Pengguna sosial pun meningkat

Pengguna jejaring sosial seperti Facebook, Indonesia menempati peringkat terbesar ke-4 di dunia dengan jumlah pengguna 51,096 juta orang, Twitter, Indonesia menempati peringkat ke-5 terbesar di dunia dengan 24,9 juta pengguna.

Sementara itu, pemerintah telah melakukan tender di spektrum 3G bagi para operator telekomunikasi Indonesia—pada kanal 11 dan 12—yang dimenangkan oleh Telkomsel sebagai peringkat pertama dan XL di peringkat kedua.

Presiden Asean Blogger Chapter Indonesia Tahun 2011 jumlahnya semakin meningkat menjadi lima juta blogger, demikian Amril Taufik Gobel ketika mengikuti ASEAN Blogger Festival 2013 di Jakarta pada Mei 2013.

Semiocast lembaga riset media sosial yang berpusat di Paris, Prancis, melaporkan  Indonesia berada di posisi ke-5 dengan jumlah akun 19,5 juta, di bawah Inggris Raya pada posisi ke-4  23,8 juta akun, posisi satu ditempati Amerika Serikat dengan 107,7 juta, posisi ke-2 ditempati Brasil dengan 33,3 juta, dan Jepang di posisi ke-3 dengan 29,9 juta akun.

Survei yang dilakukan oleh IDC melaporkan Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna BlackBerry terbesar ke-3 dunia tahun 2012—atau 13,85 juta orang—di bawah jumlah pengguna BlackBerry si Amerika Serikat  dan Inggris (Sumber: Beberapa nara sumber dan kutipan dari berbagai sumber).

Advertisement

Tulis Opini Anda