Go Global dan Produk Baru Pelindung Mesin

0
17
Enduro Matic G (dua dari kanan, gambar tengah) adalah produk baru yang diluncurkan oleh PT PERTAMINA LUBRICANTS belum lama ini. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Sebanyak 118 Badan Usaha Milik Negara berpameran termasuk PERTAMINA LUBRICANTS, INALUM, PINDAD, PAL, Dirgantara Indonesia, INKA, PLN, BPJS, Antam, krakatau bandara samudera, SUCOFINDO, Rajawali Nusindo, GARUDA, dan PGN

Enduro Matic G (dua dari kanan, gambar tengah) adalah produk baru yang diluncurkan oleh PT PERTAMINA LUBRICANTS belum lama ini. (Foto: Rayendra L. Toruan)
Enduro Matic G (dua dari kanan, gambar tengah) adalah produk baru yang diluncurkan oleh PT PERTAMINA LUBRICANTS belum lama ini. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Pameran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diikuti oleh 118 perusahaan selalu ramai dikunjungi masyarakat—terutama kalangan muda seperti pelajar SD, SMP,dan SMA—termasik anak-anak muda lulusan perguruan tinggi namun belum bekerja. Mereka mencari informasi peluang kerja di berbagai BUMN.

Berbeda dengan pameran lain seperti manufaktur dan permesinan yang pengunjungnya dibatrasi hanya untuk para pebisnis atau pelaku industri, pameran BUMN yang bertajuk Indonesia Business and Development (IBDExpo) itu bebas dikunjungi oleh berbagai kalangan.

Advertisement

Hampir setiap booth memajang produk dan jasa serta permainan atau simulasi menarik dan bahkan memberikan  souvenir dan makanan/minuman kepada pengunjung seperti dilakukan oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk.

Sementara itu, menurut Sahrudin (ASSR Jakarta Utara),  PT Perta­mina Lubricants menggelar beragam produk pelumas sepertin varian Fastron Pla­tinum untuk kendaraan supercar dan berteknologi tinggi: memiliki 2 varian Fastron Platinum SAE 0W-40 untuk kelas premium car dan sport car, dan Fastron Platinum Racing SAE 10W-60 untuk kelas sport car dan racing car. Fastron Platinum Racing telah mendapatkan pengakuan dari Lamborghini dan dirancang khusus untuk Lamborghini Squadra Corse.

Direktur Utama Pertamina Lub­ricants Gigih WH Irian­to kepada Pers mengatakan, pihaknya komit me­la­kukan inovasi untuk mengembangkankan produk pelumas agar dapat memenuhi ke­butuhan perkembangan tek­nologi otomotif di Indonesia dan dunia.

Endure Matic-G yang baru diluncurkan adalah pelumas mesin sepeda motor matic yang mengandung aditif Molybdenun untuk meminimalkan gesekan pada suhu dan kecepatan tinggi. Produk ini memberikan unjuk kerja yang memenuhi persyaratan pabrikan kendaraan, dan cocok untuk penggunaan sehari-hari dengan mengutamakan perlindungan mesin dan konsumsi bahan bakar secara optimal.

Baca juga :   Plus-Minus Digitalisasi, Bagaimana Sikap Kita?
Produk aluminium buatan Inalum. (Sumber foto: http://www.klinikpajak.co.id/)
Produk aluminium buatan Inalum. (Sumber foto: http://www.klinikpajak.co.id/)

Uniknya, beberapa perusahaan memajang produk yang bukan bagian dari bisnisnya seperti PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) yang menghasilkan aluminium. Akan tetapi, perusahaan yang sudah 100 persen sahamnya milik Indonesia justru memajang beberapa produk ulos dan produk tradisional lainnya. Ketika perusahaan ini dikuasai oleh Jepang, hal itu jarang dilakukan.

“Produk ini buatan usaha binaan Inalum,” imbuh Boyke Frederick Public Relations Officer – Smelting Plant  PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero). Perusahaan ini sedang mengembangkan industri aluminium terpadu. Ground breaking project diversifikasi produk untuk aluminium alloy telah diresmikan awal tahun 2016.

PT Inalum  berusaha menjadi perusahaan global terkemuka berbasis aluminium terpadu yang ramah dengan lingkunan. Sementara itu, PT Dirgantara Indonesia sedang menyiapkan pesawat N-219 dan pesawat CN-235. Dengan simulator cockpit, para pengunjung berpeluang menerbangkan pesawat N-219 yang disebutkan sebagai best innovation product—hasil rancang bangun putera-puteri terbaik bangsa.

Selain 118 BUMN dengan 700 anak perusahaan, beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mengikuti IBDExpo 2016 yang diselenggarakan Perum LKBN Antara bersinergi dengan PT Balai Pustaka, Perusahaan Percetakan Republik Indonesia, dan Perum PFN.

PT Aneka Tambang menawarkan logam mulia mulai dari 1 gram hingga 1 kg. Sementara PLN, PT Autogas Indonesia, PT Rajawali Nusindo, Pelindo I, PT Pembangkitan Jawa-Bali, PT Pegadaian Indonesia, PT Indah Karya, Taspen, BPJS, dan sebagainya menyuguhkan produk dan jasa yang melayani masyarakat tanpa mengabikan bisnis.

Advertisement

Tulis Opini Anda