POTENSI DANDELION (1)

Getah Bunga Liar itu Kaya Bahan Plastik dan Karet

0
93
Gambar kiri: memanfaatkan dandelion sebagai sumber karet alam.(Sumber foto/ © MEV) dan gambar kanan: serbuk dandelion yang sudah matang mudah ditip angin ke dawerah yang jauh. (Sumber foto/@: http://wallpaper-download.net/)

Bridgestone dan Ford berhasil mengolah getah bunga dandelion sebagai pengganti karet alami. Para peneliti di  Jerman pun sukses merekayasa akar dandelion sebagai bahan senyawa karet dalam skala industri. Apa keistimewaan dandelion Rusia?

Gambar kiri: memanfaatkan dandelion sebagai sumber karet alam.(Sumber foto/ © MEV) dan gambar kanan: serbuk dandelion yang sudah matang mudah ditip angin ke dawerah yang jauh. (Sumber foto/@:   http://wallpaper-download.net/)
Gambar kiri: memanfaatkan dandelion sebagai sumber karet alam.(Sumber foto/ © MEV) dan gambar kanan: serbuk dandelion yang sudah matang mudah ditip angin ke dawerah yang jauh. (Sumber foto/@: http://wallpaper-download.net/)

Meski pohon karet tumbuh hanya di daerah tropis—seperti Indonesia dan beberapa negara lain di Asia—bukan berarti nilai bisnis dan ekonomi karet yang fungsinya beragam itu, sepenuhnya ditentukan oleh negara-negara produsen. Negara-negara yang menguasai berbagai teknologi canggih, mampu merakayasa bahan bukan karet menjadi bahan pengganti karet alami.

Hal itu dibuktikan oleh Dr. Hiroshi Mouri, President, Bridgestone Americas Center for Research and Technology yang mengatakan, lebih dari 1200 jenis tanaman yang secara teori menghasilkan getah karet. Para ilmuan bekerja keras untuk menemukan jenis tanaman yang secara kualitas dan kuantitas mampu memenuhi kebutuhan bahan baku untuk dibuat menjadi ban otomotif dan bahan baku produk-produk lainnya.

Advertisement

Oleh karena itu, seperti dirilis oleh http://www.twowheelsblog.com situs milik Bridgestone Americas, tim insinyur yang bekerja di Bridgestone terus melakukan pencarian bahan baku pengganti alternatif  karet alami yang berkelanjutan untuk membuat ban dan produk karet  berkualitas tinggi lainnya.

“Kami sangat senang dengan penemuan perubahan strategi permainan yang potensial ini dengan dandelion dari Rusia,” ujar Mouri. Dandelion yang dalam istilah ilmiahnya disebutkan dengan  Taraxacum officinale memiliki getah yang potensial dapat diolah menjadi bahan baku plastik dan karet sintesis.

Kerja sama Ford dan Ohio State University

Hal itu telah dibuktikann oleh pabrikan mobil Ford yang bekerja sama dengan Ohio State University telah meneliti potensi dandelion sebagai sumber daya berkelanjutan untuk menggantikan plastik. Menurut Angela Harris peneliti Ford—demikian detikOto mengutip dari egmcartech—Ford selalu mencari bahan berkelanjutan baru untuk digunakan dalam kendaraan buatan Ford untuk menghasilkan emisi karbon lebih kecil untuk dan dapat tumbuh di area terdekat.

Lebih jauh Angela menyabutkan bahwa karet sintesis (plastik) bukan merupakan sumber daya yang berkelanjutan, dan pihaknya berusaha meminimalkan penggunaannya dalam kendaraan buatan Ford bila memungkinkan. Untuk itu, dandelion memiliki potensi sebagai alternatif alami yang bagus untuk karet sintetis dalam produk Ford.

Potensi zat putih susu yang terdapat pada dandelion Rusia yang disebutkan Taraxacum kok-saghyz ternyata dapat digunakan untuk memroduksi karet secara berkelanjutan. Para peneliti terus mengembangkan karet alami dari bunga dandelion itu yang bisa menjadi bahan alternatif untuk membuat beberapa bagian yang tadinya menggunakan plastik seperti pegangan gelas, karpet, dan interior trim di mobil-mobil buatan Ford.

Para ilmuwan telah membudidayakan dandelion liar untuk menghasilkan tanaman yang memberikan karet alam dalam jumlah besar. (Sumber foto/©: Fraunhofer IME)
Para ilmuwan telah membudidayakan dandelion liar untuk menghasilkan tanaman yang memberikan karet alam dalam jumlah besar. (Sumber foto/©: Fraunhofer IME)

Ilmuwan lembaga Fraunhofer di Jerman pun telah berhasil mengungkapn potensi akar dandelion yang menghasilkan karet alam dalam jumlah (volume) tinggi. Bekerja sama dengan perusahaan produsen ban merek Continental, peneliti mengubah temuan mereka ke dalam proses produksi skala industri. Atas penemuan itu, tim peneliti memenangkan Greentec Award—hadiah lingkungan dan bisnis terbesar di Eropa.

Dalam pembuatan ban kendaraan, mendapatkan senyawa yang tepat membutuhkan perasaan yang baik untuk bahan, dan karet sangatlah penting. Karet merupakan pemberi elastisitas ban dan kinerja pengereman yang diperlukan, sementara itu juga memastikan bahwa ban bisa berjalan untuk beragam cuaca dan permukaan jalan.

Hingga 45 persen dari ban terdiri dari karet alam dan sintetis. Bahan yang diharapkan adalah karet alam—terutama berasal dari getah susu dari pohon karet. Karet alam itu juga dikenal sebagai caoutchouc. Kata dalam bahasa Indian Amazon yang berarti “pohon air mata” (cao = gratis, ochu = air mata). Dengan mencetak kulit pohon, petani dapat menekan “air mata lateks” dan mengumpulkannya dalam wadah yang menggantung di bawah.

Meski demikian, hasil penelitian itu tidaklah membuat produsen ban menjadi mudah untuk mendapatkan getah yang dibutuhkan oleh manufaktur. Pohon karet tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Karet sangat rentan terhadap hama dan memiliki periode vegetasi sangat panjang. Ahli kimia Dr. Carla Recker dari Continental menjelaskan tantangan pada saat ini, Eropa harus mengimpor bahan baku karet dari lokasi yang jauh dan harus puas dengan fluktuasi harga di pasar internasional untuk karet alam.

Baca juga :   Pemuaian Gas dan Pengaktifkan Mikroorganis

Recker yang mengepalai Kelompok Ahli Bahan Kimia dalam Divisi Ban perusahaan Continental, tahu satu atau dua hal tentang apa yang masuk ke ban. Salah satu pekerjaan utamanya adalah untuk mengawasi pengembangan bahan baku baru dan senyawa karet.

Varietas Rusia yang menguntungkan

Dandelion tumbuh dari sisa bunga kecil dandelion yang ditiupkan oleh angin hingga ke daerah lain yang jauh. Bunga-bunga kecil tumbuh pada tubuh dandelion. Ketika dandelion menua, bunga-bunga kecil lepas dari dandelion dan kemudian diterbangka tinggi dan tertiup searah dengan arah angin yang bertiup. Bunga kecil dandelion kemudian tumbuh di daerah di mana bunga-bunga kecil itu jatuh. Ketika dandelion kecil mengering bunga kecil itu akan memberikan kehidupan yang baru di tempat yang baru juga.

Dandelion tampak rapuh dan seolah-olah tidak berguna. Dandelion merupakan bunga yang kuat karena memiliki fungsi yang istimewa, memberikan kehidupan yang luas di suatu tempat yang jauh. Dandelion mampu terbang tinggi menjelajah mengikuti angin yang membawanya tinggi dan semakin tinggi. Seperti harapan yang terbang dan akan menjadi sebuah kenyataan di suatu tempat di manapun yang tidak kita ketahui.

Apabila ingin meniupkan bunga-bunga kering dandelion identik dengan make a wish atau membuat harapan terlebih dahulu sebelum meniupnya. Karena bunga-bunga kecil dandelion itu akan terbang jauh ke atas bersama dengan harapan yang kita inginkan.

Sejak bertemu dengan Dr. Dirk Prüfer dari Fraunhofer Institute for Molecular Biology and Applied Ecology IME, Dr. Carla Recker ahli kimia dari produsen ban Continental itu sama sekali tidak pernah memikirkan akan suatu bahan tertentu, yaitu lateks cair dari dandelion. Berasal dari Eropa dan Asia, dandelion, atau yang lebih spesifik lagi, adalah tanaman Rusia yang sangat kuat dan memberikan bahan baku sempurna untuk digunakan sebagai bahan baku ban. Terlebih lagi, tanaman itu dapat tumbuh di banyak negara, termasuk Jerman dan Indonesia—bahkan di tanah yang umumnya tidak cocok untuk menanam tanaman lainnya. Kapan ditemukan getah dandelion berpeotensi sebagai karet sintesis? (Diolah dari A new rubber recipe, Fraunhofer tulisan Tobias Steinhäußer, detikOto, www.umm.edu, dan sumber-sumber lain.)

Simak artikel terkait dengan topik POTENSI DANDELION  (2)
Menggairahkan Pelaku Industri Otomotif

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda