Gaya Politik Presiden Joko Widodo Pengaruhi Eksvansi Bisnis Hitachi

0
51
Dengan teknologi inovasi, Hitachi dapat menganalisis dan mengatur jumlah efisiensi energi yang digunakan dalam kereta api, demikian Presiden Direktur PT Hitachi Asia Indonesia, Takashi Ikematsu (Foto: Rayendra L. Toruan)

Sebanyak 16 perusaan milik Hitachi beroperasi di Indonesia. Karyawan lebih 90 persen orang Indonesia, dan berpeluang menjadi presiden direktur. Kapan Hitachi membangun manufaktur peralatan lift? Jika pasar Indonesia prospek, eksvansi bisnis Hitachi terus dilakukan, ujar  Takashi Ikematsu big boss Hitachi.

Dengan teknologi inovasi, Hitachi dapat menganalisis dan mengatur jumlah efisiensi energi yang digunakan dalam kereta api, demikian Presiden Direktur PT Hitachi Asia Indonesia, Takashi Ikematsu (Foto: Rayendra L. Toruan)

Bisnis berkaitan dengan  politik. Iklim politik yang kondusif dan stabil tak lepas dari pengamatan CEO (chief executive officer) perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia. Demikian kesan setelah mendengarkan paparan Presiden Direktur  PT Hitachi Asia Indonesia,  Takashi Ikematsu ketika meluncurkan Hitachi Social Innovation Forum 2017 di Jakarta belum lama ini. Bertindak sebagai tuan rumah adalah Hitachi Ltd. (TSE: 6501, Hitachi) dan Hitachi Asia Ltd.

“Kami suka gaya politik Presiden Joko Widodo,” tandas Takashi.  Apa yang dimaksud dengan “gaya politik”? “Bapak Presiden mampu mengendalikan politik dan hal itu berpengaruh terhadap para pebisnis asing yang beroperasi di Indonesia.”  Keadaan politik suatu negara   termasuk salah satu indikator yang dijadikan untuk melakukan eksvansi bisnis Hitachi.

Advertisement

Stabilitas politik itulah yang menjadikan bisnis Hitachi berkembang di Indonesia.  Grup Hitachi mempunyai 16 perusahaan di Indonesia dengan karyawan 90 persen orang Indonesia. Takashi tidak ingat betul jumlah karyawan di 16 perusahaan milik Hitachi, namun orang Indonesia berpeluang menjadi direktur bahkan presiden direktur, demikian Atsushi Konno General Manager Corporate Communications Group, Hitachi Asia Ltd yang berkantor di Singapura.

Manajemen grup Hitachi juga memberikan kesempatan yang luas bagi karyawan (orang) asli Indonesia melalui serangkaian training baik di Indonesia dan di Jepang. Dengan mengikuti berbagai training, ujar Takashi, proses transfer teknologi pun berlangsung  baik dan berkesinambungan.

“Kalau saya tidak mengikuti pendidikan dan training, saya tidak mungkin menguasai teknologi lift,” imbuh  Herman Sales Manager Building Systems Business Unit PT Hitachi Asia Indonesia. Program eksvansi bisnis Hitachi lebih mulus dilakukan berdasarkan kompetensi SDM (sumber daya manusia), lanjut Takashi.

Baca juga :   Gerak Kontrol Optimal Kurangi Konsumsi Energi Mesin

 

Atsushi Konno General Manager Corporate Communications  Group Hitachi Asia Ltd. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Selain mendukung  peralatan listrik untuk PLN (Perusahaan Listrik Negara) melalui pabriknya di Banten, Hitachi memiliki konsep—sebuah platform untuk memperlihatkan solusi-solusi yang dapat menghubungkan perencanaan yang visioner, big data, dan infrastruktur.

Dengan mengusung Hitachi Social Innovation Forum (HSIF), perusahaan asal Jepang ini ingin menampilkan berbagai pencapaian dari solusi-solusi bisnis inovasi sosial di Indonesia—bertujuan  untuk membantu para stake stakeholders  agar kebih hemat dalam penggunaan energi termasuk pembangunan smart city.

Takashi Ikematsu menuturkan lewat Hitachi Social Innovation Business pihaknya menyediakan solusi-solusi untuk membantu Indonesia membuka jalan menjadi sebuah negara pintar (smart nation). Dia merasa senang untuk yang kedua kalinya dapat menyelenggarakan HSIF di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia mendorong meningkatnya permintaan ketersediaan energi dan mendukung infrastruktur—itulah bagian eksvansi bisnis Hitachi di Indonesia.

Takashi mengakui bahwa Hitachi memiliki keahlian di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang digunakan sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap agenda nasional Indonesia untuk memiliki perekonomian yang pintar dan berkelanjutan. Hitachi menawarkan beragam inovasi sosial yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih besar.

Salah satu bentuk eksvansi bisnis Hitachi adalah dengan mensuplai kompresor ke Pertamina. Menurut Teruo Nakamura Senior Technology Evangelist, Service Platform Business Unit, Hitachi, pihaknya terus  memperkenalkan visi perusahaan mengenai era Internet of Things (IoT), dan kemampuannya yang ekstensif di bidang Teknologi Informasi serta Teknologi Operasional.

 

Advertisement

Tulis Opini Anda