TEKNOLOGI KEAMANAN (1)

Gangguan Bukan hanya dari Teroris

0
6
Mobil yang dilengkapi dengan alat keamanan berupa sensor radar sehingga pengguna dapat mengetahui indikator gangguan keamanan. (Sumber foto http://blog.lexus.co.uk/

Teknologi keamanan harus memastikan bahwa penduduk telah disuplai dengan air minum, energi, dan makanan, serta melindungi infrastruktur transportasi dan bangunan publik jangan sampai terancam. Kendaraan pribadi pun dapat melacak gangguan keamanan.

Mobil yang dilengkapi dengan alat keamanan berupa sensor radar sehingga pengguna dapat mengetahui indikator  gangguan keamanan. (Sumber foto http://blog.lexus.co.uk/
Mobil yang dilengkapi dengan alat keamanan berupa sensor radar sehingga pengguna dapat mengetahui indikator gangguan keamanan. (Sumber foto http://blog.lexus.co.uk/

Asal gangguan keamanan bukan hanya dari bom bikinan manusia. Banjir yang tiba-tiba meluap dan mengagetkan, menunjukkan betapa rapuhnya masyarakat—tinggal di kota-kota, di kawasan industri, pedesaan, dan sebagainya—terhadap ancaman keamanan. Ancaman itu bisa berasal dari hasil  teknologi canggih yang dikendalikan oleh terorisme atau (murni) berasal dari bencana alam.

Beragam gangguan keamanan—berupa bencana alam seperti gunnung meletus, tanah longsor, banjir bandan, tsunami, gempat, dan sebagainya yang terjadi di sepanjang tahun di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia  membentuk Badan Penanggulangan Becana Nasional  yang bertugas khusus  menangani gangguan bencana yang terjadi di berbagai pelosok tanah air. Eskalasi gangguan keamanan cukup berpengaruh terhadap politik, sosial, ekonomi, dan sebagainya.

Advertisement

Misalnya di Jerman dan Uni Eropa, perhatian dan pembangunan fasilitas keamanan yang terus meningkat mampu mengubah struktur politik yang berdampak  terhadap fokus program-program penelitian yang berkaitan dengan keamanan.

Penjarahan dan pembunuhan orang

Jarak puluhan dan mungkin ratusan kilometertidak ada peristiwa di setiap arah. Namun, di atas atapyang memproyeksikan keluar dari hamparan air  yang luas, dan di atas atap atau gedung tadi, orang-orang berteriak serta melambaikan tangan yang meminta tolong. Sebagian orang berjongkoksambil menjerit-jerit, dan berteriak-teriak meminta pertolongan. Penjarahan dan pembunuhan sering terjadi mana kala terjadi bencana meski tidak ada orang yang dapat memverifikasikantentang kebenaran peristiwa (bencana).

Stasiun kereta sering menjadi target serangan teroris. (Sumber foto/©: Fraunhofer EMI)
Stasiun kereta sering menjadi target serangan teroris. (Sumber foto/©: Fraunhofer EMI)

Seluruh infrastruktur komunikasi rusak, listrik padam, saluran air  yanghancur, danperawatan medis lumpuh. Mari simak contoh bencana kehancuranyang disebabkan oleh badai Katrina disebelah tenggara Amerika Serikat(AS) pada Agustus 2005 mengguncang dunia untuk menyumbang. Begitu juga peristiwa pengemboman gedung kembar di AS pada 11 September 2001, tsunami yang meporakporandakan Aceh dengan korban lebih 200 ribu manusia, dan Jepang. Banyak peristiwa bencana—termasuk bencana perang seperti di  beberapa negara di Timur  Tengah, dan negara-negara lain.

Serangan teroris di Madrid dan London juga menunjukkan betapa tidak amannya masyarakat yang telah memiliki teknologi tinggi. Perlindungan khusus diperlukan untuk infrastruktur vital seperti jaringan bagi pasokan energi, transportasi, pasokan air, informasi dan komunikasi, badan-badan publik dan fasilitas industri.

Baca juga :   Jejak-Jejak di Seluruh Dunia

Perlindungan terhadap kekerasan fisik diperlukan, demikian pula perlindungan terhadap serangan pada arus informasi dan komunikasi. The Fraunhofer-Gessellschaft  memilih topik ‘Keamanan: wajah yang meyakinkan dari teknologi tinggi’ sebagai salah satu dari dua belas topik penelitian jangka panjang. Pemilihan ini adalah salah satu ‘Prediksi meyakinkan terhadap pasar di masa depan’, yang ditandai dengan potensi program yang luar biasa bagi inovasi dan relevansi yang luar biasa terhadap pasar.

“Di Fraunhofer kita berada pada posisi yang sangat baik,” ungkap Profesor Dr. Klaus Thoma dengan percaya diri. Direktur Fraunhofer Institute for High-Speed Dynamics, Ernst Mach-Institut EMI di Freiburg, juga menjadi juru bicara Fraunhofer Defense and Security Alliance. Dia juga bertanggung jawab untuk topik penelitian tersebut. Secara keseluruhan, sekitar 30 Fraunhofer Institutes terlibat di dalam penelitian tentang keamanan.

Tiga kelompok khususnya, Fraunhofer Defense and Security Alliance, Information and Communication Group dan Microelectronics Alliance itu, telah mengabdikan diri untuk mengembangkan teknologi keamanan yang baru. Mereka bekerja untuk menemukan solusi masalah jaringan pasokan energi, untuk bank dan perusahaan asuransi, transportasi, telekomunikasi dan teknik sipil, serta untuk perusahaan keamanan dan otoritas publik.

Beberapa teknologi keamanan akan memastikan bahwa penduduk telah disuplai dengan air minum, energi dan makanan, sementara yang lain akan melindungi infrastruktur transportasi dan bangunan publik. Sebagai contoh, Fraunhofer Institute for Solar Energy Systems ISE dan EMI telah bekerja sama untuk menemukan cara yang lebih baik di dalam melindungi permukaan dari kaca modern terhadap ledakan tingkat lemah, sedangkan pada saat yang sama juga dijaga agar hemat energi. (Diolah dari Better security tulisan Doris Banzhaf, Fraunhofer)

Simak artikel terkait dengan topik TEKNOLOGI KEAMANAN (2)
Radar Bergelombang Milimeter Deteksi Peledak

Advertisement

Tulis Opini Anda