EFISIENSI TAMBANG (1)

ExxonMobil Siapkan Teknologi Gold Hemat Energi

0
59
(Kiri ke kanan) Havidz Kus Hidayatullah B2B Marketing Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia dan Meyki Budi Ferdian National Sector Manager Mining PT ExxonMobil Lubricants Indonesia saat menjelaskan  sistem GOLD (Grease One-Way Logistics and Distribution) untuk meningkatkan efisiensi distribusi dan logistik sektor pertambangan. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Sistem Gold mampu menjaga kualitas grease selama proses perpindahan produk pelumas dan melindunginya agar terbebas dari kontaminasi. Apa itu sistem Gold dan bagaimana diterapkan?

(Kiri ke kanan) Havidz Kus Hidayatullah B2B Marketing Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia dan Meyki Budi Ferdian National Sector Manager Mining PT ExxonMobil Lubricants Indonesia saat menjelaskan  sistem GOLD (Grease One-Way Logistics and Distribution) untuk meningkatkan efisiensi distribusi dan logistik sektor pertambangan. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Apakah pelumas yang Anda gunakan di perusahaan bermasalah? Misalnya untuk mesin dan alat industri yang digunakan di sektor tambang atau bahkan untuk kendaraan (otomotif) Anda. Bagaimana cara merawat mesin dan alat industri dengan menggunakan pelumas?

Nah, manajemen PT ExxonMobil Lubricants Indonesia tak pernah absen untuk mendukung para  pelaku industri—termasuk sektor pertambangan di Indonesia. Jika usaha Anda berkembang hal itu merupakan bagian dari kebahagiaan manajemen ExxonMobil dan pasti mendukung usaha Anda.

Advertisement

Salah satu bentuk dukungan itu adalah dengan mensosialisasikan manfaat sistem GOLD (Grease One-Way Logistics and Distribution) bagi perusahaan Anda. Sistem GOLD merupakan  suatu sistem yang disediakan oleh PT ExxonMobil Lubricants Indonesia sebagai pengganti wadah penyimpanan produk pelumasan konvensional.

Melalui sosialisasi—baik lewat suatu pameran atau diskusi dengan para jurnalis—ExxonMobil  Lubricants Indonesia memperlihatkan jajaran produk (pelumas) unggulannya serta menjelaskan manfaat sistem GOLD bagi pelaku industri pertambangan dan sektor industri lainnya termasuk masyarakat luas. Tanpa pelumas, suatu mesin atau alat industri tidak mungkin beroperasi secara maksimal.

Kita mahfum bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang mengandung beragam tambang yang potensinya luar biasa.  Potensi itu dapat digali dengan alat industri seperti mesin dan teknologi.

Bersaing di pasar global

Adalah B2B Marketing Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Havidz Kus Hidayatullah yang menggaris bawahi bahwa visi Kementrian Perindustrian Indonesia yang tercantum dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) Indonesia berusaha mewujudkan sebagai negara industri tangguh pada tahun 2025. Salah satu sektor yang berperan untuk mewujudkannya adalah sektor pertambangan dan energi.

Baca juga :   Apa Kehebatan Teknologi Energi Laut Buatan SEPCOIII?

Bagaimana sektor pertambangan memberikan konstribusi yang signifikan? Manajemen PT ExxonMobil Lubricants Indonesia menyatakan bahwa proses pertumbuhan sektor pertambangan dan energi dapat dicapai lebih maksimal dengan melakukan efisiensi dan meningkatkan produktivitas mesin-mesin industri dengan penggunaan produk pelumasan yang tepat guna meningkatkan daya saing bisnis serta kinerja perusahaan.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa pertumbuhan sektor rtambangan dan penggalian mengalami penurunan sebesar 0,78 persen dibandingkan dengan kuartal IV 2016. Penurunan itu disebabkan turunnya pertumbuhan industri batubara dan migas sebesar 2,8 persen dibandingkan kuartal I 2016 yang mencapai 5,18 persen.

Meski mengalami (sedikit) penurunan, para pelaku industri pertambangan sebaiknya  menjalankan operasi bisnis yang mampu bersaing di tingkat global. Oleh karena itu, ExxonMobil Lubricants berusaha ikut berperan-serta dengan menyiapkan beragam produk unggulan yang tepat digunakan oleh pelaku industri pertambangan.

Havidz Kus Hidayatullah menandaskan, bahwa pihaknya selalu komit untuk mendukung para pelaku industri yang diharapkan mampu menjawab tantangan industri pertambangan. Untuk itu ExxonMobil Lubricants Indonesia menyiapkan produk-produk pelumasan dengan kualitas unggul dan berbasis inovasi serta teknologi canggih.

Apa dan bagaimana sistem GOLD diterapkan sehingga bermanfaat maksimal bagi para pelaku industri utamanya sektor tambang?

 

 

 

Advertisement

Tulis Opini Anda