ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP)

EPICOR Raih Asian Manufacturing Awards Terbaik

0
45
Craig Charlton, wakil presiden direktur senior merangkap manajer umum Epicor untuk wilayah Asia Pasifk saat berpidato seusai menerima Asian Manufacturing Awards. (Foto: Epicor)

Jika ingin berdaya internasional, sebaiknya para pelaku industri manutkatur, farmasi dan kimia, tambang, pergudangan, otomotif, ritel,  dan logistik di Indonesia mengimplementasikan modul ERP agar lebih efisien dan kinerja kian meningkat. Perangkat lunak  enterprise resources planning (ERP) buatan Epicor Software Corporation bisa dipertimbangkan karena Epicor mendapat Asian Manufacturing Awards terbaik di Singapura belum lama ini.

Craig Charlton, wakil presiden direktur senior merangkap manajer umum Epicor untuk wilayah Asia Pasifk saat berpidato seusai menerima Asian Manufacturing Awards. (Foto: Epicor)
Craig Charlton, wakil presiden direktur senior merangkap manajer umum Epicor untuk wilayah Asia Pasifk saat berpidato seusai menerima Asian Manufacturing Awards. (Foto: Epicor)

Perusahaan penyedia perangkat lunak yakni Epicor Software Corporation merupakan salah satu perusahaan pembuat perangkat lunak terunggul di dunia. Hal itu disebabkan perangkat lunak enterprise resource planning (ERP) buatan Epicor berguna untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh para pelaku  manufaktur, perusahaan distribusi, ritel, perusahaan jasa, dan sebagainya.

Keunggulan itu terwujud dalam bentuk penghargaan yang disabet oleh Epicor pada Asian Manufacturing Awards yang acaranya berlangsung di hotel Shangri-La, Singapura, baru-baru ini. Epicor dinyatakan sebai pemenang: Best ERP Systems Provider yang dinilai berdasarkan kinerjanya di bidang manufaktur di wilayah Aia selama tahun 2012.

Advertisement

Tim juri yang terdiri dari para pakar kaliber  internasional melakukan serangkaian analisis dan peringkat terhadap sejumlah nominasi. Tim penilai sepakat memilih Epicor sebagai perusahaan penyedia perangkat lunak terbaik yang digunakan oleh sejumlah perusahaan yang tergabung dalam Manufacturing Group—seperti dipublikasikan oleh Contineo Media.

Kriteria penilaian meliputi kualitas pengiriman, solusi dan fungsi serta kinerja tinggi perangkat lunak itu sendiri, dan kemudahannya dalam penggunaan dan implementasi sesuai dengan tuntutan arus informasi dan integrasi yang terus meningkat untuk memfasilitasi produktivitas, efisiensi, dan kualitas manfaat bagi para klien—yakni pengguna modul ERP itu. Bagi tim penilai,m nominator—dalam hal ini Epicor harus menunjukkan inisiatif terhadap pembukaan atau penciptaan pasar-pasar baru dan inovasi.

Pendapat Contineo Media

Pihak Contineo Media menyebutkan bahwa penyediaan sistem  otomasi dan proses integrasi  bisnis, penggunaan perangkat lunak ERP merupakan kunci untuk menciptakan efisiensi operasional industri atau perusahaan-perusahaan manufaktur.

CEO Contineo Media,  Raymond Wong menyatakan bahwa manufaktur di wilayah Asia khususunya Asia Tenggara berada di bawah tekanan agar produktivitas yang konstan dapat meningkatkan kualitas produk, memenuhi persyaratan tatanan  baru serta memenuhi kepentingan sosial dan lingkungan anggota masyarakat yang bertanggung jawab. Perusahaan-perusahaan yakni penerima penghargaan telah memainkan peran yang semakin penting dalam transformasi kemampuan manufaktur di kawasan Asia.

Oleh karena itu, upaya Epicor yang mengajukan peran fungsi yang besar dan ditawarkan kepada para produsen di wilayah  Asia agar inovatif, visioner dengan penggunaan peran teknologi yang lebih  terfokus, serta dedikasi untuk mendukung pendidikan di Asia. Untuk itu, Epicor bekerjasama dengan Beijing Institute of Technology dan Pusan ​​National University di Korea Selatan.

Sementara itu, Craig Charlton, wakil presiden direktur senior merangkap manajer umum Epicor untuk wilayah Asia Pasifik mengatakan, Asian Manufacturing Awards merupakan penghargaan yang besar bagi perusahaannya berdasarkan penilaian yang diputuskan oleh para pakar yang bekerja secara khusus. Inovasi Epicor berikutnya, imbuh Charlton  adalah generasi baru ERP yang menawarkan  beragam model fungsi sebagai solusi khususnya untuk manufaktur di Asia. Penganugerahan Asian Manufacturing Awards  terbaik di bidang ERP merupakan bukti peningkatan penggunaan perangkat lunak Epicor.

“Kami akan terus menerus melanjutkan investasi di wilayah Asia, dan kami berharap akan meraih penghargaan yang sama pada Asian Manufacturing Awards tahun-tahun mendatang.”

Baca juga :   Memindai bisa Lebih Radikal

Epicor Software Corporation adalah salah satu perusahaan penyedia perangkat lunak pendukung  bisnis bagi para pelaku manufaktur, distribusi, ritel, dan jasa-jasa pelayanan industri lainnya. Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun, Epicor melayani perusahaan kecil,  pasar menengah dan besar, dan mempunyai 20.000 pelanggan di lebih 150 negara. Perusahaan ini menawarkan EPR—perangkat lunak bagi manajemen ritel, supply chain management (SCM), human capital management (HCM) agar perusahaan mampu meningkatkan efisiensi dan memperbaiki perolehan laba.

Dengan inovasi yang panjang, pengalaman di bidang industri, dan keinginan untuk selalu memberikan pelayanan terbaiknhya, Epicor yang bermarkas di Dublin, California, Amerika Serikat itu,  menyediakan jasa yang akuntabel bagi perusahaan-perusahaan lokal dan  tingkat regional yang hendak memasuki bisnis tingkat dunia.

Manfaat modul ERP

Globalisasi dunia telah membuat jaringan bisnis semakin meluas. Domain konsumen dari sebuah perusahaan tidak lagi hanya berasal dari satu region atau lokal  melainkan dari seluruh dunia.

Oleh karena itu, otomatisasi proses pengelolaan informasi dapat dilakukan dengan penerapan enterprise resources planning (ERP). Mekanisasi proses kerja dengan menggunakan ERP, mengharuskan para karyawan untuk mengirimkan informasi pada satu sumber. Dengan memusatkan tempat penyimpanan data pada satu tempat, maka tercipta kemudahan untuk mendapatkan berbagai data, karena setiap departemen/divisi mengirimkan data mereka pada tempat ini.

Efisiensi biaya, waktu dan tenaga dalam penerapan Teknologi Informasi melalui pelaksanaan sistem manajemen ERP juga dapat dibuktikan melalui :

  • Single entry maksudnya dalam ERP, Anda hanya cukup satu kali memasukkan data untuk mendapatkan beberapa laporan.
  • Melalui ERP status barang/order dapat dipantau setiap saat.
  • Data base marketing Anda dapat dilihat dan diperbarui setiap saat.
  • Dengan menggunakan teknologi komputer, Anda tidak lagi memerlukan banyak paperwork, cukup menyimpan soft-copy dan data /laporan dapat dicetak kapan saja diperlukan.
  • Pencarian data dapat lebih mudah dan cepat, karena semuanya telah didokumentasi dan dikordinasi dengan baik oleh pusat data yang telah terbentuk dalam sistem ERP.
  • Mengurangi lead time, maksudnya penyebaran informasi dilakukan secara serempak dan bersamaan ke tiap departemen, sehingga proses di tiap departemen terkait dapat dilaksanakan segera dan secepatnya tanpa harus saling menunggu sampainya informasi.

Selain faktor efisiensi waktu, biaya, dan tenaga, penerapan ERP juga dapat dijadikan sebagai sarana belajar bagi para karyawan untuk meninggalkan budaya kerja lama. Budaya kerja lama yang dimaksud salah satunya adalah kebiasaan karyawan melempar tanggung jawab bila terjadi suatu kesalahan dalam proses kerja. Padahal yang seharusnya dilakukan adalah mencari solusi untuk memperbaiki kesalahan yang terlanjur terjadi. Kontribusi ERP dalam hal ini adalah membantu pelaksanaan dan pendokumentasian komunikasi internal antar karyawan.

Dengan adanya pendokumentasian ini, kita dapat memantau dan mengendalikan kinerja setiap proses. Untuk selanjutnya tinggal dipikirkan tindakan perbaikan dan pencegahan yang seharusnya dilakukan.

Kelancaran proses kerja sebagai hasil dari penerapan ERP dapat membantu perusahaan memenuhi keinginan pelanggan sehingga perusahaan dapat mencapai kepuasan pelanggan. (Dikutip dari beberapa sumber)

Advertisement

Tulis Opini Anda