Endoskopi Tanpa Kabel

0
12
capendoscopy
Sumber foto: http://www.bgapc.com/wp-content/uploads/2010/07/capendoscopy.jpg

Untuk meminimalisir dampak sakit yang dirasakan oleh pasien di rumah sakit, sayatan-sayatan pembedahan yang dilakuikan oleh dokter bedah  kepada pasien seharusnya diusahakan sekecil mungkin. Untuk itu, para dokter menggunakan endoskopi agar dapat melihat kedalaman tubuh seperti tebal kulit dan daging  pasien yang akan dibedah.

capendoscopy
Sumber foto: http://www.bgapc.com/wp-content/uploads/2010/07/capendoscopy.jpg

Dengan menggunakan  endoskopi ini, maka yang dilakukan oleh dokter bedah hanya sebuah sayatan berukuran sangat kecil yang diperlukan. Namun kemudian, selama operasi berlangsung—baik pada bidang kulit yang tampak untuk pembedahan mau pun keleluasaan untuk bergerak—diawasi secara serius dan cermat, karena alat endoskopi tersebut dihubungkan dengan suatu menara endoskopi melalui sebuah penghantar cahaya yang relatif berat dan sebuah kabel kamera.

Suatu endoskopi  yang tanpa kabel seharusnya membantu memecahkan kebingungan yang menimpa tim dokter ebdah. Oleh karena itu, para ilmuwan dari Fraunhofer Institute for Manufacturing Engineering and Automation IPA di Stuttgart , Jerman, sudah bekerja dengan sistem yang sema cami tu—hal temuan mereka.

Advertisement

Endoskopi ini agak kecil, sangat terang, dan juga mudah dikendalikan. Transmisinya bisa dilakukan secara halus tanpa kabel, gambar-gambarnya mempunyai resolusi yang  tinggi dengan bantuan sebuah komputer yang konvensional dan berlangsung selama suatu periode satu atau dua jam. Endoskopi tersebut mempunyai sebuah lampu LED yang menggunakan listrik berkekuatan sangat kecil dan menghasilkan panas yang sangat tinggi. (Sumber: Fraunhofer.de/magazine)

Baca juga :   Generasi Terbaru IC Powered Forklifts Buatan Jungheinrich
Advertisement

Tulis Opini Anda