INVESTOR DUBAI

Drydocks World dan BBB Bangun Galangan Kapal di Batam

0
45

Perusahaan asal Dubai yaitu Drydocks World and Maritime World (DWMW) telah menandatangni rencana perluasan usaha galangan kapala di Batam dengan nilai investasi US$ 2,5 miliar atau setara dengan Rp23,7 triliun.  Pembangunan galangan kapal itu merupanan ‘Pendulum Nasional’ untuk meningkatkan kapasitas dan koneksitas antarpelabuhan mulai dari pulau Sumatera hingga Papua.

130228-01a

Kesepakatan kerja sama (joint venture) rencana investasi itu diteken oleh Chairman DWMW Khamis Juma Buamim dan Direktur PT Bina Bangun Bahari (grup  perusahaan Sentra Bangun Harmoni) Jubilant A.  Hrmidy yang disaksikan oleh Acting Konsul Jenderal RI Dubai Heru Sudradjat.

Advertisement

Heru Sudradjat menyatakan,  KJRI Dubai sejak awal telah turut aktif memfasilitasi penjajakan kerja sama investasi itu.  Sebelumnya,  pihak grup BBB  telah melakukan pertemuan dan mempresentasikan langsung kepada DWMW proposal kerja sama serta membahas hal-hal yang lebih teknis menyangkut kerja sama proyek investasi di Batam.

Potensi lahan seluas 178 hektar yang dimiliki pihak DWMW di Batam diproyeksikan untuk pengembangan infrastruktur,  industri,  dan energi.  Hal ini mengingat kawasan tersebut merupakan lintasan  ‘Pendulum Nusantara’ sebagaimana yang dicanangkan oleh Pemerintah RI melalui Kementerian Perhubungan RI.   Pendulum Nusantara bertujuan untuk  meningkatkan kapasitas dan koneksitas antarpelabuhan di Indonesia yang terbentang mulai dari pulau Sumatera hingga Papua.

Saat ini DWMW telah memiliki 4 fasilitas galangan kapal untuk pelayanan perbaikan,  perawatan hingga pembuatan kapal yang berlokasi di Dubai,  Singapura,  dan di Batam.  Keberadaan investasi DWMW di Indonesia sebelumnya telah membangun 3 fasilitas galangan kapal di Batam,  yaitu ‘Drydocks World Nanindah’,  fasilitas galangan kapal seluas 57 hektar yang dikhususkan untuk pembuatan kapal dan pengolahan baja;

‘Drydocks World Pertama’,  fasilitas galangan kapal seluas 28 hektar,  dibangun untuk melayani perbaikan kapal dan manufaktur suku cadang dan bagian kapal lainnya,  serta ‘Drydocks World Graha’ yang merupakan fasilitas galangan kapal paling moderen dan pertama di Indonesia yang mengkhususkan untuk konstruksi lepas pantai dan rig.

Baca juga :   Jembatan Kelok Belah Hutan Lindung

Proyek kerja sama investasi itu akan  memberikan keuntungan bagi kedua pihak, juga bagi mitra bisnis yang bekerja sama mengoptimalkan pengolahan properti serta pembangunan ekonomi di Indonesia.

Khamis Juma Buamim menilai proyek ini akan memberikan manfaat positif dan menguntungkan Indonesia sebagai salah satu negara Asia yang mengalami pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang pesat di dunia.

Selain potensi yang luas karena adanya faktor urbanisasi, pertumbuhan daya beli masyarakat yang kuat dan terus meningkat, serta keterbukaan terhadap perdagangan dan investasi global.

DWMW  merupakan perusahan pengelola fasilitas galangan kapal di Dubai yang beroperasi sejak tahun 1983. Fasilitas galangan kapal Drydocks di Dubai merupakan yang terbesar di kawasan Timur Tengah. Saat ini DWMW mengantongi sertifikat manajemen keamanan OHSAS 18001 1999 dan sertifikat kualitas mutu manajemen ISO 9001 2000.  (Sumber: Diolah dari tender-indonesia.com dan ANTARA)

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda