INDUSTRI OTOMOTIF

DENSO Bangun Pabrik di Cikarang

0
104

Perusahaan manufaktur komponen otomotif PT DENSO Indonesia kembali berekspansi dengan membangun sebuah pabrik ketiga di Kawasan Industri MM 2100 Cikarang Barat,  Bekasi,  Jawa Barat.  Pabrik ini butuh tenaga kerja 1.700 orang hingga tahun 2015.

Menteri Perindustrian,  MS Hidayat akan segera melakukan proses groundbreaking pabrik seluas 200.000 meter persegi itu.  DENSO  akan mengglontorkan investasi senilai Rp1,3 triliun dengan jumlah karyawan yang ribuan karyawan yang dibutuhkan.

Advertisement

Pabrik ini ditargetkan akan mulai beroperasi pada Februari 2014 dengan memproduksi suku cadang kontrol mesin seperti Engine Electronic Control Units (ECUs) dan sistem kontrol  Variable Cam Timing (VCT),  alternator,  dan suku cadang lainnya.

“DENSO Indonesia diharapkan akan berkembang untuk memenunhi kebutuhan pasar  Asia,” harap Akio Shikamura, direktur  eksekutif senior grup  Thermal Systems Business.

Oleh karena itu, pihak DENSO akan memperluas dan meningkatkan kapasitas produksi untuk  memenuhi permintaan pelanggan di dalam negeri yang terus meningkat. Manajemen DENSO  optimis mampu memberikan pelayanan terbaiknya dan meningkatkan konstribusi terhadap peningkatan investasi yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja di Indonesia.

Perusahaan DENSO asal Jepang  itu sudah beroperasi di Indonesia sejak 40 tahun lalu di bawah bendera PT DENSO Indonesia pada tahun  1975.  Saat ini,  berbagai komponen sudah diproduksi DENSO di Indonesia seperti Air Conditioning,  radiator,  busi,  dan filter.

DENSO mempunyai empat perusahaan di Indonesia dengan memperjakan lebih 2,750 orang. Keempat perusahaan itu masing-masing bernama  PT DENSO INDONESIA dan PT DENSO SALES INDONESIA perusahaan yang berfungi sebagai penjual semua produk DENSO, sedangkan yang lainnya adalah  horn (klakson) dan PT TD AUTOMOTIVE COMPRESSOR INDONESIA yan memproduksi kompresor.

Dengan membangun pabrik ke-4 itu, DENSO akan meningkatkan kapasitas produksi lebih dari dua kali lipat pada 2015. Saat ini DENSO Indonesia mampu memasok komponen otomotif untuk kebutuhan produksi 800.000 unit mobil per tahun di dua pabrik di Bekasi dan satu pabrik di Sunter.

Baca juga :   Biaya Pembangun Pabrik Mercedes Sebesar Rp369,87 miliar

CEO DENSO Corporation Nobuaki Katoh mengatakan perusahaannya bisa menyuplai kebutuhan komponen 1,5-2 juta unit mobil per tahun setelah pembangunan pabrik baru dan ekspansi pabrik yang akan rampung pada 2015. Selain itu, produk dari DENSO ditujukan  30% untuk pasar ekspor dan 70%  sisanya dipasok untuk kebutuhan industri otomotif (original equiptment manufacturer) dan pasar purna jual di Indonesia.

Markas utama DENSO Corporation berlokasi di Kariya, prefektur (provinsi) Aichi,  Jepang. Dengan teknologi canggih, DENSO terkenal sebagai produsen komponen otomotif  seperti thermal, powertrain control, electric, electronics dan information & safety. Perusahaan ini termasuk pelanggan industri mobil di 35 negara—termasuk Jepang dan mempekerjakan lebih  120.000 orang. Nilai penjualan pada Maret 2012 mencapai total US$38.4 miliar.

Sebelumnya DENSO sudah memiliki pabrik di kawasan Sunter,  Jakarta Utara dan Cibitung,  Bekasi.   (Sumber: Diolah dari tender-indonesia.com, Kariya/Jepang,  dan www.densomediacenter.com)

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda