BISNIS (2)

Cari Mitra Bisnis? Download Easy-Buying APP

0
30
Ketika wanita ini (kiri > kanan) Cindy, Sally Wu, dan Annie Duan merupakan tim penjual Zhongshan ICBright Technology Ltd. Ratusan perusahaan elektrik dan energy dari China dan Taiwan coba merebut pasar Indonesia. (Foto: Rayendra L. Toruan)

China menawarkan beragam lampu LED dan inverter. Pihak asing tergiur mengeksplor potensi sumber energi yang demikian besar di Indonesia. Saatnya kita bekerja cerdas.

Ketika wanita ini (kiri > kanan) Cindy, Sally Wu, dan Annie Duan merupakan tim penjual Zhongshan ICBright Technology Ltd. Ratusan perusahaan elektrik dan energy dari China dan Taiwan coba merebut pasar Indonesia. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Pesuahaan dari China dan Taiwan merajai hampir seluruh pameran di Indonesia. Seperti  Zhongshan ICBright Technology Ltd., produsen LED. Menurut Annie Duan asisten presiden, lampu buatan ICBright didesain dengan teknologi inovasi hemat energi hingga 25 persen.

ICBright mencari lokal partner melalui aplikasi Easy-Buying APP. Annie menawarkan 6 kategori partner: individual tanpa harus memiliki  banyak modal dan pengetahuan tentang LED. Daftarkan saja nama dengan men-download  Easy-Buying APP maka Anda menjadi calon mitra lokal. Mau menjadi distributor? Selain men-download Easy-Buying APP, sebaiknya peminat memiliki jaringan bisnis yang dapat gunakan.

Advertisement

Atau ingin pada posisi co-development partner? Bbagian R&D Anda akan mendapat pelatihan.  Atau ingin menjadi project partner? Jika Anda telah menjual LED atau proyek solar, pihak Annie siap membantu menyelesakan proyek hingga tuntas. Atau ingin mendirikan pabrik lampu jenis LED di Indonesia? ICBright Technology siap mewujudkan rencana mulai dari perakitan hingga pembuatan sistem otomasi. Bahkan teknologi inovasi produksi LED ciptaan Anda, silakan bekerja sama dengan ICBright untuk menjualnya ke pasar dunia. Model bisnis dapat diciptakan secara bersama.

Keunikan berbinsis itulah yang mengantarkan ICBright Technology mampu memasarkan produknya ke  Amerika Serikat, Polandia, Amerika Selatan, India, dan tentu saja China. “Tahun ini kami mulai masuk ke pasar Asean,” ujar Cindy optimis.

Demikian pula Shenzhen Sturdy New Energy Ltd. (berdiri tahun 2010), menawarkan teknologi khusus bidang riset dan pengembangan, produksi, dan penjualan bidang energi terbarukan. Produknya meliputi inverter, control solar MPPT, inverter solar hibrida, dan sistem solar. Menurut Anna sales Sturdy, penggunaan energi terbarukan sangat ramah lingkungan, kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.

Oleh karena Indonesia memiliki banyak sumber energi, banyak perusahaan dari China menawarkan teknologi energi terbarukan seperti Hareon Solar Technology Co.Ltd., Shenzhen Solarparts Inc, Jiangsu Riyus Street lamp Produce Co.Ltd., Zhongshan Casung Lighting Co.Ltd., Xiamen Nanhua Electronics Co.Ltd., Anhui Longvolt Enery Co.Ltd, dan Shandong Ruiguang Electronics Co.Ltd.

Berlomba masuk ke Indonesia

Manajer kepala Shandong Ruiguang Electronics Doris Liang menjelaskan, peluang bisnis energi demikian besar di Indonesia. Sedangkan Direktur Penjualan Xinhua Electrical Co.Ltd., Doris tertarik mensuplai produk elektronik ke perusahaan properti dan manufaktur yang perkembangannya demikian pesat di Indonesia. Perusahaan Seasun New Energy yang diwakili oleh Christine Wang, memanufaktur panel solar, inverter, pencatat data solar, pencahayaan solar, dan sebagainya.

Menurut sales manager SMA Energy Technology (Jiangsu) Co.Ltd., Sarah Sha ada tujuh seri produk inverter yang dibuat oleh perusahaannya. Misalnya single-phase string inverters 1kW-3 kW (Zeverlution), 3,68 kW-5kW, three-phase string inverters masing-masing 4kW-10 kW (Evershine), 15 kW-20 Kw (Eversol TLC), 33kW (Zeverlution Pro 33K), dan zever manager yang berfungsi sebagai alat monitoring—didesain sebagai solusi pengontrolan.

Sementara Dongguan Longfar  Optoelectronics Technology Co.Ltd., menawarkan beragam lampu LED  dengan efisiensi yang tinggi, ramah lingkungan, dan tgahan lama, pencolokan lampu baik, indeks rendering berwarna cerah, enak dilihat, nyaman, dan lampu menggunakan E27/E40. Menurut marketing manager Caesar, produknya cocok digunakan di hotel, pusat perbelanjaan, pabrik, gudang, dan sebagainya.

Bagian pemasaran Xiamen Hi-light Lighting Co.Ltd., Cindy You menuturkan dua pabrik berlokasi di provinsi Xiamen dan Zhangzhou. Produk lampu—termasuk lampu untuk ponsel (smart light untuk Bluetooth dan ZigBee) dipasarkan dari Hong Kong. Fungsinya beragam: lampu malam hari, lampu meja, lampu di jalan raya, lamput outdoor dan indoor, track light, dan yang dominan adalah lighting fixture dengan aneka bentuk dan desain yang tampak bagus. “Kami bersemboyan … enjoy light …enjoy life,” ujar Cindy.

Baca juga :   Dari Gorengan Hingga Mesin Canggih

Perusahaan Xiamen Nanhua Electronics diwakili oleh Mia Cai. Perusahaanya memproduksi lampu LED, LED driver, power adapter, inductor, transformer, dan sebagainya. Dengan spirit, “Honestly, hardwork and innovation,” ucap Mia. Demikian juga Shenzhen Si Semiconductors Co.Ltd., yang menawarkan semiconductors power device dan chips. Menurut Deputy Director Li Jiahong, produk lampu masuk kategori LED, tradisional yang hemat energi, elektronik ballasts, switching  power, dan produk yang dibuat sesuai pesanan pembeli.

Sedangkan Ideal Led Limited yang pabriknya di Guangdong. Menurut Sales Manager Kevin Yang, perusahaannya fokus membuat LED strip dan panel LED yang dipasarkan ke berbagai negara. Perusahaan Shanghai Stin Energy Technology menyediakan sistem solar brid meliputi panel solar, controller dan inverter, baterei, struktur mounting, dan beragam asesoris seperti kabel. Stin Energy menyediakan teknologi untuk daerah terisolasi yang belum dialiri listrik.

Demikian pula Ziamen Unioncyber dan Xiamen Mampe Light Source denan produk unggulan LED yang beragam dan desainya unik seperti bentuk segi empat, bulat lonjong, bahkan permukaan bola tampak seperti berserat . dan bergerigi—tentu saja memantulkan berkas cahaya yang ekstra unik. Perusahaan Sun Hand Technology mempunyai 2000 workshop yang memproduksi 5 juta picis lampu T8 dan T5 masuk kategori LED nano dan telah bersertifikat ISO yang ramah lingkungan.

Sementara Shen Zhen Optoelectronics Technology memproduksi  lampu Kristal dengan brand Cree, Philips, Nichia, dan Asram. Manajer penjualan luar negeri, Sam Tang mengatakan perusahaannya pun membuat tempat lampu yang bulat dan memanjang dengan beragam ukuran.

Kebanyakan perusahaan selalu diawali dengan nama provinsi seperti Xiamen Star Lighting, Xiamen Enshine Lighting, Xiamen Mingyao LED—berarti pabrik atau kantor pusat berada di Xiamen.  Demikian juga yang lain Changzhou Great Solar Technology, Changzhou Wujin Hongtong Metal Steel Wires, dan lain-lain. Berbeda dengan perusahaan yang tidak mengawali nama provinsinya, seperti Liwei Wire & Cable Machine, Lerri Solar Technology, Trina Solar, Deed Sciencer & Technology, HJ Polymer China, JinkoSolar Holding, Dahua Technology, dan lainnya. TAITRA (Taiwan Trade) juga proaktif mempromosikan pameran di Taiwan.

Beberapa perusahaan milik orang Indonesia yang mempunyai pabarik pembuatan solar adalah PT Jarwinn, beberapa perusahaan yang bergabung dalam Asosiasi Pengusaha TIK Nasional dan Asosiasi Sistem Interior & Sekuriti Indonesia, antara lain,  PT  Artha Mulia Trijaya, Paessler, dan PT Daya Cipta Mandiri.

Sedangkan yang lain adalah PT Gilang Dian Permata, PT Aneka Kabel Elektrik, PT Intitrada Elektro, PT Chint Indonesia, PT Omni Lumina Cemerlang (mewakili Everlight Lighting),  PT Vermer Indonesia (perwakilan) dengan produk alat pembersih lingkungan seperti memotong  pohon.

Project manager PT King Network Indonesia Cerly dan marketing manager Rinaldy Wijaya menawarkan software dan alat berbasis antik technology yang berguna untuk televisi, misalnya di hotel. Sambil menonton TV di kamar, tamu bisa memesan makanan tanpa harus menelepon.

Membanjirnya produk dan peralatan buatan China dan Taiwan di Indonesia, mengharuskan kita bekerja cerdas: jangan hanya pandai membeli dan menggunakan produl buatan asing.

Simak BISNIS (2)

 

Advertisement

Tulis Opini Anda