MANAJEMEN/IT-BISNIS

Cara Terbaik Melayani Pelanggan agar Pertumbuhan Meningkat

2
36

Semua sektor industri harus melayani pelanggan dengan  memuaskan. Jika hal itu dapat dilakukan dengan baik dan konsisten, hasilnya berdampak terhadap pertumbuhan perusahaan dan biaya overhead cost atau dana operasional lebih efisien.   Jangan sekali-kali menganggap atau menjadikan divisi costumer service  sebagai layanan sampingan atau pajangan belaka dalam sebuah tim penjualan peralatan (produk) dan instalasi sektor industri.

Jika sebuah perusahaan mempunyai sistem costumer service yang baik maka hal itu merupakan kesempatan besar untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan bersaing secara positif untuk menghadapi pesaing-pesaing lain. Untuk  mewujudkan pelayanan terbaik itu, manajemen perusahaan harus memiliki dan menggunakan perangkat lunak yang baik dan tepat agar dapat meningkatan kualitas layanan kepada pelanggan.

Layanan mengenai perbaikan, penyediaan suku cadang, kesepakatan pelayanan untuk semua tingkatan, dan penanganan keluhan pelanggan sangat penting. Secara signifikan hal itu berkontribusi dalam meningkatkan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. Gunakanlah  perangkat lunak yang cocok dan tepat agar para dealer berkemungkinan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, dan menciptakan nilai-nilai strategis yang lebih besar bagi distibutor.

Advertisement

Dengan akses yang mudah ke pusat informasi, produsen menyediakan data bagi para distributor yang mendukung para dealer lebih cepat dan efisien. Sebuah infrastruktur teknologi yang solid juga membentuk dasar bagi produsen untuk menyediakan data yang dapat diandalkan dan diperlukan untuk menyusun perencanaan dan penilaian pasar.

Kaitan perangkat lunak dengan proses produksi dan sistem pelayanan

Sering terjadi masalah kurangnya transparasi yang memadai dari berbagai divisi mengenai proses timbal balik dalam proses penjualan. Alur informasi penjualan eksternalnya benar-benar terisolasi. Fragmentasi ini langsung mengarah pada solusi yang tidak efisien dan tidak konsisten.

Foto: Lawoson Software
Solusi perangkat lunak memberikan hasil yang andal dan menambah wawasan yang lebih luas dalam proses produksi, penggunaaan peralatan dan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

 

Untuk mencapai tujuan itu, produsen harus menetapkan sistem pendukung, yang mengaitkan proses produksi dengan operasi layanan dan memungkinkan alur aliran data yang lancar melalui perusahaan. Dengan sebuah perangkat lunak—menempatkan produk sebagai titik beratnya—program ini akan menjadi dasar yang baik untuk dapat mengumpulkan dan menggunakan data penting, seperti hal yang berkaitan dengan sejarah layanan sebuah produk, jaminan (garansi) dan keluhan pelanggan dan perolehan laba. Bertatap muka langsung dengan para pelanggan  memungkinkan perbaikan komunikasi lebih lanjut, dan hasil komunikasi itu sebaiknya dijadikan sebagai data yang berguna bagi seluruh departemen dan distributor.

Membantu untuk menganalisis data yang detail

Jenis perangkat lunak yang tepat memungkinkan analisis data yang detail dan memberikan kepada produsen suatu sudut pandang pandang di luar wawasan yang mereka miliki sebelumnya dan menjadikannya sebagai keuntungan. Dasar ini membuat perusahaan dalam posisi melaksanakan Order-to-Invoice dan mengoptimalisasi siklus Order-to-Cash,

Pada waktu yang sama dana perusahaan dapat dihemat lebih banyak. Analisis yang detail juga mendukung perusahaan untuk memberikan identifikasi keuntungan produk yang tertinggi dan yang tak terduga. Kontrak pelanggan yang menjanjikan maupun yang tidak menjanjikan serta komponen-komponen dan peralatan yang memerlukan biaya tinggi.

Dengan bantuan analisis dapat dilakukan pengumpulan data lapangan yang akurat mengenai kinerja perangkat secara keseluruhan untuk mendeteksi penyebab kegagalan dan tingkat kesalahan lainnya. Data lapangan ini kemudian digunakan untuk meningkatkan kualitas dan desain  produk-produk yang benar-benar memenuhi keinginan pelangan.

Baca juga :   Perawatan Medis yang Efektif dan Masuk Akal

Peralatan akutansi yang modern memungkinkan perusahaan untuk melacak setiap siklus hidup setiap unitnya. Hal ini  memungkinkan perusahaan untuk mengawasi biaya agregat, biaya nyata, serta proyeksi pendapatan dan keuntungan lainnya—mulai dari penjualan awal perangkat sampai dengan perangkat pinjaman—jasa, layanan yang terjamin, penukaran, dan pengembalian produk, penjualan produk yang telah digunakan.

Pelayanan konsumen yang efektif meningkatkan potensi  pendapatan

Dengan kemampuan ini, perusahaan dapat mengelola tidak hanya keuntungan dari produk, tetapi juga bidang-bidang lainnya yang berpengaruh terhadap pendapatan dan arus kas—termasuk anggaran terkait dengan jaminan produk. Dengan wawasan finansial yang lebih baik, program ini dapat mengidentifikasi kemungkinan penjualan dan perdagangan yang lebih baik dan mengimplementasikan rancangan kerja yang optimal, dengan beberapa perawatan yang lebih tepat dan dapat diprediksi.  Jika perusahaan dapat mempertahankan pelanggan mereka dengan profitabilitas, baik untuk produk mereka saat ini dan selanjutnya, maka mereka telah memenangkan kepercayaan pelanggan dan kompetensi.

Sekarang banyak produsen mengakui keuntungan dengan berorientasi pada pelayanan dan mengambil langkah yang diperlukan untuk menentukan posisi perusahaan. Perusahaan-perusahaan mulai fokus pada pengalaman pelanggan, kualitas dan efisiensi operasional dari produk seperti halnya berkonsentrasi pada tuntutan di masa depan dan keinginan para pelanggan. Teknologi yang tepat memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi administrasi dari semua divisi dalam organisasi sebagaimana peran distributor untuk memberikan informasi penting setiap waktu.

Perangkat lunak menyatukan semua informasi tentang layanan

Sebuah infrastruktur teknologi suara memastikan bahwa kontak antara produsen dan pelanggan tidak terganggu yang berlaku ketika produsen bukan merupakan pihak yang bertanggung  jawab atas penjualan dan layanan pelanggannya. Sistem yang tepat memungkinkan semua departemen organisasi perusahaan bekerja berdasarkan informasi yang sama sehingga mereka mendapat peran dalam mengusahakan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

Dengan pengetahuan yang benar,  perusahaan tidak hanya bisa menentukan layanan pendukung apa yang terbaik untuk ditawarkan melainkan juga menunjukkan kepada pelanggan nilai apa yang dimiliki perusahaan untuk pelanggan. Kesiapan operasional dan ketersediaan perangangkat adalah faktor yang sering dirasakan  oleh pelanggan belum cukup.

Jika pelanggan mempunyai informasi yang akurat mengenai produk, alih-alih mencari service centre di lokasi pelanggan untuk melakukan perbaikan. Pelanggan mengenal nilai pemeliharaan yang preventif dan prediktif. Produsen dapat memperoleh informasi yang berguna untuk melayani pelanggan sehingga menambah nilai pelayanan dan kepercayaan pelanggan pada setiap kesempatan. Dengan demikian meningkatkan pertumbuhan penjualan perusahaan pada  waktu yang bersamaan. (Thomas Rogler spesialis perangkat lunak di Hilden, Jerman. Informasi: [email protected])

Incoming search terms:

Advertisement

2 KOMENTAR

Tulis Opini Anda