Cara Mudah Membuat Kapal

0
1
Simulasi Pembuat Kapal
Suatu jenis peralatan untuk perencanaan dan simulasi menyatukan para pembuat kapal, suplaier, dan ilmuwan. (Sumber foto/@: FSG-Flensburger Schiffbau-Gesellschaft)

Semua kapal yang baru itu unik, merupakan produk yang sangat khusus dibuat sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan dari pelanggan tertentu. Inovasi-inovasi teknis telah menjadikan galangan kapal Jerman berada pada suatu posisi yang terdepan di dalam menghadapi persaingan pasar dunia yang keras, meskipun inovasi itu selalu menuntut adanya risiko-risiko finansial.

Simulasi Pembuat Kapal
Suatu jenis peralatan untuk perencanaan dan simulasi menyatukan para pembuat kapal, suplaier, dan ilmuwan. (Sumber foto/@: FSG-Flensburger Schiffbau-Gesellschaft)

Para peneliti di Fraunhofer Institute for Algorithms and Scientific Computing SCAI kemudian memasuki sebuah proyek kerja sama perencanaan dan pengembangan  dengan sejumlah galangan kapal dan suplaier terkemuka Jerman serta dengan German Aerospace Center DLR.

Sistem rancangan dan simulasi kapal SESIS bisa digunakan untuk memrediksikan kelengkapan-kelengkapan kapal  sejak tahapan pengembangan yang paling awal. Peralatan tersebut menggabungkan semua data perencanaan yang penting. Para insinyur dibantu untuk merekayasa suatu kapal dan juga di dalam mengoptimalisasikan mekanisme kerja di dalam perusahaan untuk menyesuaikan dengan pembangunan konstruksinya.

Advertisement

Manfaatnya yang sangat penting adalah untuk membantu menggabungkan antara grup-grup pengerjaan baik yang internal maupun eksternal, sehingga hampir 70 persen dari bagian kapal dirakit oleh suplier-suplier eksternal dan bukannya dibangun langsung di dalam galangan kapal.

Pengoperasian SESIS terdistribusi di dalam jaringan-jaringan komputer yang terhubung dengan sistem operasi Unix, Linus, dan Windows. Program-program yang ada disesuaikan dengan jaringan tersebut. Kementerian Federal Jerman untuk Pendidikan dan Penelitian telah ikut mendanai SESIS sebesar sekitar tiga juta euro. (Fraunhofer)

Baca juga :   Awas, Sel Kanker yang Ganas

 

Advertisement

Tulis Opini Anda