Cara Meningkatkan Kinerja Mesin Manufaktur

0
15

Bagaimana cara mengurangi downtime yang tak terduga, dan meningkatkan durabilitas peralatan mesin industri dalam jangka panjang? ExxonMobil membeberkan rahasianya.

Tim Sigit Wibowo yang menangani pelumas khusus mesin industri manufaktur. (Sumber foto: ExxonMobil Lubricants Indonesia)
Tim Sigit Wibowo yang menangani pelumas khusus mesin industri manufaktur. (Sumber foto: ExxonMobil Lubricants Indonesia)

Keunggulan teknologi pelumas MobilTM Industrial dan Mobil GreaseTM tidak hanya terbukti meningkatkan performa mesin dan produktivitas bisnis. Akan tetapi, juga mampu meningkatkan efisiensi perusahaan dengan cara mengurangi biaya operasional. Inilah yang diupayakan manajemen ExxonMobil untuk membantu sektor manufaktur di Indonesia.

Pada tiap pameran yang diikutinya, pihak ExxonMobil selalu menampilkan produk pelumas unggulannya seperti pelumas MobilTM Industrial dan Mobil GreaseTM yang pada umumnya digunakan oleh para pelaku industri manufaktur di Indonesia—guna meningkatkan produktivitas sekaligus mengurangi kemungkinan downtime yang tak terduga, serta meningkatkan durabilitas peralatan mesin industri dalam waktu yang lama.

Advertisement

Sesuai laporan statistik bertajuk International Yearbook of Industrial Statistics 2016, industri manufaktur di Indonesia telah memberikan kontribusi hampir seperempat bagian dari produk domestik bruto (PDB) nasional. Sementara menurut Direktur Jenderal Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO), Indonesia berhasil mencapai peringkat 10 besar negara industri manufaktur di dunia.

Meski kinerja industri manufaktur sudah masuk kelas dunia, para pelaku industri manufaktur harus tetap berkompetisi agar target bisnis tercapai. Salah satu cara menghadapi persaingan global, produksi dan operasional mesin haruslah efisien tanpa mengurangi kapasitas produksi.

Pelumas mesin ibarat darah manusia

Business Venture Manager ExxonMobil Lubricants Indonesia. Sigit Wibowo mengandaikan bahwa pelumas yang digunakan oleh mesin (manufaktur)  ibarat darah yang dipompa oleh jantung, mengalir ke seluruh bagian tubuh manusia guna membawa oksigen, makanan, vitamin dan unsur penting lain sehingga manusia hidup, dan tubuh pun berfungsi normal.

Analog dengan “darah manusia”, pelumas juga mengalir ke seluruh bagian mesin untuk melumuri semua komponen mesin yang bergerak dan bergesekan supaya pekerjaan mesin itu lebih lancar. Pelumas juga ikut menjaga suhu mesin, terutama saat bekerja pada suhu tinggi. Pelumas mampu membersihkan kotoran akibat gesekan dan pembakaran dalam mesin.

Baca juga :   Produk Sekunder Pertanian dan Kehutanan Menjadi Bahan Plastik

Oleh karena itu, ujar Sigit, performa mesin bergantung pada kualitas pelumas yang digunakan. Pelumas merupakan komponen yang tak terpisahkan dari mesin. Komponen-komponen mesin yang bergesekan harus diberi pelumasan secara benar agar dapat bekerja dengan baik dan tahan lama dengan memerhatikan jenis dan kualitas pelumas.

Pemilihan dan penggunaan suatu jenis pelumas sesuai dengan kebutuhan mesin industri berpengaruh besar untuk meningkatkan kinerja mesin tersebut. Selain berfungsi mendinginkan mesin, pelumas juga berfungsi membersihkan mesin dengan mengangkut kotoran dan elemen logam dari dalam mesin.

Seiring dengan meningkatnya permintaan industri modern yang menuntut peralatan melebihi batas kapasitas, formula grease yang tepat bisa meningkatkan kinerja dan produktivitas mesin serta menghemat biaya operasional. Mobil GreaseTM membantu mencegah kerusakan pada mesin dan memperpanjang usia mesin berkat formula yang terdapat dalam komponen pelumas Mobil GreaseTM. Mobil GreaseTM  juga mampu menjaga performa mesin. Pada kondisi yang paling ekstrim—suhu yang sangat tinggi beralih ke suhu yang rendah—kontaminasi air, hingga beban kerja yang berat dengan kecepatan yang bervariasi.

Advertisement

Tulis Opini Anda