PERAN DIGITAL (2)

Bisnis Lancar Berkat Pengelolaan Data

0
1

Informasi terus menggunung dihitung dalam  terabyte atau petabyte. Lalu lintas data  komunikasi secara mobile, data sensor  dari meteran listrik dan air, incian transfer bank, dan  kesimpulan  komunikasi real time di Twitter.

140430-02a

Menggunakan muatan data secara efisien

Advertisement

Sekarang, benar bahwa kita dapat terus bekerja pada cara mengirimkan data yang jauh lebih lebih efisien. Akan tetapi,  pada akhirnya kita dihadapkan dengan pertanyaan tentang apa yang ingin kita lakukan dengan semua informasi ini. Bagaimana kita bisa menggunakan semuanya itu secara masuk akal?

Bukan kebetulan bahwa topik tentang data yang besar terus tumbuh secara signifikan. Semua bidang usaha atau sektor industri,  dan  perusahaan-perusahaan dihadapkan terhadap informasi yang terus  menggunung –dihitung dalam terabyte atau petabyte—berkaitan dengan lalu lintas data untuk komunikasi secara mobile, data sensor yang diambil dari meter listrikan  dan air, rincian transfer bank, atau kesimpulan dari komunikasi real time di Twitter. Semua data itu harus disimpan, dikelola, dan dianalisis sehingga dapat diterapkan pada proses bisnis.

Mengunsung slogan  Vorsprung durch Wissen (memimpin melalui pengetahuan), Fraunhofer Institute for Intelligent Analysis and Information Systems IAIS di Sankt Augustin telah meluncurkan investigasi menyeluruh ke dalam penggunaan dan potensi data yang besar dalam bisnis Jerman (disponsori oleh Kementerian Federal Jerman untuk Ekonomi dan Teknologi (BMWi).

Tujuannya adalah untuk menetapkan topik yang lebih tegas dalam bidang bisnis.

“Hasil investigasi juga akan disalurkan di dalam mengembangkan sebuah program yang eksperimental. Program ini dimaksudkan untuk membantu perusahaan yang umumnya berskala kecil dan menengah di dalam memanfaatkan sesi pelatihan untuk mengenal solusi analisis data yang besar dan, dalam waktu singkat , untuk membangun bank pengetahuan bagi mereka sendiri,” kata Dr. Michael May dari IAIS menjelaskan tentang rencana tersebut.

(Sumber foto: http://www.in.tum.de/typo3temp/pics/c3e7bffd4f.png)
(Sumber foto: http://www.in.tum.de/typo3temp/pics/c3e7bffd4f.png)

Teknologi analisis yang cerdas melampaui keunggulan kompetitif yang diberikan, meskipun suatu teknik yang dikembangkan untuk forensik IT oleh para peneliti di Fraunhofer Institute for Secure Information Technology SIT di Darmstadt telah menunjukkan sebaliknya. Dalam upaya mereka untuk melacak konten ilegal seperti pornografi anak, para peneliti telah lama harus beralih ke bantuan teknis ketika berhadapan dengan menganalisis banyak media data berbeda yang tersedia.

Baca juga :   Pertarungan PC dan TV

Masalahnya adalah bahwa perangkat lunak yang dikembangkan sampai saat ini hanya mampu mengenali gambar yang sudah diketahui, dan kemudian menggunakan dengan yang belum diubah sama sekali. Metode  baru yang bekerja dengan menggunakan nilai perbandingan yang ketat akan memiliki kemampuan tambahan untuk mengidentifikasi isi yang serupa bahkan jika isi itu telah sengaja direkayasa, misalnya dengan diperkecil atau direfleksikan.

Karena pencarian otomatis ini lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada mata manusia, maka hal ini dapat membantu peneliti untuk memecahkan kejahatan secara efisien. (Diolah dari Declaring war on the data jungle   tulisan Mandy Kühn,  Fraunhofer, www.p23r.de)

Akselerator Proses Data P23R Bisa Membantu

Menurut Anda, apakah urusan administrasi publik dan efisiensi tidak terselesaikan secara bersamaan? Akselerator proses data P23R dapat membuktikan kinerjanya dengan memfasilitasi transfer data yang cepat, mudah, dan aman di antara perusahaan dan pemerintah.

Dengan ditugasi oleh Departemen Dalam Negeri Federal Jerman, para ilmuwan dari Fraunhofer Institutes for Open Communications Systems FOKUS di Berlin dan Fraunhofer Institute for Secure Information Technology SIT di Darmstadt telah bekerja sama dengan mitra proyek untuk mengembangkan sebuah arsitektur rantai proses yang dapat beroperasi bergantian sehingga akan memungkinkan perusahaan untuk memenuhi kewajiban hukum mereka atas pelaporan yang efisien dan aman.

Lebih dari 10.000 persyaratan pelaporan yang terpisah saat ini menelan biaya ekonomi 40 miliar euro. Proyek ini baru dianugerahi penghargaan dbb beamtenbund und tarifunion (serikat pegawai negeri sipil Jerman) untuk inovasinya.

Simak artikel terkait dengan topik  PERAN DIGITAL (1)
Perang Terhadap Belantara Data

Advertisement

Tulis Opini Anda