Bioplastic untuk Rekayasa

0
2
biopolimer
Gambar serat microscopis yang digunakan sebagai bahan baku untuk memperkuat biopolimer (Foto/@:Fraunhofer UMSICHT)

Manajemen industri manufaktur otomotif berupaya menerapkan bisnis yang menghasilkan beragam limbah itu jangan sampai merusak/mengontaminasi sekitar pabrik/lokasi industri. Oleh karena itu, kondisi  lingkungan industri tetap dijaga da dikelola. Cara yang lain?

biopolimer
Gambar serat microscopis yang digunakan sebagai bahan baku untuk memperkuat biopolimer (Foto/@:Fraunhofer UMSICHT)

 

Pelaku industri otomotif mengaraghkan industrinya untuk  mengurangi penggunaan bahan bakar dan mengembangkan unit-unit energi alternatif. Dengan demikian, bahan-bahan yang digunakan oleh industri otomotif tersebut juga berkontribusi pada keseimbangan karbon yang lebih baik.

Advertisement

Fraunhofer Institute for Environmental, Safety and Energy Technology UMSICHT adalah salah satu dari 13 rekanan industri otomotif yang berada di lima negara Eropa yang ambil bagian di dalam proyek ECO. Konsorsium tersebut telah mengembangkan bahan-bahan biokompos yang berdasarkan pada sumber-sumber yang dapat diperbaharui untuk diaplikasikan pada rekayasa otomotif.

Biokompos ini melibatkan modifikasi dan penambahan bioplastik yang sudah tersedia di pasar dengan serat-serat, bahan-bahan dan tambahan mineral yang alami. Bahan-bahan yang baru ini seharusnya dapat diproses pada garis-garis produksi yang ada, meski pun pada saat yang sama konsorsium tersebut masih bermaksud melihat teknologi-teknologi pemrosesan yang baru. (Sumber: Fraunhofer.de/magazine)

Baca juga :   Mobil Tanpa Pengemudi Berkecepatan Tinggi
Advertisement

Tulis Opini Anda