Bersinar pada Malam Hari

0
5

130723-09a

Pada malam hari, dengan tangannya yang terbuka, dia terlihat seperti sedang melayang tinggi di atas Rio de Janeiro. Sekarang ini kemilaunya membuat kota tersebut menjadi lebih terang dan lebih berwarna. Patung Kristus Raja setinggi 30 meter milik kota itu telah diterangi dengan proyektor LED buatan  Osram sejak Maret 2011.

Patung monumental tersebut didirikan sejak 80 tahun yang lalu pada ketinggian 710 meter di Gunung Corcovado—bersama dengan Sugarloaf—merupakan  salah satu tempat terpadat di kota itu. Di masa lalu, patung tersebut diterangi dengan cara yang amat boros. Lampu-lampu yang ditempatkan di hutan sekelilingnya menghabiskan 74 kilowatt (kW). Sebanyak 300 proyektor yang baru buatan Osram diinstall secara bersamaan dengan tambahannya dari Trax-on, tanpa membebani kota biaya apa pun dan hanya menghabiskan 17.2 kW. Masing-masing pencahayaan itu mengombinasikan sinar dari LED 27 atau 36. Teknologi itu tidak hanya menghemat energi tetapi juga menghasilkan panas yang kurang dari bola lampu konvensional, sebuah teknologi yang menguntungkan bagi tumbuhan dan binatang.

Advertisement

Keuntungan yang lainnya adalah fakta bahwa proyektor-proyektor tersebut memfokuskan sinarnya secara lebih tepat, dengan bantuan dari lensa-lensa khusus. Sistem ini menjadikan mungkin untuk menerangi masing-masing bagian, seperti tangan kanan atau kiri, dada atau kepala. Dengan penggunaan warna-warna LED yang berbeda, sekarang pun menjadi lebih memungkinkan untuk mengganti  warna lebih cepat untuk membuat jenis-jenis yang berbeda, yang mana hal ini sebelumnya dikerjakan dengan menempatkan pelapis-pelapis berwarna di depan lampu-lampu pada tangannya. Cara ini membuka kemungkinan-kemungkinan bagi pertunjukan-pertunjukan cahaya, berdasarkan pengaturan dari disainer lampu Peter Gasper, yang merupakan pengarah artistik dari sistem yang baru. “Pegaturan ini merupakan tugas yang melelahkan, dan kadang-kadang sepenuhnya mustahil, yaitu untuk mengubah teknik pencahayaan dari monument,” katanya. “Tetapi dengan proyektor-proyektor yang baru kita bisa memperbaiki pencahayaannya secara cepat dan mudah.” (Andreas Kleinschmidt/Siemens)

Baca juga :   Logistik Tanpa Batas
Advertisement

Tulis Opini Anda