Bercahaya Lebih Terang

0
0
OLED

Para peneliti yang bekerja pada Fraunhofer Institute for Applied Polymer Research IAP di Potsdam berhasil membangun layar OLED yang tembus sinar dengan menggunakan polimer-polimer yang memancarkan cahaya.

OLED

Dioda organik tembus sinar yang memancarkan cahaya tersedia di dalam berbagai macam warna, yang bisa dicampur untuk menghasilkan layar-layar di dalam hampir semua warna campuran. (Sumber foto/@: Fraunhofer IAP)

Advertisement

Layar terang biasa yang berukuran sangat kecil sudah sering dijumpai pada berbagai jenis telepon seluler dan pemutar MP3. Intensitas cahaya, lama hidup dan efektivitasnya begitu besar sehingga merupakan aplikasi komersial pertama yang layak pakai. Kelayakan ini menjadi mungkin karena menggunakan suatu jenis elektroda logam yang baru untuk menyuplai aliran listrik ke dalam film polimernya.

Hingga saat ini, elektroda-elektroda polimer yang ada terlalu tebal untuk bisa dilalui oleh sinar dalam jumlah berapapun. Sebaliknya, elektroda-elektroda yang terlalu tipis mengurangi daya hantar listriknya dan jumlah cahaya serta lama hidup dari layarnya.

Karena tembus sinar, layar-layar OLED bisa digabungkan dengan layar yang konvensional sehingga pada akhirnya berkembang menjadi sangat canggih dalam bentuk layar Kristal cair TFT. Optrex Europe GmbH dari Babenhausen, Hessen, yang merupakan mitra di dalam proyek ini, telah memersiapkan pendemonstrasian untuk layar-layar campuran yang seperti itu. (Fraunhofer)

Incoming search terms:

Baca juga :   Ducon Inovasi Teknologi Beton anti Bom
Advertisement

Tulis Opini Anda