Beragam Paket Pendidikan dari Internet

0
80
Gambar kiri adalah rangkaian elektronik merupakan salah satu paket pendidikan dari internet atau kursus yang disiapkan oleh LABTECH INTERNATIONAL Ltd. (Batam, Indonesia). Sedangkan gambar kanan merupakan logo yang menggambarkan dukungan impero educationpro  (Nottingham, Inggeris)  ke lembaga pendidikan yang mempunyai jaringan kepada murid, ruang kelas, dan sarana pendidikan seperti cloud, teknologi informasi, materi pelajaran, dan sebagainya. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Bukan hanya anak sekolah dan mahasiswa yang dapat belajar dari internet. Para karyawan dan anak-anak muda yang ingin bekerja pun madah mendapatkan beragam paket pendidikan dari internet. Ibu-ibu rumah tangga dapat mengikuti beragam kursus yang tersedia secara digital.

Gambar kiri adalah rangkaian elektronik merupakan salah satu paket pendidikan dari internet atau kursus yang disiapkan oleh LABTECH INTERNATIONAL Ltd. (Batam, Indonesia). Sedangkan gambar kanan merupakan logo yang menggambarkan dukungan impero educationpro  (Nottingham, Inggeris)  ke lembaga pendidikan yang mempunyai jaringan kepada murid, ruang kelas, dan sarana pendidikan seperti cloud, teknologi informasi, materi pelajaran, dan sebagainya. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Bagaimana seorang guru saat mengajar  di ruang kelas? Apakah guru mengajar dengan berdiri dan para murid duduk manis di bangku? Peran dan pemanfaatan teknologi informasi mengharuskan guru dan para murid sama-sama proaktif ketika berlangsung proses belajar dan mengajar.

Contohnya, untuk menyampaikan bahan pelajaran baik berupa teks, gambar, dan video (penjelasan dengan kata-kata), guru dapat menggunakan monitor seperti layar televisi, kumputer, dan proyektor. Para siswa akan lebih asyik belajar.

Advertisement

Sesuai dengan kurikulum, beragam paket pendidikan dari internet—juga mudah didapatkan. Dengan bantuan alat teknologi informasi,  konten-konten edukatif yang akan disampaikan oleh seorang guru di ruang kelas sebaiknya disiapkan secara digital agar penyampaiannya lebih mudah (bagi guru) dan menarik bagi para siswa.

Kita tidak bisa menolak kehadiran dan penggunaan Google apps for Education yang diwujudkan atau diaplikasikan secara realtime. Hal itu akan mempermudah proses belajar mengajar secara offline mau pun online. Kita tidak bisa menolak kehadiran digitalisasi agar kita tidak dijajah dari teknologi itu sendiri. Artinya, janganlah kita hanya berlaku sebagai objek (pengguna saja).

Digitalisasi di bidang pendidikan tentunya sangat bermanfaat bagi penyelenggara pendidikan/sekolah.  Beragam paket pendidikan dari internet yang disampaikan dalam  proses yang lebih cepat sehingga interaksi antara siswa dan guru berlangsung lebih cepat.

Guru dan siswa dapat membuat kesimpulan yang lebih cepat, apakah para murid yang mendapatkan beragam paket pendididikan dari internet itu menghasilkan secara maksimal? Artinya, apakah para siswa memahami materi yang dipelajari secara realtime?

Kita akui bahwa proses administrasi beragam paket pendidikan dari internet dengan menggunakan teknologi sangat bagus. Oleh karena  Google for Education menyediakan e-mail sekolah secara unlimited, dan dapat penyimpanan beragam paket pendidikan dari internet secara unlimited juga—baik ntuk pengguna sekolah yang mempermudah proses administrasi dan menghindari pemakaian banyak kertas.

Mengutip penjelasan IDcloudHost dari laman //idcloudhost.com/ekabima/, lembaga ini menyediakan fasilitas Website dan Google for Education secara gratis untuk seluruh sekolah di Indonesia. Lebih dari 300 sekolah di Indonesia telah menggunakan program ini. Untuk mengisi konten agar para siswa mudah mendapatkan beragam paket pendidikan dari internet tentunya guru sangat berperan pro-aktif.

Baca juga :   Telkom to Replace Troubled Satellite in August 2018

Kita apresiasi upaya PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang telah membangun Broadband Learning Center dan Pustaka Digital di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Bantuan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui digitalisasi di sektor pendidikan di Pameungpeuk.

Selain membangun Broadband Learning Center dan layanan Pustaka Digital, Telkom telah mengembangkan 7 Kampung Digital di Kabupaten Bandung. Kita berharap agar Telkom dapat menyediakan fasilitas sejenis untuk memudahkan sekolah-sekolah di Indonesia lebih mudah mengakses beragam paket pendidikan dari internet.

Demikian juga Labtech International Ltd yang berkedudukan di Batam, menyediakan beragam paket pendidikan dari internet seperti kursus elektonika, praktik bengkel sepeda motor, kursus perlatan medis, dan sebagainya. Selain menyelenggarakan paket pendidikan, perusahaan milik orang Amerika Serikat ini mempunyai pabrik (manufaktur) yang produknya telah diekspor ke 75 negara.

Sementara, impero education pro (Inggeris) menyediakan software yang dapat membantu lembaga pendidikan untuk menyampaikan konten beragam paket pendidikan dari internet. Demikian juga real group LFM Software Limited (keduanya juga dari Inggeris) menyediakan beragam perangkat lunak yang menunjang pengadaan beragam paket pendididikan dari internet.

Anak-anak muda yang belum mempunyai ketrampilan khusus, sebaiknya mengikuti latihan yang materinya beragam paket pendidikan dari internet sebelum melamar pekerjaan. Bahkan para karyawan yang sudah bosan bekerja di posisinya, dapat meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan yang serba praktis. Demikian juga ibu-ibu rumah tangga dapat belajar secara online dan langsung dipraktikkan di dunia bisnis.

Simak Bagaimana Mesin Digital Membersihkan Buku Sambil Berbisnis?

Advertisement

Tulis Opini Anda