ADAPTRONIKA (1)

Bahan Baku ber-IQ Tinggi Bisa Jelajahi Angkasa

0
10
Bahan-bahan cerdas bekerja seperti otot. (Sumber foto/©: Smart Material)

Bahan digunakan sebagai alat ski dan raket tenis yang mampu meredam getaran yang menimbulkan kondisi menyakitkan—dikenal sebagai siku tenis. Komposit serat makro MFC dikembangkan oleh NASA untuk digunakan di ruang angkasa. Bagaimana Robot menekan elektroda bekerja?

Bahan-bahan cerdas bekerja seperti otot.  (Sumber foto/©:  Smart Material)
Bahan-bahan cerdas bekerja seperti otot. (Sumber foto/©: Smart Material)

NASA (National Aremotics And Space Adminmistration) mengembangkan bahan cerdas (komposit serat makro) yang digunakan di ruang angkasa. Para peneliti dan perwakilan industri datang menghadiri Simposium Internasional Aplikasi Komposit Serat Makro ISMA yang pertama pada tahun 2005 di Dresden. Pada pertem uan itu dibahas aplikasi lain yang mungkin menggunakan bahan-bahan yang cerdas.

Tekanlah kedua ujungnya, tambah kecepatan dan arahkan dengan rapi ke bagian tepi ski Anda, temukanlah ukiran yang sangat menyenangkan. Tidaklah mengherankan bahwa sebagian besar pemain ski saat ini  banyak memilih ski berbentuk untuk acara mereka di lereng pegunungan.

Advertisement

Bukan hanya alat ski

Namun, ukiran ski gaya baru, yang dikenakan kekuatan torsi sangat tinggi selama penggunaannya, dapat menyebabkan ujungnya kehilangan kontak dengan salju. Untuk mencegah hal ini terjadi, produsen ski Head telah mengembangkan ski yang “cerdas” dengan menyesuaikan diri secara dinamis untuk setiap gerakan yang dibuat pemain ski. Kunci inovasi ini adalah bahan cerdas yang menyerap sebagian dari energi mekanik untuk meningkatkan stabilitas torsi ski.

Produsen alat-alat olahraga adalah yang pertama untuk menggunakan bahan cerdas yang dipasarkan berbentuk produk massal. Bahan-bahan yang baru dapat ditemukan tidak hanya di alat ski tetapi juga dalam raket tenis, di mana bahan-bahan tersebut membantu untuk meredam getaran yang dapat menimbulkan kondisi yang menyakitkan yang dikenal sebagai siku tenis. Komposit serat makro MFC awalnya dikembangkan oleh NASA untuk digunakan di ruang angkasa.

Advertisement

Tulis Opini Anda