Bagaimana Mesin Frais Membuat Perkakas yang tak Beraturan?

0
56
Mesin frais atau miling machine mampu mengerjakan logam keras (dipotong, dibor,  dan dibelah) untuk dijadikan sebagai komponen—seperti diperagakan oleh perusahaan Chester  (Inggeris) saat mengikuti pameran pendidikan di Jakarta. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Teknologi mesin frais membuat perkakas ditemukan sejak abad 18, dan masih digunakan hingga era industri 4.0—dioperasikan dengan digital—gabungan teknologi internet  dan  komunikasi.

Mesin frais atau miling machine mampu mengerjakan logam keras (dipotong, dibor,  dan dibelah) untuk dijadikan sebagai komponen—seperti diperagakan oleh perusahaan Chester  (Inggeris) saat mengikuti pameran pendidikan di Jakarta. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Apakah pernah membayangkan cara membuat baut, bor, lubang, gerigi, dan benda-benda lainnya (komponen otomotif misalnya) yang menggunakan bahan baku logam seperti baja?  Alat pemotong itu dinamai mesin fraris.  Pisau pemotong tentu lebih kuat dari logam yang diolah.

Mesin frais juga disebutkan milling machine merupakaan mesin tool yang dioperasikan secara akurat sehingga hasil yang dibuat—terdiri dari satu atau beberapa pengerjaan atas permukaan benda (logam)—dengan satu atau beberapa alat potong.

Advertisement

Mesin frais membuat perkakas  yakni benda kerja yang ditaruh dengan aman pada meja  atau bidang sebagai bagian benda kerja mesin atau pada sebuah alat pemegang khusus yang dijepit  pada meja mesin.

Bagaimana mesin frais membuat perkakas? Proses kerja pemotongan dilakukan dengan menyayat atau memotong benda yang dikerjakan.  Mesin frais ini dilengkapi dengan   alat potong lengkap dengan banyak mata (bagian yang tajam seperti pisau).

Pada saat melakukan pemotongan atau sayatan seperti  membelah, mesin frais ini tampak berputar-putar (multipoint cutter). Pisau mesin frais dipasang pada sumbu atau bor mesin dengan jepitan alat  yang disebutkan arbor.

Selanjutnya benda (logam) yang akan dikerjakan diarahkan/dihubungkan  dengan pemotong yang tampak bergerak maju mundur. Mesin frais merupakan mesin potong yang dapat digunakan untuk beragam  pekerjaan seperti benda datar dan  bahan yang permukaannya memiliki bentuk yang tidak beraturan seperti  roda gigi,  dan kepala baut, boring, reaming.

Kemampuan mesin frais membuat perkakas dengan berbagai macam pekerjaan  sehingga mesin frais ini merupakan salah satu mesin yang sangat dibutuhkan oleh para pengelola bengkel kerja.

Baca juga :   Teknologi Ultrasonik Membantu Mengerjakan Material-material Keras

Sebenarnya, mesin ini sudah lama digunakan sejak ditemukan oleh  Eli Whitney pada tahun 1818. Pada era digital,  mesin ini dioperasikan dengan sistem digital—perwujudan modernisasi teknologi konvensional.

Dengan sejumlah mata (pisau) pemotong  dan pada saat digunakan (operasikan), mesin yang  dilengkapi dengan pisau itu berputar-putar  saat digunakan untuk  melakukan produksi suku cadang yang diinginkan.

Pengendalian dilakukan secara mekanis dan gerakan potong yang ditimbulkan mesin perkakas yang bermata pisau pepotong. Mesin frais melepaskan logam ketika benda kerja (bahan) diantarkan ke suatu pemotong yang berputar.

Bagaimana mesin frais membuat perkakas? Mesin frais pada umumnya memiliki tiga (kemungkinan) gerakan yang disebutkan longitudinal,  gerakan menyilang,  dan gerakan vertikal, serta gerakan putar.

Mesin frais membuat perkakas paling mampu melakukan banyak pekerjaan  dibandingkan dengan jenis mesin perkakas lainnya. Permukaan bahan yang berbentuk datar  dan  berlekuk dapat dikerjakan oleh mesin  frais.  Hasil penyelesaiannya demikian teliti atau presisi.

Membuat sudut, celah, roda gigi, dan ceruk dapat dikerjakan dengan menggunakan mesin frais  pemotong. Mesin frais memiliki pahat, pelumas lubang,  dan bor yang dapat dipegang dalam soket arbor dengan melepaskan pemotong.

Karena semua gerakan di meja yang distel dengan mikrometer, maka lubang dan pemotongan yang lain dapat diberi jarak secara tepat. Operasional mesin pada umumnya dilakukan oleh sekrap, kempa gurdi, mesin pemotong roda gigi, dan mesin pelumas lubang—dikerjakan mesin frais.

Simak Cara Kerja Mesin Miling Maksimal, Lebih Hemat Energi

Advertisement

Tulis Opini Anda