Atlas Copco produksi kompresor blowing PET 100 persen oil-free

0
18

– Pertama di dunia yang mendapat sertifikat ’Class O’

Atlas Copco baru-baru ini meluncurkan produk terbarunya, kompresor bertekanan tinggi seri ZD. Ini merupakan produk pertama di dunia yang menawarkan 100 persen udara kompresi yang bebas minyak (oil-free) dan sudah mendapat sertifikat ’Class 0’.

Pengujian untuk sertifikasi Class O ISO 8573-1 dilaksanakan dengan metode pengujian ketat, yang menyimulasikan keadaan industri yang sesungguhnya. Dari semua kondisi pengujian, tidak ditemukan adanya jejak oli dan udara tekan dijamin berada pada kategori ‘Class 0’. Pengujian ini dilakukan oleh Technische Überwachungs-Verein (German Technical Monitoring Association, atau ‘TÜV’), sebuah lembaga independen yang sudah dikenal reputasinya.

Sekarang, Atlas Copco merupakan satu-satunya pabrikan kompresor yang memiliki semua teknologi udara yang bebas oli yang disertifikasi ’Class 0’.

Advertisement

Kompresor ini sangat tepat untuk industri pengemasan PET. Dengan hadirnya kompresor ini, resiko pencemaran minyak secara efektif dieliminasi selama peniupan botol-botol PET yang akan digunakan untuk wadah air, minuman ringan, jus buah dan industri minuman.

Kontaminasi minyak merupakan musuh tak terlihat pada semua lingkungan yang suci hama dan instalasi pembotolan. Bahkan jejak paling tipis sekalipun dari oli dapat menghasilkan perubahan atau produk jadi beracun yang membahayakan bagi kesehatan konsumen. Selama ini, sudah banyak pembuat botol yang mengambil langkah tambahan terhadap pemurnian dengan melakukan dekontaminasi.

Kompresor 40-bar ZD ini merupakan teknologi oil-free terbaru dari Atlas Copco yang mendapat sertifikasi ISO 8573-1 CLASS 0 terkait dengan isi oli. Pabrikan ini juga merupakan yang pertama mendapat sertifikat Class O untuk kompresor rotary screw seri Z oil-free pada tahun 2006. Segera sesudahnya, perusahaan yang berbasis di Swedia ini melakukan sertifikasi terhadap teknologi oil-free pada jenis kompresor lainnya, seperti sentrifugal, piston, scroll, tooth, dan water-injected screw. Sertifikasi ini merupakan bentuk komitmen Atlas Copco terhadap pemurnian udara dan kualitas produksi customernya.

”ZD merefleksikan apa yang Atlas Copco sebut ’Kehandalan melalui desain’,” ujar Ronnie Leten, Business Area President, Compressor Technique Atlas Copco.

Baca juga :   Sistem pemanasan lini pompa dan gas dari Watlow tawarkan solusi terintegrasi untuk sistem yang lengkap

Keunggulan lain dari kompresor ini adalah hemat energi. Kompresor ZD yang terintegrasi dengan dryer kompresi panas mampu mengurangi kebutuhan energi. Dengan ZD, Atlas Copco memelopori kompresi empat tahap (secara termodinamika, empat tahap tersebut membantu mengurangi konsumsi energi hingga tujuh persen dibandingkan dengan yang tiga tahap). Inovasi lainnya ditawarkan melalui penggabungan variable speed drive (VSD) yang bermanfaat terutama jika ukuran botol sering berubah. Dengan VSD ini, penghematan energi yang dihasilkan bisa mencapai 35 persen. Sementara model RI VSD, yang sesuai untuk semua instalasi penginjeksian kembali, mampu menghasilkan peng-hematan energi tambahan.

Di samping itu, produk terbaru ini juga mengurangi biaya instalasi. Seri ZD merupakan kompresor bertekanan tinggi paling hening. Hal ini memungkinkan berkat pemasangan kanopi yang dijadikan juga sebagai standar. Ini sekaligus mengeliminasi kebutuhan akan ruang kompresor yang terpisah. ZD ini dipasarkan dengan pelat dasar beton guna mengabsorbsi getaran, sehingga tidak lagi memerlukan fondasi atau baut.

ZD yang fleksibel dapat secara simultan menghasilkan udara bertekanan tinggi untuk kebutuhan peniupan dan udara bertekanan medium untuk kebutuhan pelabelan, instrumentasi dan penutupan botol, sehingga mengeliminiasi kebutuhan investasi akan kompresor bertekanan medium. Kedua segmen ZD ini bisa dipasang secara langsung berdekatan dengan blower.

 

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda