BISNIS-OLAHRAGA

Apa Kaitan Siemens dengan FC Bayern Munich?

0
6
Penggemar klub FC Bayern Munich (gambar kiri) bergembira saat berolah raga, dan Ketua Dewan Eksekutif FC Bayern Munich AG, Karl-Heinz Rummenigge (dari kiri, gambar kanan) memegang selempang Mitra Prestasi bersama Presiden dan CEO Siemens AG Joe Kaeser. (Sumber foto: Siemens AG)

Sebagai pembuat solusi otomasi dan simulasi pabrik digital, Siemens bekerja sama dengan beberapa pelaku industri perlengkapan olah raga, dan mendukung kesehatan para atlit.

Penggemar klub FC Bayern Munich (gambar kiri) bergembira saat berolah raga, dan
Ketua Dewan Eksekutif FC Bayern Munich AG, Karl-Heinz Rummenigge (dari kiri, gambar kanan) memegang selempang Mitra Prestasi bersama Presiden dan CEO Siemens AG Joe Kaeser. (Sumber foto: Siemens AG)

Ilmu pengetahuan dan teknologi erat kaitannya dengan olah raga. Salah satu manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang olah raga bertujuan untuk  meningkatkan prestasi  olahragawan—termasuk membantu kesehatan dan stamina mereka sendiri.

Cara bekerja sama grup Siemens AG dengan  FC Bayern Munich di Jerman, belum lama ini, layak dijadikah pengurus olah raga dan para pelaku bisnis di Indonesia. Bantuan yang diberikan oleh Siemens AG tidak semata-mata dalam bentuk uang tunai. Meski tidak dinyatakan dalam press release, uang tunai merupakan salah satu faktor yang bisa menggoda orang  untuk mengantongi uang tunai itu demi kepentingan pribadi.

Advertisement

Kerja sama Siemens dengan pengelola klub sepak bola dan basket FC Bayern Munich yang bertajuk Mitra Prestasi berlangsung selama 3 tahun (1 Juli 2017-30 Juni 2020). Apa bentuk bantuan Siemens bagi tim olah raga itu? Nah, ini yang menarik sebab Siemens yang kita kenal sebagai perusahaan di bidang listrik, otomasi sistem, dan digitalisasi itu telah memasang sejumlah perangkat di stadion Allianz Arena dan  Audi Dome—tempat latihan klub sepak bola dan basket FC Bayern Munich. Dengan perangkat solusi buatan Siemens itu tentu saja para olahragawan dan manajemen klub lebih leluasa meningkatkan prestasi, berkomunikasi, dan mengakses beragam informasi—ternasuk mensensor hal-hal yang tidak diinginkan.

Lebih spesifik lagi, Siemens menyediakan fasilitas teknologi dan produk digital yang nyata dan berwawasan ke depan agar FC Bayern Munich dan para penggemar klub dapat lebih mudah dan leluasa berinteraksi dalam suasana gembira yang tak akan terlupakan sepanjang hidup warga klub dan penggemar mereka.

Manajemen Siemens menjelaskan, dengan meningkatkan pemakaian sistem buatan Siemens di dalam dan di sekitar Alianz Arena, juga di kantor dan fasilitas pelatihan di Saebener Strasse, Munich, maka layanan berbasis perangkat lunak dan awan (cloud) di bidang rekayasa tenaga, teknologi bangunan, teknologi keselamatan dan keamanan, serta solusi mobilitas cerdas untuk sistem transportasi umum dan khususnya manajemen lalu lintas lokal, berperan penting bagi pengguna.

 

Meningkatkan kesusesan

Presiden merangkap  CEO (chief executive officer) grup Siemens AG, Joe Kaeser menandaskan bahwa, teknologi dan pengetahuan digitalisasi Siemens akan memungkinkan pihaknya membantu klub untuk meningkatkan pencapaian sukses, baik secara nasional mau pun internasional.

Ia menambahkan, olah raga modern yang ingin berkinerja tinggi memerlukan teknologi berperforma tinggi pula. Siemens dan FC Bayern memiliki semangat yang sama dalam kinerja dan kualitas. Di FC Bayern, semuanya tentang keunggulan atletik. Di Siemens juga, semuanya tentang keunggulan teknologi, imbuh pak Joe.

Sementara itu, Ketua Dewan Eksekutif FC Bayern Munich AG, Karl-Heinz Rummenigge berkata, dua juara Bavarian yang saling memiliki kini saling menggabungkan menjadi satu kekuatan. Dia  menyambut Siemens ke dalam FC Bayern dengan hangat dan mengungkapkan penghargaan atas komitmen dan kepercayaan Siemens. Karl menyebutkan kemitraan itu merupakan sebuah kemitraan yang penting.

Baca juga :   Investasi Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) Terus Meningkat

Apa kekuatan Siemens yang akan diberikan?  Berbagai keahlian dan kekuatan inovatifnya di bidang elektrifikasi, otomasi dan digitalisasi demi kepentingan FC Bayern dan penggemarnya. Dengan menerapkan kombinasi yang tepat antara sumber daya, teknologi dan layanan digital, Siemens membantu klub tersebut untuk menghasilkan nilai tambah sejati di bidang otomasi bangunan, perlindungan kebakaran dan keamanan. Stadion tim menjadi pengalaman ideal bagi seluruh penggemar olah raga sepak bola dan basket.

Chief Technology Officer dan anggota Dewan Direksi Siemens AG, Roland Busch menambahkan, bekerja sama dengan tim sepak bola dan basket FC Bayern merupakan kesempatan sekaligus mewujudkan motto Ingenuity for Life dan teknologi Siemens yang sehari-hari ditemui oleh para atlet, penggemar, dan masyarakat pada umumnya–menjadi hidup bagi seluruh penduduk dunia utamanya penggemar sepak bola dan basket.

Ketua Dewan Pengawas FC Bayern Munich AG dan Presiden FC Bayern Munich e.V. Uli Hoeness tidak mau ketinggalan untuk menyatakan, bahwa Siemens dan FC Bayern adalah pemain global. Kolaborasi yang baru diluncurkan itu adalah langkah yang logis dan menarik. Fakta bahwa ini juga menyertakan tim basket yang ambisius merupakan pertanda tambahan kepercayaan yang luar biasa terhadap Siemens dalam kemitraan antara kedua merek yang kuat itu. Dia berterima kasih kepada orang-orang di Siemens yang berperan dalam mewujudkan Mitra Prestasi itu.

Sebagai pemimpin pasar global dalam solusi otomasi dan simulasi pabrik digital, Siemens juga bekerja sama dengan beberapa produsen di industri perlengkapan olah raga. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan produk dengan lebih cepat, lebih transparan, dan lebih individual sesuai kebutuhan pelanggan, karena produksi perlengkapan olah raga yang dipersonalisasi juga membutuhkan penyesuaian proses produksi yang semakin fleksibel. Teknologi digital adalah kunci untuk meningkatkan pengalaman penggemar–dan kesuksesan klub–dalam jangka panjang, dengan menguasai tantangan saat ini dan mendatang.

Sementara itu,  Siemens Healthineers yakni bisnis kesehatan yang dikelola secara terpisah dari Siemens AG, juga menjadi mitra teknologi kesehatan eksklusif untuk FC Bayern Munich. Siemens Healthineers melengkapi fasilitas pelatihan FC Bayern dan stadion Allianz Arena dengan solusi perawatan kesehatan yang paling canggih untuk mendukung kesehatan pemain dan pemulihan dalam pemeriksaan medis, melalui pemeriksaan profilaksis dan dalam kasus cedera akut. Siemens Healthineers komit memasok sistem pencitraan yang digunakan untuk memeriksa kesehatan para pemain FC Bayern.

Selamat kepada Siemens AG dan FC Bayern Munich. Kita tunggu sentuhan PT Siemens Indonesia untuk membantu prestasi persepak bolaan dan basket di Indonesia.

Advertisement

Tulis Opini Anda